12 Mar 2011

Cara Mengatasi Kesedihan (Galau)

Jika segala sesuatunya tampak suram atau galau, kita biasanya sangat mudah untuk kehilangan sudut pandang bahwa hal itu merupakan fase yang akan berlalu. Kenyataannya, jika benar-benar merasa tertekan, Anda yakin itu akan berlangsung selamanya. Namun, karena tidak mungkin untuk hidup selalu dalam keadaan bahagia, tidak mungkin pula untuk selamanya dalam keadaan murung. Besok, minggu depan, atau dalam waktu 10 menit berikut ini, Anda akan bahagia lagi.

Suasana hati adalah seperti itu. Seberapa cepat Anda akan merasa lega kembali akan tergantung kepada diri sendiri. Anda merasa positif, itu akan terjadi. Dan, Anda dapat membuatnya saat itu juga. Untuk itu coba ikuti tips mengatasi kesedihan, cara mengatasi galau, cara mengatasi  kemurungan.

Cara Mengatasi Galau
1. Ambilah Tindakan.
Jika Anda dapat mengendalikan penyebab rasa murung, itu berarti Anda telah telah melakukan hal-hal berikut. Mungkin Anda telah berhenti mengerjakan hal-hal yang mustahil untuk dilakukan. Atau, memberitahu seseorang tentang sikapnya yang telah menyakiti Anda. Atau, Anda keluar dari tempat tinggal yang menyengsarakan. Nah, lakukan itu sekarang juga.

2. Saya Akan Bahagia Jika.
Berhentilah mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda akan bahagia jika semisal, bisa menurunkan berat badan hingga tiga kilo, mendapat pacar, mendapat pekerjaan, dan sebagainya. Mengapa menggantungkan kebahagiaan pada masa yang akan datang? Tentunya beberapa sasaran yang dapat dicapai dalam waktu 24 jam ini. Lebih baik bersihkan lemari yang berantakan, tulis surat yang pernah Anda rencanakan, dan nikmati kemenangan-kemenangan kecil dalam kehidupan tak ubahnya kemenangan besar.

3. Umumkan Hari Ini Adalah Hari "Saya"
Tuliskan dalam daftar empat atau lima hal yang Anda sukai, tetapi jarang dilakukan. Itu mulai dari makan pagi yang enak dengan santai di tempat tidur sampai membersihkan muka dengan masker, menikmati pemijatan yang menyegarkan, menonton film lama kegemaran, dan sebagainya. Lakukanlah semuanya!

4. Senyumlah
Ini serius! Riset telah menunjukkan, kita benar-benar dapat mengelabui tubuh untuk menjadi bahagia. Meski kita tidak benar-benar merasa senang, senyum dapat menimbulkan gelombang positif yang sama seperti denyut jantung, tekanan darah, dan aktivitas otak.

5. Jangan Kacaukan Kebahagiaan
Dengan bersuka ria mabuk-mabukan. Memang itu merupakan bentuk extrime dari kebahagiaan. Tetapi, kita semua akan mati kelelahan bila terus hidup dengan pola seperti itu.

6. Terimalah Keadaan Yang Kurang Sempurna
kita sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Itu mulai dari pekerjaan, gaji, tubuh, pacar, atau pasangan mereka. Sementara, pada saat yang bersamaan orang melupakan kekurangan, masalah, atau kegagalan mereka. Ingat, tidak seorang pun memiliki semuanya. Pasti ada kelemahannya.

7. Makanlah Makanan Yang Sehat!
Anda tergoda menyenangkan diri sendiri dengan sebatang coklat yang besar, jangan lakukan. Makanan sehat seperti karbohidrat kompleks, misalnya pasta atau nasi benar-benar merangsang produksi serotonin di dalam tubuh, yaitu hormon yang membuat Anda merasa enak.

8. Carilah Kebahagiaan Hidup Dalam Kesenangan Sederhana.
Ini bebas dan ada di sekitar kita sepanjang waktu. Warna bunga yang mekar, panggilan telepon kejutan dari seorang teman, tepukan di punggung oleh bos Anda, cara anjing memandang Anda dengan mata coklatnya yang besar dan sebagainya.

9. Sibuklah
Lawan godaan untuk menarik diri dari kegiatan duniawi. Keluarlah, buat diri ini terlibat dan perhatian akan berpindah dari diri sendiri, ketakutan, atau kecemasan Anda.

10. Berlatih
Menjadi murung cenderung menguras energi dan vitalitas kita. Jadi, bangkitkan metabolisme Anda dengan latihan yang giat. Ini meningkatkan pasokan darah, yang tidak hanya memperbesar tingkat energi, tetapi juga memperbaiki kerangka pemikiran Anda.

11. Manjakan Diri Anda
Dengan seikat bunga kesukaan. Itu bisa diletakkan di meja kerja atau dekat tempat tidur Anda. Ini akan menjadi pengingat, betapa manis untuk berbaik pada diri sendiri.

12. Berhenti Bersikap Kepada Diri Sendiri

Sadarilah bahwa keprihatinan sesudah kematian atau khawatir akan masa depan tidak dapat benar-benar mengubah kehidupan Anda.

13. Carilah Teman
Mencari teman atau orang-orang yang bisa membuat Anda merasa baik dengan diri sendiri. Buatlah rencana untuk bertemu dengan seorang teman yang membuat Anda tertawa. Seorang teman yang Anda senangi atau yang Anda rasa, dia menyenangi Anda. Atau, seorang yang memberi yang memberikan yang terbaik kepada Anda.

14. Perbaiki Penampilan Anda
Merasa senang mengenai cara Anda tampil adalah setengah jalan ke arah perasaan senang di dalam diri Anda. Cobalah gaya rambut baru yang telah lama Anda pikirkan. Rias wajah dengan kosmetik bergizi dan lakukan dengan lembut. Usapkan minyak pada kulit Anda dan kenakan pakaian yang menurut Anda tampak bagus.

Artikel Terkait Tips dan Trick

4 komentar:

  1. tips yang bagus nie....., pasti akan sangat berguna

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sob, semoga bisa berguna bagi banyak orang.

      Hapus
  2. makasih sharingnya sangat manfaat.

    BalasHapus