8 Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Diabetes

SHARE:



Orang yang mempunyai penyakit diabetes mau tidak mau harus mengatur pola makannya dengan baik, mulai dari segi porsi, jadwal, maupun jenis makanannya. Kurangnya jumlah hormon insulin dalam tubuh membuat penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan dan wajib mengetahui makanan yang harus dihindari. Penderita diabetes harus menjaga agar kadar gula atau glukosa dalam darah mereka tetap stabil dan tidak naik.

Tidak hanya makanan berglukosa tinggi, penderita diabetes juga harus menghindari jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan juga berkolesterol. Ada juga penelitian dan studi yang menjelaskan bahwa ada sayur dan buah yang juga harus dihindari. Berikut informasi tentang beberapa makanan yang harus dihindari penderita diabetes;

1. Makanan Kaya Gula

Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Diabetes
Makanan yang harus dihindari penderita diabetes yang pertama tentu saja makanan yang memiliki kadar gula tinggi. Sudah sangat jelas bahwa makanan yang kayak akan kandungan gulanya dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah. Makanan berkadar gula tinggi seperti gula pasir, ice cream cokelat, pastries, kue kering, serta makanan yang mengandung pemanis buatan akan sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sekarang banyak beredar produk gula yang rendah kandungan glukosanya, memang kurang manis jika dibandingkan dengan gula pasir, namun gula tersebut aman untuk Anda konsumsi setiap harinya.

Baca Juga : Kenalilah Gejala Awal Penyakit Diabetes

Orang Indonesia tak dapat dipisahkan dari yang namanya nasi. Jadi biar bagaimana pun setiap orang harus makan nasi. Tapi tahukah Anda bahwa nasi juga termasuk dalam makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Sebenarnya nasi yang kita makan akan menjadi glukosa setelah mengalami pencernaan mekanik di dalam mulut. Jadi untuk menyiasatinya, sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi nasi jagung agar kandungan glukosa yang dihasilkan tidak terlalu tinggi.

2. Beberapa Jenis Sayur dan Buah

Secara umum sayur dan buah memang menyehatkan karena mengandung berbagai macam nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk penderita diabetes, karena ada beberapa jenis sayur dan buah yang tergolong ke dalam makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

Sayur yang mempunyai kandungan pati tinggi seperti kentang dan labu sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kemudian buah yang mempunyai kadar glukosa dan sukrosa tinggi seperti mangga, leci, buah tin juga jangan dikonsumsi, karena akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Buah Yang Tinggi Kadar Gula
  • Buah Tin Kering 48 g / 100 g
  • Buah Leci 15 g / 100 g
  • Buah Mangga 14 g / 100 g
  • Buah Cherry 14 g / 100 g
Jika Anda penggemar buah, maka gantilah dengan buah yang tinggi serat namun rendah gula seperti apel, pisang dan pear. Sedangkan untuk sayurnya konsumsilah wortel, lobak, dan beberapa kacang-kacangan.

3. Jus Buah

Jus Buah
Jenis makanan yang harus dihindari penderita diabetes yang ketiga adalah jus buah. Beberapa studi yang telah dilakukan oleh para peneliti menjelaskan bahwa meminum jus buah setiap hari dapat meningkatkan resiko diabetes. Jika mengkonsumsi buah secara langsung dapat memberikan serat dan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sedangkan jika dikonsumsi langsung akan mengandung karbohidrat yang tinggi. Jadi penderita diabetes harus dibatasi meminum jus buah.

4. Berbagai Macam Gorengan

Gorengan adalah makanan yang harus dihindari penderita diabetes karena mengandung kolesterol. Mengkonsumsi gorengan bagi penderita diabetes boleh saja, asalkan saat menggorengnya menggunakan minyak zaitun. Jangan pernah memakan gorengan yang digoreng menggunakan minyak terhidrogenasi, karena itu dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dapat tubuh. Namun sebaiknya untuk yang kondisi yang lebih aman sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus saja.

5. Makanan Berkolesterol

Makanan yang harus dihindari penderita diabetes selanjuntnya adalah makanan berkolestrol. Contoh makanan yang tinggi kolesterol misalnya produk-produk susu tinggi lemak, udang, daging sapi, daging kambing, ayam, keju, dll.

Penyakit kencing manis menyebabkan kadar kolesterol baik menurun, tetapi meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Nah, hal tersebutlah yang menyebabkan penderita diabetes menjadi rentan dengan beberapa penyakit akibat kolesterol yang tinggi, khususnya penyakit jantung. Jika sangat mendambakan makanan yang berkolestrol, maka sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter.

6. Semua Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol
Tak hanya penderita diabetes, minuman beralkohol sebaiknya dihindari oleh semua orang. Untuk penderita diabetes, minuman beralkohol dengan mudah dapat meningkatkan gula darah yang dapat membahayakan kesehatannya sendiri.

Minuman beralkohol dapat menyebabkan hypoglycemia jika diminum dengan keadaan perut yang kosong. Selain itu, meminum alkohol yang berlebihan dapat melukai liver, sehingga pada akhirnya akan menyulitkan tubuh untuk mengontrol jumlah kadar gula dalam darah Anda.

7. Fast Food & Junk Food

Fast Food & Junk Food
Makanan fast food & junk food yang banyak dijual di restaurant modern juga harus dihindari. Mengkonsumsi makanan cepat saji memang menyenangkan, enak, dan cepat, namun mempunyai dampak negatif bagi kesehatan, apalagi buat penderita diabetes.

8. Bahan Makanan Lain Yang Harus Dihindari

Selain daftar diatas, makanan yang harus dihindari penderita diabetes antara lain, makanan yang kayak akan sodium, seperti kecap; produk makanan olahan tepung terigu atau karbohidrat tinggi seperti pasta, pizza, mie; roti tawar putih; buah kaleng tinggi gula yang dijual di supermarket; sayuran kaleng yang mengandung garam tinggi; produk susu tinggi lemak; produk daging tinggi lemak; organ dalam hewan, seperti hati dan ampela; popcorn kaya rasa; dan kulit ayam, karena mengandung banyak lemak.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Sangat disarankan agar Anda tidak membeli makanan di luar, sebaiknya Anda memasak sendiri. Dengan demikian diharapkan Anda tahu apa saja bahan yang digunakan untuk memasak makanan tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk selalu rutin mengecek kadar gula darah.

Ada banyak jenis tes gula darah yang dapat Anda coba, maka dari itu sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter tes gula darah apa yang cocok dengan keadaan/tipe diabetes Anda. Beberapa tes gula darah tersebut adalah tes gula darah puasa, tes gula darah hemoglobin A1c, tes gula darah acak, tes toleransi glukosa oral, dan masih banyak lagi.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: 8 Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Diabetes
8 Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Diabetes
8 Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Diabetes - Orang yang mempunyai penyakit diabetes mau tidak mau harus mengatur pola makannya dengan baik, mulai dari segi porsi, jadwal, maupun jenis makanannya. Kurangnya jumlah hormon insulin dalam tubuh membuat penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan dan wajib mengetahui makanan yang harus dihindari. Penderita diabetes harus menjaga agar kadar gula atau glukosa dalam darah mereka tetap stabil dan tidak naik.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0Pni8s2cGKSoQzHgM2XQ7_O8QjnTc67NHVMTu4UWYi4-xwnXeWhyphenhyphenal4rXg8rN69acEvDs59cAeS8LMUAHjRV7JPhYdUjhYhZFV5xDHVC7kF8z5BA-XlB_aUxfisXo2AjSLAaxhyphenhyphenv5Wx8/s640/makan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0Pni8s2cGKSoQzHgM2XQ7_O8QjnTc67NHVMTu4UWYi4-xwnXeWhyphenhyphenal4rXg8rN69acEvDs59cAeS8LMUAHjRV7JPhYdUjhYhZFV5xDHVC7kF8z5BA-XlB_aUxfisXo2AjSLAaxhyphenhyphenv5Wx8/s72-c/makan.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2019/05/8-jenis-makanan-yang-wajib-dihindari.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2019/05/8-jenis-makanan-yang-wajib-dihindari.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy