Kenali 10 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

SHARE:



Penyakit diabetes telah terkenal dimana-mana, penyakit ini selalu menyerang manusia dengan range umur 30 tahun ke atas. Lebih dari 380 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit ini, yang lebih ironis lagi, saat mengetahui bahwa diabetes melitus terus meningkat setiap tahunnya.

Agar kondisi tubuh tetap stabil dan sehat, penderita penyakit diabetes harus menjaga pola makannya. Jika ada makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes, maka ada pula makanan yang baik untuk penderita diabetes. Secara umum makanan yang baik untuk penderita diabetes akan membantu tubuh dalam meningkatkan sensitivitas insulin, memperkuat daya tahan tubuh, mengurangi resistensi insulin, menghambat penyerapan karbohidrat, mencegah penyakit jantung dan tentunya tidak membuat diabetes menjadi tambah parah.

Meskipun belum ada obat yang ampuh untuk menyembuhkan pasien diabetes, namun Anda masih dapat mengatasi penyakit tersebut agar tidak lebih parah, yakni dengan mengkonsumi makanan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Inilah daftar makanan yang baik untuk penderita diabetes, cobalah mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

1. Cokelat Hitam/ Pahit (Dark Chocolate)

Daftar makanan yang baik untuk penderita diabetes yang pertama adalah cokelat hitam. Makanan ini kaya akan flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan sensivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, mengenyangkan lebih lama, dan mempercepat pengolahan glukosa darah. Ingat ya? Bukan semua jenis coklat yang memiliki khasiat ini, hanya cokelat hitam saja.

Tips: ketika ingin mengkonsumsi coklat, pastikan coklat tersebut tidak tercampur dengan susu dan tinggi akan kadar kakao-nya. Coklat hitam rata-rata memiliiki rasa yang tidak begitu manis.

2. Brokoli

Brokoli termasuk makanan yang baik untuk penderita diabetes karena mengandung senyawa yang dinamakan sulforaphane yang dapat memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan jantung akibat diabetes melitus. Kandungan kromium dalam brokoli bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Senyawa tersebut juga dapat memicu proses anti inflamasi, mengontrol kadar glukosa darah, meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami dalam membantu kerja hati, dan dapat meningkatkan produksi enzim yang mengendalikan senyawa kimia berbahaya penyebab kanker.

3. Blueberry

Blueberry terbukti menjadi makanan yang baik untuk penderita diabetes melalui penelitian yang dilakukan USDA. Dari penelitian tersebut dilaporkan bahwa penderita diabetes yang mengkonsumsi 2,5 jus blueberry setiap harinya selama 12 minggu dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Kemudian juga dijelaskan bahwa hal tersebut karena blueberry mengandung antosianisn, yakni berupa senyawa kimia alami yang mengecilkan sel lemak dan merangsang produksi adiponektin, yakni hormon yang mengatur kadar glukosa darah. Kadar adiponektin yang meningkat dapat menjaga kadar gula darah tetap rendah tidak melebihi batas normal dan dapat meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin.

4. Oatmeal

Oatmeal
Pemilihan sumber karbohidrat untuk penderita diabetes harus benar-benar diperhatikan, karena akan berpengaruh pada kadar gula darah dalam tubuh. Nasi putih biasa yang sering dimakan masyarakat Indonesia setelah dicerna menjadi glukosa yang sangat tinggi, maka dari itu penderita diabetes tidak memakan nasi putih, namun diganti dengan sumber karbohidrat yang lain.

American Diabetes Association merekomendasikan gandum utuh atau oatmeal yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat larut tinggi. Serat dalam oatmeal lebih lambat dicerna tubuh, sehingga kadar glukosa darah akan terkontrol. Selain itu oatmel juga mengandung magnesium yang dapat memanfaatkan glukosa dan mensekresikan insulin dengan baik.

5. Ikan

Makanan yang baik untuk penderita diabetes selanjutnya adalah ikan laut. Tak hanya protein, ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang akan membantu meredakan inflamasi kulit. Inflamasi atau peradangan kulit dapat memperburuk penderita diabetes. Ingat makanan yang baik untuk penderita diabetes yang berupa ikan laut ini khusus buat Anda yang tidak alergi ikan ya?!

6. Walnut atau Kacang Kenari

Kacang Kenari
Makanan yang baik untuk penderita diabetes selanjutnya berasal dari jenis kacang-kacangan. Kacang yang satu ini mengandung asam lemak tak jenuh yang disebut alfa-linolenik yang berfungsi untuk menurunkan peradangan. Kandungan serat, L-arginin, vitamin E, omega 3, dan senyawa baik lainnya berfungsi sebagai zat antioksidan, antikanker, dll. Dengan khasiat tersebut dapat memperkecil resiko perkembangan kondisi kronis seperti penyakit jantung.

7. Bayam

Bayam sebagai makanan yang baik untuk penderita diabetes telah dibuktikan dengan adanya penelitian di Inggris yang menunjukkan bahwa penderita yang makan bayam lebih dari satu porsi dalam sehari akan mengalami penurunan resiko hingga 14% dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

8. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung antosianin, yakni pigmen alami yang membuatnya berwarna orange gelap. Senyawa tersebut sebagai zat anti inflamasi, anti viral, dan anti mikroba merugikan. Cobalah mengkonsumsi ubi jalar sebagai pengganti kentang yang memiliki kadar lebih rendah.

9. Kayu Manis

Kayu Manis
Kayu manis menjadi makanan yang baik untuk penderita diabetes urutan ke-9. Kayu manis mengandung kromium yang tinggi. kromium tersebut merupakan mineral yang dapat meningkatkan efek insulin. Jurnal “Diabetes Care” telah mempublikasikan bahwa penderita DM tipe 2 yang mengkonsumsi satu gram kayu manis atau lebih dengan teratur dapat menurunkan kadar gulanya sebesar 30% jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.

10. Jagung

Apakah jagung aman dikonsumsi oleh penderita diabetes? Tentu saja jagung aman dan ini merupakan pilihan yang baik jika dibandingkan dengan nasi yang terbukti tinggi akan kandungan karbohidrat-nya. Selain mengandung banyak nutrisi penting seperti zat besi, thiamin, riboflavin, niasin, magnesium dan selenium. Jagung juga merupakan makanan tinggi serat yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes.

Selain ada beberapa macam makanan yang baik untuk penderita diabetes seperti sayur, buah, kacang-kacangan, dll ada juga minuman yang dapat Anda konsumsi, yakni yogutr dan susu rendah lemak. Selain gula, lemak juga harus diperhatikan oleh penderita diabetes. Ada banyak kasus berupa bertambahnya penderita DM tipe 2 karena timbunan lemak jahat di dalam tubuhnya. Adanya lemak jahat tersebut membuat tubuh tidak peka terhadap insulin.

Sebuah penelitian dari Universitas Cambridge melaporkan bahwa ketika penderita diabetes mengkonsumsi yogurt rendah lemak, maka dapat menurunkan resiko terkena diabetes hingga 28% dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Selain itu, bakteri baik dalam yogurt berperan untuk mengurangi peradangan hingga luka yang sering dialami oleh penderita diabetes melitus.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Kenali 10 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes
Kenali 10 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes
Agar kondisi tubuh tetap stabil dan sehat, penderita penyakit diabetes harus menjaga pola makannya. Jika ada makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes, maka ada pula makanan yang baik untuk penderita diabetes. Secara umum makanan yang baik untuk penderita diabetes akan membantu tubuh dalam meningkatkan sensitivitas insulin, memperkuat daya tahan tubuh, mengurangi resistensi insulin, menghambat penyerapan karbohidrat, mencegah penyakit jantung dan tentunya tidak membuat diabetes menjadi tambah parah.
https://2.bp.blogspot.com/-IzuakznnQ-U/XPXn1eCe7NI/AAAAAAAAc1o/BfSwg0bHkuQH5UJ0__BuZB7och9dHmuwQCLcBGAs/s640/coklat%2Bpahit.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-IzuakznnQ-U/XPXn1eCe7NI/AAAAAAAAc1o/BfSwg0bHkuQH5UJ0__BuZB7och9dHmuwQCLcBGAs/s72-c/coklat%2Bpahit.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2019/06/kenali-10-makanan-yang-baik-untuk.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2019/06/kenali-10-makanan-yang-baik-untuk.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy