Rabu, 18 Juli 2012

Manfaat Ubi Cilembu | Ubi Madu

Ubi madu atau biasa dikenal ubi Cilembu "telo madu atau Cilembu dalam bahasa Jawanya" adalah ubi yang memiliki rasa yang unik dan khas, kebanyakan ubi Cilembu ini diolah menggunakan oven, dengan begitu akan mengeluarkan cairan manis seperti madu dan rasa daging ubi yang empuk dan manis.

Ubi jalar cilembu atau ubi madu ini populer di kalangan konsumen sudah sejak tahun 1990-an. Namun di Kota saya, Malang, baru saja populer sekitar tahun 2012-an dan akhir-akhir ini juga mulai banyak yang berjualan di pinggir-pinggir jalan, dari segi harga ubi Cilembu ini dijual 15,000/kg. Dengan harga segitu memang sesuai dengan rasanya yang begitu khas dan manis, itulah alasannya, mengapa saya mencoba menulisnya dan ubi Cilembu ini juga menambah menu makanan favorit saya, apalagi dimakan pada saat hangat.

Ubi jalar Cilembu ini berasal dari Kecamatan Pamulihan - Sumedang - Jawa Barat, yang konon untuk menghasilkan rasa yang manis tidak bisa ditanam di sembarang tempat, hanya di wilayah-wilayah tertentu saja. untuk lebih tepatnya, saya juga belum bisa memberikan data yang akurat. Untuk sementara ini, saya hanya tau kalau ubi Cilembu hanya bisa ditanam di wilayah sumedang dan itupun di sekitar kaki gunung Kareumbi. Namun apa salahnya jika Anda mau mencoba menanam diwilayah tempat tinggal Anda, siapa tau bisa memberikan hasil yang lebih baik dan kalaupun bisa, jangan sungkan-suangkan untuk memberi tahu saya, karena untuk kelengkapan data postingan saya.

Dibalik rasanya yang manis dan unik, ubi Cilembu ini ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, untuk lebih jelasnya akan kita bahas satu persatu.
Ubi Cilembu ini memiliki kandungan vitamin A 7.100 IU (international unit) dengan angka 0,001-0,69 mg per 100 gram. Yang berfungsi untuk memperbaiki gizi bagi mereka yang kekurangan vitamin A dan menstabilkan kadar gula darah dan menurunkan resistensi insulin.
Selain itu ubi Cliembu ini juga mengandung kalsium hingga 46 mg per 100 gram yang berfungsi untuk metabolisme tubuh dan memperkuat tulang dan gigi.
Ubi Cilembu juga terdapat Vitamin B-1 0,08 mg, Vitamin B-2 0,05 mg, Niacin 0,9 mg dan C 20 mg yang memiliki banyak sekali fungsinya untuk kesahatan tubuh.Tak hanya itu, Cilembu ini juga sangat cocok untuk orang yang ingin diet dengan cara alami, karena dengan mengkonsumsinya pada pagi hari secara rutin, bisa berfungsi untuk menurunkan berat badan dan menekan nafsu makan yang berlebihan.
Berikut adalah khasiat dari ubi Cilembu, dari penelitian berbagai ahli, sebaiknya ubi Cilembu ini diolah tidak dengan di rebus, tapi di kukus atau diopen, dengan begitu kandungan vitamin dan mineralnya akan tetap utuh dan terjaga, semoga bermanfaat.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 Komentar: