10 Makanan Yang Bisa Membantu Memulihkan Tenaga & Mengurangi Nyeri Dengan Cepat

SHARE:

Dalam kehidupan ini kita selalu di tuntut untuk selalu bergerak agar bisa terus hidup. Bekerja dan berolahraga adalah suatu kegiatan yang bisa membuat tubuh kita kehilangan banyak energi dan sering juga kita mengalami nyeri.

Banyak orang sering membuat kesalahan ketika ingin memulihkan tenaga atau menghilangan nyeri akibat terlalu banyak bekerja atau berolahraga. Mereka lebih sering mencari solusi dengan mengompres menggunakan air dingin, pijat, mengkonsumsi minuman berenergi, dan bahkan juga mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri yang tentu saja memiliki efek jangka panjang yang tidak baik.

Sebenarnya jika kita bisa berfikir lebih bijak, cara yang paling efektif untuk mempercepat pemulihan tenaga dan menyurangi nyeri otot adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sesuai. Dengan menggunakan strategi gizi yang tepat, selain memiliki banyak manfaat kesehatan juga mampu memulihkan energi dan mengurangi nyeri otot dengan cara yang sederhana.

Misalnya, minuman kopi berkafein dapat mempercepat pemulihan dengan baik dan mengurangi nyeri otot. Jadi sekarang, setelah anda berolahraga jangan pernah meminum air dingin, ini hanya akan membuat anda menjadi lemas. Cobalah untuk mengkonsumsi kopi hitam untuk memulihkan energi dan menghilangkan rasa nyeri setelah latihan. Dan untuk makanan lain yang bisa membantu memulihkan tenaga, simak ulasan berikut ini;

1. Buah Blueberry, Ceri dan Buah-buahan Lain Yang Berwarna Gelap

Buah Ceri
Dari hasil penelitian para ahli telah menyimpulkan bahwa buah blueberry dan ceri bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan mampu memulihkan tenaga dengan cepat. Kedua buah tersebut atau buah-buahan berwarna gelap memiliki nutrisi lebih kuat dan mampu mempercepat penghapusan produk limbah yang dihasilkan selama berolahraga.

Buah ceri juga bermanfaat untuk menaikkan hormon melatonin dalam tubuh sehingga tidur anda bisa menjadi lebih baik. Ini telah ditemukan untuk membantu orang-orang yang menderita insomnia. Gizi lain termasuk pada buah rasberry, stroberi, blackberry, dan varian sejenisnya dapat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri meskipun belum diuji secara khusus dalam studi olahraga.

Tips: Hindari mengkonsumsi produk susu ketika mengkonsumsi blueberry dan ceri, hal ini karena protein dalam susu bisa menghambat aktivitas antioksidan dalam tubuh. Menunggu setidaknya satu atau dua jam selatah mengkomsumsi buah tersebut.

2. Sayuran

Makanan berdaun hijau seperti sayuran dan sejenisnya memiliki senyawa yang bermanfaat untuk meningkatkan proses metabolisme. Baik itu brokoli, kembang kol, kubis, mereka mampu membantu tubuh meningkatkan hormon estrogen. Sayuran juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat membasmi radikal bebas yang bisa menghambat penyembuhan.

Selain terdapat senyawa yang berfungsi untuk mengurangi peradangan, sayuran hijau juga memberikan energi rendah glisemik. Jadi sangatlah dianjurkan juga bagi para penderita diabetes. Selain itu, sayuran juga berperan penting dalam meningkatkan metabolisme, mereka menyediakan bahan baku yang digunakan untuk memproduksi neurotransmitter yang bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati dan memulihkan tenaga.

Tips : Mengkonsumi sayuran sangat dianjurkan bagi siapapun yang ingin bergaya hidup sehat, sayuran merupakan makanan yang rendah kalori dan tinggi nutrisi. Namun, jika tujuan anda untuk menambah banyak energi dan mengisi glikogen, makanan berkarbohidrat tinggi glikemik sangat dianjurkan.

3. Buah-buahan Yang Tinggi Glikemik

Buah-buahan yang tinggi akan kandungan glimetik sangat baik untuk rehydrate atau mengisi glikogen otot, sehingga hal itu akan bermanfaat untuk memulihkan energi paska berolahraga atau beraktivitas. Disamping itu, buah-buahan yang kaya nutrisi juga mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk membantu jaringan dan pemulihan.

Agar anda tidak salah memilih, berikut beberapa buah yang tinggi glikemik;

Semangka: Buah tinggi glikemik yang juga bisa meningkatkan produksi oksida nitrat, memberikan darah menjadi kaya nutrisi ke jaringan otot yang rusak. Produksi oksida nitrat juga berhubungan dengan penggunaan oksigen yang lebih baik selama melakukan aktivitas dan menjadikan daya tahan tubuh menjadi lebih baik pula.

Kentang : Buah ini mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan bersama varian lainnya seperti labu dan ubi jalar, makanan ini sangatlah mengenyangkan dan menyehatkan. Baca Juga : Manfaat Ubi Cilembu

Nanas & Kiwi : Buah-buahan ini mampu meningkatkan antioksidan dalam darah dan memberi senyawa yang membatu meredakan nyeri dan peradangan.

Pisang : Kandungan asam amino pada pisang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengubah lemak menjadi energi. Maka dari itu tak heran jika banyak para atlit yang dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang.

Tips: Apakah buah utuh lebih baik dari pada jus? Ini tergantung preferensi dan tujuannya. Jika Anda berniat untuk diet menurunkan lemak, hindari jus karena jus tidak mengandung serat. Tapi, jika Anda berniat untuk menambah berat badan atau glikogen, mengkonsumsi buah dengan cara di jus sangatlah dianjurkan.

4. Air

Tidak perlu berfikir terlalu mendalam, mengurangi nyeri otot juga dapat dipulihkan hanya dengan mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh. Terutama jika anda sedang latihan di suhu yang panas. Seperti yang telah dilakukan pada studi tahun 2005, menyimpulkan bahwa ketika pria berjalan di suhu panas lebih signifikan mengalami nyeri otot. Hal itu karena dehidrasi membuat nyeri otot menjadi lebih cepat.

Air sangatlah penting untuk pengatur suhu tubuh, serta kedua fungsi otot dan jantung. Dengan tubuh tetap terhidrasi saat latihan akan menyebabkan penurunan volume plasma darah sehingga energi tidak akan mencapai ke sel-sel otot yang bisa menyebabkan rasa nyeri.

Tips: Konsumsilah air sepanjang hari bukan paska latihan saja, hal ini karena selain dapat membantu memulihkan tenaga dan mengurangi rasa nyeri, air juga sangat dibutuhkan tubuh agar bisa bekerja secara benar.

5. Almond & Kacang-kacangan Lain Yang Bisa Memperbaiki Jaringan Yang Rusak.

Kacang Almond
Makanan sehat yang berlemak dari seluruh sumber memiliki efek perlindungan pada tubuh karena memiliki rasio yang benar. Misalnya, perbaikan tulang akan terjadi ketika omega-3 dan omega-6 dapat dikonsumsi dengan seimbang.

Almond merupakan sumber lemak omega-6 yang baik untuk membantu proses penyembuhan paska latihan. Sebuah studi telah melatih para atlit sepeda setiap hari selama 4 minggu dan disuruh untuk mengkonsumsi almond. Dari hasil tersebut, mereka menemukan bahwa atlit tersebut mengalami peningkatan energi dan kapasitas antioksidan.

Tips: Kacang Brazil paling dikenal untuk meningkatkan testosteron atau pembangkit energi. Mengandung selenium, magnesium, dan seng, yang penting untuk keseimbangan hormon dan pemulihan. Walnut juga kaya nutrisi dan memungkinkan untuk membuat tubuh tidak cepat lelah karena mereka mampu membuat tubuh lebih efektif dalam menggunakan energi.

6. Makanan Fermentasi Untuk Memperbaiki Pencernaan & Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jika usus atau sistem pencernaan anda mengalami ganggunan, pemulihan pada tubuh anda akan menjadi lambat. Jadi menjadikan usus bekerja dengan baik merupakan kunci pemulihan tubuh. Dengan sistem pencernaan yang bisa bekerja secara maksimal akan membuat penyerapan nutrisi bisa lebih maksimal, metabolisme tubuh bisa bekerja secara maksimal, dan memberantas stres oksidatif dan inflamasi.

Mengkonsumsi makanan probiotik bisa membuat usus bekerja dengan maksimal. Probitoik bisa ditemukan dalam makanan frementasi seperti yoghurt berkualitas tinggi, frementasi susu, sayuran acar, kefir, tahu, tempe, dan makanan frementasi lainnya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada atlit, menyimpulkan bahwa suplementasi prebiotik dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh baik faktor yang mendukung pemulihan yang lebih cepat hingga meredakan rasa sakit paska latihan.

7. Telur Untuk Memberbaiki Jaringan

Seperti yang sudah banyak orang tau bahwa telur merupakan makanan dengan kandungan protein yang sempurna. Telur juga mengandung asam animo yang sangat penting untuk membangun otot.

Dalam studi yang dilakukan pada telur, para peneliti menyimpulkan bahwa mengkonsumsi telur dapat meningkatkan energi, merangksang sintesis protein, dan membantu pemulihan paska latihan. Selain itu, telur juga mengandung antioksidan selenium, lutein, dan zeaxanthin. Ini merupakan komposisi yang bisa mengurangi peradangan pada tubuh.

8. Kayu Manis Untuk Meningkatkan Sensivitas Insulin

Kayu Manis
Kayu manis merupakan makanan yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mampu mengatur gula darah. Kayu manis juga mampu memperbaiki jaringan dan pemulihan nyeri otot dengan cara meningkatkan sintesis protein.

Sebagai contoh yang pernah dilakukan pada studi atlet bela diri. Para atlit diberikan makanan yang dicampur dengan 3 gram bubuk kayu manis. Yang terjadi nyeri otot mereka menjadi berkurang paska latihan intens.

Tips: Kayu manis merupakan makanan lezat, bisa dicampurkan dalam teh, kopi, yoghurt, dan berbagai makanan yang sesuai. Coba juga mencampur kayu manis, sayuran dan rempah-rempah untuk menciptakan rasa yang tajam.

9. Kunyit & Jahe Untuk Mengurangi Nyeri

Kunyit dan jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup kuat. Mampu mempercepat pemulihan energi dan mengurangi rasa nyeri otot. Ini juga pernah diuji layaknya kayu manis pada atlit bela diri yang sudah disebutkan di atas.

Kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi, senyawa anti nyeri yang disebut curcumin, yang telah digunakan untuk menyembuhkan luka pada pengobatan kanker.

10. Salmon & Ikan Lainnya Yang Mengandung Sintesis Protein

Lemak omega-3, DHA dan EPA dari ikan mampu memulihkan tubuh karena mereka memiliki efek anti-inflamasi. Mereka juga dapat mengurangi nyeri otot, meskipun belum ditemukan mampu mengurangi rasa nyeri yang parah.

Tips: Apakah mengkonsumsi ikan utuh lebih baik dari pada minyak ikan? Minyak ikan dapat memberikan dosis yang ideal untuk EPA dan DHA, tapi jika anda lebih suka mengkonsumsi ikan utuh itu juga tidak mengapa. Baik salmon maupun COD, keduanya bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri.

Berikut 10 makanan yang bisa membantu memulihkan tenaga dan mengurangi rasa nyeri. Punya pendapat lain? silahkan berkomentar dan jangan lupa untuk berbagi informasi bermanfaat ini dengan teman atau saudara Anda. Semoga bermanfaat...

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: 10 Makanan Yang Bisa Membantu Memulihkan Tenaga & Mengurangi Nyeri Dengan Cepat
10 Makanan Yang Bisa Membantu Memulihkan Tenaga & Mengurangi Nyeri Dengan Cepat
10 Makanan Yang Bisa Membantu Memulihkan Tenaga & Mengurangi Nyeri Dengan Cepat - Banyak orang sering membuat kesalahan ketika ingin memulihkan tenaga atau menghilangan nyeri akibat terlalu banyak bekerja atau berolahraga. Mereka lebih sering mencari solusi dengan mengompres menggunakan air dingin, pijat, mengkonsumsi minuman berenergi, dan bahkan juga mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri yang tentu saja memiliki efek jangka panjang yang tidak baik.
https://3.bp.blogspot.com/-SjyTmoVsowQ/V4Tadp_wwDI/AAAAAAAAY4o/62p9j65w7FkNfnUoGn0CjdPSsSXKGHD0wCLcB/s1600/buah%2Bceri.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-SjyTmoVsowQ/V4Tadp_wwDI/AAAAAAAAY4o/62p9j65w7FkNfnUoGn0CjdPSsSXKGHD0wCLcB/s72-c/buah%2Bceri.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2016/07/10-makanan-yang-bisa-membantu.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2016/07/10-makanan-yang-bisa-membantu.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy