Mengobati Diabetes Melitus Dengan Tumbuhan Sambiloto

SHARE:

Diabetes Melitus berasal dari bahasa Yunani yang artinya kira-kira kencing (urine) yang rasanya manis seperti madu. Kencing manis, kencing gula, atau Diabetes melitus disebabkan oleh terganggunya fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh. Jumlah insulin yang tidak mencukupi mengakibatkan gula dan karbohidrat tidak dapat diubah seluruhnya menjadi glikogen. Akibatnya, kadar glukosa dalam darah berlebihan. Glukosa atau zat gula tersebut kemudian dikeluarkan bersama dengan air kencing (urine).

Beberapa gejala penyakit kencing manis antara lain adalah banyak mengeluarkan air kencing, sering merasa haus, dan bila terjadi luka akan sulit sekali sembuh. Pada beberapa kasus, penyakit ini sering tidak menunjukkan gejala yang nyata. Penderita baru menyadari setelah timbul komplikasi pada organ mata, ginjal, jantung, dan syaraf.

Mengingat akibat komplikasi tersebut sangat berbahaya, sebaiknya kencing manis ditanggulangi sedini mungkin. Dengan diet, olahraga, dan namun obat secara teratur, penyakit ini dapat dikurangi.

Baca Juga : Minuman & Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Sambiloto atau Andrographis paniculata adalah salah satu tanaman yang telah lama terkenal mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya penyakit kencing manis. Konon, tanaman ini berasal dari India tetapi penyebarannya telah meluas ke berbagai daerah di Indonesia.

Sambiloto sering juga disebut papahitan (melayu), kioray, kipeurul, dan tukilo (Sunda), bidara, sadilata, sambiloto dan takila (Jawa). Serta sambiloto dalam hahasa Indonesia.

Tanaman Herba Semusim

Mengobati Diabetes Melitus Dengan Tumbuhan Sambiloto
Sambiloto merupakan tanaman herbal semusim yang tingginya berkisar 50-100 cm. la merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di hutan, ladang, atau halaman rumah. Tetapi ada juga yang menanam di halaman rumah sebagai tanaman obat-obatan keluarga.

Ciri-ciri Tanaman Sambiloto

Tanaman ini mempunyai banyak percabangan, batangnya berbentuk segi empat dan berkayu. Warna batang tanaman hijau berukuran kecil, berkisar 2-6 mm. Batang tanaman tidak berbulu.
Daun sambiloto berbentuk lonjong dengan ujung pangkalnya meruncing. Tepi daun rata dan pertulangannya menyirip, panjang tangkai sekitar 1,5 cm. Daun berwarna hijau sampai hijau tua, panjang daun berkisar 36 cm dengan lebar 1-3 cm. Kedudukan daun berhadapan dengan tangkai pendek.

Bunga sambiloto adalah bunga majemuk dengan bentuk tandan. Bunga berwarna putih atau ungu, dan kadang-kadang terdapat yang bergaris-garis. Bunga terletak di ujung batang dan ketiak daun. Kelopak bunga berbentuk lanset yang terbagi atas lima bagian dan pangkal bunganya saling berlekatan. Tanaman sambiloto biasanya menghasilkan bunga sepanjang tahun.

Buah sambiloto berbentuk bulat panjang dengan ujung meruncing, bagian tengah buah memiliki alur. Ketika masih muda buah berwarna hijau, setelah tua berubah menjadi cokelat kehitaman. Biji sambiloto berbentuk bulat dengan ukuran kecil, ketika masih muda biji berwarna putih dan setelah tua menjadi kecokelatan.

Sambiloto sering dijumpai di tempat-tempat terbuka seperti kebun, pinggiran jalan, atau di tebing-tebing saluran air maupun sungai. Umumnya ia tumbuh di dataran rendah sampai dengan 700 meter dpl.

Cara memperbanyak tanaman ini dapat menggunakan biji atau setek batang. Pertumbuhan pun cepat, umumnya ia tumbuh di tempat yang terbuka tetapi lembab. la sering juga digunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah halaman.

Bagian Sambiloto yang Berkhasiat

Sebetulnya seluruh bagian tanaman sambiloto dapat dimanfaatkan sebagai obat. tetapi berdasarkan sumber lain, antara bagian batang ke atas dan bagian akarnya mempunyai kandungan kimia yang berlainan.

Pada bagian daun dan percabangannya terdapat zat laktone, setelah melalui proses isolasi dari zat laktone dihasilkan deoxyandrographolide, andrographolide (zat pahit), neo andrographolide, alkane dan aldehyde, kalium, kalsium, natrium, dan asam kersik. Sedangkan pada bagian akar terdapat kandungan andrographolide yang cukup tinggi. Daun sambiloto sangat pahit karena terdapat zat andrografid yang ditemukan berupa kristal dan merupakan senyawa keton diterpena yang kadar dalam daun berkisar 2,5 – 4,8%.

Sambiloto juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dengan campuran ramuan tertentu sambiloto digunakan untuk menyembuhkan demam, gatal-gatal, luka, darah tinggi, masuk angin, dan obat penawar bisa ular.

Aturan Pakai

Cara mengolah sambiloto menurut anjuran pakar obat tradisional Prof. DR. H.M Hembing Wijayakusuma, untuk mengobati penyakit kencing manis dapat digunakan daun dari percabangan sebanyak setengah genggam. Bahan dicuci kemudian direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas, rebus terus hingga tersisa kurang lebih seperempat gelas. Setelah agak dingin, larutan daun sambiloto disaring dan diminum tiga kali sehari.

Pembuatan Resep Untuk Kencing Manis

Resep lain menyebutkan bahwa untuk pengobatan kencing manis digunakan campuran daun sambiloto, daun kumis kucing, dan brotowali. Sepertiga genggam daun sambiluto, sepertiga genggam daun kumis kucing, dan sepotong brotowali (kurang Iebih 6 cm) direbus dengan 3 gelas air hersih. Didihkan selama 10 menit, dinginkan dan saring sebelum diminum. Minum ramuan ini 2-3 kali sehari sebanyak tiga perempat gelas, diminum setelah makan. Selain rutin meminum ramuan tersebut, diet makanan yang ketat sangat diperlukan untuk kesembuhan penyakit. Disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur sayuran. Sedangkan ikan, daging, dan makanan bergula sebaiknya dihindari atau
dibatasi.

Baca Juga : Gejala Diabetes Miletus Tipe 2

Penulis : Enny Purbani.T/ Sardianto
Image : Wikipedia

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Mengobati Diabetes Melitus Dengan Tumbuhan Sambiloto
Mengobati Diabetes Melitus Dengan Tumbuhan Sambiloto
Cara Mengobati Diabetes Melitus Dengan Tumbuhan Sambiloto - Sambiloto atau Andrographis paniculata adalah salah satu tanaman yang telah lama terkenal mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya penyakit kencing manis. Konon, tanaman ini berasal dari India tetapi penyebarannya telah meluas ke berbagai daerah di Indonesia.
http://1.bp.blogspot.com/-5NLR88rv9Nc/VNCFdJkBhNI/AAAAAAAAOCg/LrWG_hQd_Ns/s1600/Sambiloto.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-5NLR88rv9Nc/VNCFdJkBhNI/AAAAAAAAOCg/LrWG_hQd_Ns/s72-c/Sambiloto.JPG
Heqris.com
http://www.heqris.com/2009/08/mengobati-diabetes-dengan-tumbuhan.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2009/08/mengobati-diabetes-dengan-tumbuhan.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy