10 Makanan Sehat Yang Bisa Menghambat Proses Penuaan

SHARE:

Di dunia ini ada banyak sekali jenis makanan yang bisa kita nikmati. Dari beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan, vitamin dan serat sehat. Selain menyehatkan, makanan ini juga dapat mencegah proses penuaan dan bisa membuat anda terlihat lebih muda.

Jenis makanan apa-sajakah yang bisa mencegah proses penuaan? Lebih jelasnya sebagai berikut;

1. Delima

Buah Delima & Jeruk
Buah delima memang jarang kita jumpai, namun buah ini sangatlah lezat dan memiliki rasa yang cukup unik. Buah ini mengandung vitamin c, vitamin larut air yang harus di minum secara rutin. Sangat penting untuk pertumbuhan, mengembelikan bentuk asli struktur jaringan DNA dan menjaga kerusakan DNA di setiap harinya.

Buah delima juga mengandung punicalagin yang bermanfaat untuk menjaga tubuh mempertahankan kolagen. Apakah anda tahu bahwa jika tubuh kita kekurangan kolagen, maka kulit kita akan menjadi kendor dan keriput. Selain itu, buah ini juga mengandung zat yang bisa menetralisir bahan kimia berbahaya dalam tubuh. Biji-bijiannya yang banyak juga bermanfaat untuk mengobati sakit perut, konjungtivitas, menjaga tekanan darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menstabilkan kolesterol dalam tubuh.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang mengandung jumlah lemak tak jenuh cukup tinggi. Dan lemak ini sangatlah baik untuk tubuh kita karena tidak bersifat meningkatkan kadar kolesterol seperti pada makanan yang mengandung lemak jenuh. Kacang-kacangan juga mampu menjaga agar jantung anda bisa tetap sehat, tidak meningkatkan kadar kolesterol, dan tidak memberi konstribusi untuk obesitas atau melekat pada pembuluh darah seperti sifat lemak jenuh.

Ketika arteri dan otot-otot jantung kita sehat, itu berarti bisa menghambat proses penuaan. Kacang-kacangan juga kaya akan kalium, zat besi, magnesium, dan zinc. Kandungan ini sangatlah penting untuk menjaga pencernaan dan sistem kekebalan tubuh kita. Dan ini masih belum semua, kacang-kacang juga mengandung vitamin E yang termasuk agen anti-inflamasi, melawan jerawat, eksim dan psoriasis. Juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan menjaga kulit dan rambut agar tetap sehat. Jadi dalam menjaga diet sehat anda, jangan pernah lupa untuk mengkonsumsi kacang-kacangan.

3. Biji-bijian

Makanan jenis biji-bijian seprti gandung, beras merah sangatlah efektif untuk menghambat proses penuaan. Dalam sebuah studi yang di tes pada kurang lebih 40,000 wanita pasca menopause, menyimpulkan bahwa gandung mampu mengurangi kemungkinan kematian yang disebabkan oleh penyakit kanker dan jantung.

Biji-bijian merupakan makanan yang sangat kaya akan serat dengan jumlah mencapai 96% (lebih banyak dari pada biji-bijian olahan). Dan makanan yang tinggi akan serat, secara signifikan dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit Diabetes Tipe-2 dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Selain itu, sering mengkonsumsi biji-bijian juga dapat menormalkan T3 dan T4 thyroid dalam darah. Hal ini membuat metabolisme dan kemampuan reproduksi menjadi lebih baik.

4. Sayuran

Sayuran
Tahukah anda bahwa sinar ultaviolet dari matahari dapat merusak DNA anda? Dan kerusakan ini juga menjadi salah satu penyebab penuaan? Jika anda sudah tahu, anda harus lebih memahami bahwa sayuran merupakan dedaunan yang bermanfaat untuk merangsang sistem perbaikan DNA dalam tubuh dan mampu mencegah kanker kulit.

Jadi dengan mengkonsumsi sayur-sayuran seperti bayam dan kankung, selain mampu menghambat proses penuaan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Sayuran merupakan makanan yang tinggi akan vitamin K, beta-karoten dan zat besi.

5. Beri

Blueberry, blackberry, cranberry dan sejumlah varian lainnya merupakan makanan yang tinggi akan antioksidan. Biasanya makanan tersebut kaya akan flavonol, antosianin dan vitamin C. Seperti yang sudah kita sering dengar bahwa antioksidah bermanfaat untuk menghambat proses penuaan.

Yang membuat buah ini nampak begitu berkasiat karena mereka mampu membunuh DNA yang bermutasi. Mutasi DNA ini tak hanya berkontribusi terhadap kanker, tetapi juga berkontribusi langsung pada proses penuaan.

6. Minyak Zaitun

Memperlambat proses penuaan tidaklah sesulit yang dibayangkan jika anda mampu mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin. Minyak zaitun memiliki dampak besar untuk memperlambat proses penuaan. Hal itu karena minyak zaitun mampu meningkatkan asam lemak tak jenuh tunggal, mengandung tyrosol, polifenol, vitamin B dan D. Zat-zat ini bermanfaat untuk mengubah ekspresi gen dari setidaknya 100 gen dalam tubuh anda dan sintesis protein.

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk mencegah penyakit yang sering dikaitkan dengan proses penuaan. Dengan menghapus plak aterosklerotik dari arteri utama, maka akan banyak memberi kontribusi untuk kesehatan jantung.

Diantara banyaknya manfaat minyak zaitun yang sudah terbukti kasiatnya, yang jelas minyak zaitun mampu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan diabetes. Maka dari itu, banyak dokter merekomendasikan dua sendok teh setiap hari.

7. Alpukat

Alpukat merupakan jenis makanan yang tinggi akan lemak tak jenuh tunggal. Tentunya hal ini bermanfaat untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh dan mengurangi berat badan. Disamping itu, buah ini juga kaya akan antioksidan seperti zeaxanthin dan vitamin E. Antioksidan ini berperan penting untuk mengurangi stres oksidatif (terlalu banyak kerusakan DNA akibat radikal bebas).

Buah alpukat juga telah ditunjuk untuk meningkatkan fungsi otak. Demensia dan penyakit alzheimer merupakan penyakit umum yang berbahaya dan dengan memakan buah alpukat bsia bermanfaat untuk melawan penyakit ini. Kesehatan otak juga selalu ada kaitannya dengan penuaan, jadi jika anda mampu menjaga kesehatan otak, itu juga termasuk memperlambat proses penuaan.

8. Salmon

Ikan Salmon
Radikal bebas dalam sel-sel tubuh kita merupakan salah satu penyebab penuaan dini, yang mendasari peradangan. Peradangan ini bisa menyebabkan kerusakan pada tingkat genetik dan merusak mekanisme regenerasi DNA. Salmon merupakan jenis makanan sehat yang mengandung antioksidan kuat seperti astaxanthin. Dan menurut ahli gizi, dalam seminggu kita direkomendasikan untuk mengkonsumsinya sebanyak 12 ons iklan salmon.

Selain memiliki manfaat antioksidan yang kuat, salmon juga terkenal akan kandungan asam lemak Omega-3 yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan secara permanen. Tentunya, salmon lebih baik dari pada suplemen Omega-3, hal itu telah dikabarkan melalui penelitian bahwa suplemen omega-3 benar-benar dapat menyebabkan demensia (suatu kondisi di mana kemampuan otak mengalami penurunan). Jadi bagaimanapun juga ikan salmon akan lebih baik dari pada suplemen.

9. Teh Hijau

Teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang hampir sama dengan salmon yaitu antikosidan yang cukup kuat. Penelitian tentang teh hijau menyimpulkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi teh hijau, telomere mereka akan menjadi lebih kuat. Telomere adalah bagian ujung dari DNA yang berperan penting dalam menjaga kestabilan genom pada tiap sel. Jadi ketika telomore sudah mengalami kerusakan maka tubuh kita akan cepat mengalami penuaan. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur, tentunya akan dapat menghambat proses penuaan anda.

Baca Juga : 8 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Selain mampu menghambat proses penuaan, teh hijau juga mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga unit kerja dasar otak (neuron). Hal ini akan mengurangi resiko penyakit saraf.

10. Air Mineral

Setelah membaca poin-poin dari artikel ini hingga sampai pada poin terakir, apakah anda sudah merasakan haus? Jika sudah, segera ambil air putih dan minumlah. Dengan meminum air putih atau mineral akan membuat kulit anda terhidrasi. Dan jika anda tidak cukup minum air putih, kulit anda akan menjadi kering dan kulit anda akan lebih rentang untuk menjadi keriput.

Air juga sangat penting bagi tubuh untuk membuang racun dalam tubuh. Kekurangan air dapat menyebabkan sembelit dan merusak saluran kemih. Dan ketika tubuh lebih sedikit urin, tubuh akan lebih sedikit untuk menghilangkan racun. Tingginya kadar racun dalam darah dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Ketika tubuh tidak dapat mengeluarkan racun melalui urine, mereka akan mencoba untuk mengeluarkannya melalui kulit dan akan menimbulkan jerawat dan eksim. Jadi minumlah secara rutin agar anda lebih sehat dan awet muda.

Baca Juga : Ketahui 7 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Nah berikut 10 makanan sehat yang bisa menghambat proses penuaan. Apakah anda mempunyai pendapat lain? silahkan berkomentar melalui kolom komentar yang sudah disediakan... Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.... :)

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: 10 Makanan Sehat Yang Bisa Menghambat Proses Penuaan
10 Makanan Sehat Yang Bisa Menghambat Proses Penuaan
10 Makanan Sehat Yang Bisa Menghambat Proses Penuaan - Di dunia ini ada banyak sekali jenis makanan yang bisa kita nikmati. Dari beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan, vitamin dan serat sehat. Selain menyehatkan, makanan ini juga dapat mencegah proses penuaan dan bisa membuat anda terlihat lebih muda. Jenis makanan apa-sajakah yang bisa mencegah proses penuaan? Lebih jelasnya sebagai berikut;
https://3.bp.blogspot.com/-YpVn3CSAMXg/VyiLS32bbOI/AAAAAAAAYlE/1e72yM8vi0wxoC8frCTcAHrEDmUF9lMbACLcB/s640/buah%2Bdelima%2Bdan%2Bjeruk.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-YpVn3CSAMXg/VyiLS32bbOI/AAAAAAAAYlE/1e72yM8vi0wxoC8frCTcAHrEDmUF9lMbACLcB/s72-c/buah%2Bdelima%2Bdan%2Bjeruk.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2016/05/10-makanan-sehat-yang-bisa-menghambat.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2016/05/10-makanan-sehat-yang-bisa-menghambat.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy