7 Tips Jitu Untuk Mencerdaskan Otak Anak

SHARE:

Tips Jitu Untuk Mencerdaskan Otak Anak - Buat bunda-bunda, baik yang sudah menjadi ibu maupun calon ibu, ada cara untuk memaksimalkan otak anak. Perkembangan otak anak dimulai dari janin dalam kandungan. Pasti bunda akan melakukan berbagai macam cara agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara sehat dan cerdas. Selain memberikan makanan yang bergizi tinggi, pemberian stimulus-stimulus juga sangat mempengaruhi perkembangan otak anak.

Bunda, ingatlah bahwa anak memiliki masa emas atau familiar dengan sebutan golden age, yaitu pada usia 0-6 tahun. Pada masa ini anak membutuhkan perhatian penuh, maka dari itu jangan pernah melewatkan masa ini bunda. Pada masa ini otak anak harus dilatih secara seimbang, baik otak kanan maupun otak kiri agar berfungsi secara maksimal. Otak kanan berfungsi untuk daya imajinasi, kreativitas dan jiwa seni. Jika ingin otak kanan anak berkembang dengan baik, baiknya bunda melatih organ-organ tubuh sebelah kiri. Sedangkan otak kiri berhubungan dengan segala sesuatu yang sistematis, berurutan, contohnya seperti menulis, menghitung, dan membaca.

1. Pemberian ASI

Pemberian ASI
Bunda ternyata ASI memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan otak anak. Banyak peneliti melakukan riset bahwa anak dengan asupan ASI yang pas akan tumbuh dan berkembang dengan sehat dan cerdas. Dan juga anak dengan ASI selama dua tahun terbukti lebih cerdas dibanding dengan anak ASI yang hanya sebulan, dua bulan, bahkan bisa dibilang kalah jauh dibanding anak yang meminum susu formula saja. ASI adalah sumber makanan terbagus untuk anak anda, maka dari itu bunda semua jangan ragu untuk memberikan ASI eksklusif untuk anak.

2. Pemberian Nutrisi & Gizi Yang Seimbang

Nutrisi & Gizi
Nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak adalah asam amino. Asam amino berfungsi sebagai pembentukan syaraf serta pembentukan struktur otak. Vitamin B6 juga sangat dibutuhkan otak anak, sebagai pembentukan enzim. Yodium dan juga zat besi juga sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak anak. Semua akan mempengaruhi rendah tingginya tingkat kecerdasan anak, perilaku anak, mempengaruhi emosi, serta konsentrasi pada anak itu sendiri.

Berilah anak makanan yang alami, hindari memberi makan anak dengan makanan cepat saji. Jika kebutuhan gizi dan nutrisi anak terpenuhi, maka anak akan berkembang sesuai dengan perkembangan semestinya, tidak lambat. Pertumbuhan mental serta perkembangan motoriknya akan berkembangan dengan baik.

3. Memberikan Stimulus

Memberikan stimulus atau Aktivitas sangat diperlukan agar otak anak dapat bekerja secara maksimal. Sebagai langkah awal, sering-seringlah mengajak anak untuk berkomunikasi, berbicara, menyanyi, maupun membacakan cerita. Hal ini akan memberikan stimulus pada anak, dan akan memperbanyak perbendaharaan kata anak anda. Melakukan kegiatan yang simple dan ringan, seperti bermain bola dengan melempar dan menangkap, mengajaknya berlari, berenang, hal ini akan meningkatkan sistem motorik anak.

Olahraga juga dapat membuat anak lebih percaya diri, berjiwa kepemimpinan, serta dapat bekerja secara tim. Rangsanglah semua indera yang dimiliki anak baik penglihatan, sentuhan, pendengaran, pengecap, membau sejak dini, hal ini akan berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak.

4. Belajar Musik

Banyak peneliti berpendapat bahwa dengan memberikan rangsangan musik dimasa kecil anak, akan mempengaruhi tingkat IQ anak. Belajar musik juga dapat mengasah otak kanan. Hal ini dapat berpengaruh pada tingkat IQ anak serta akademik anak dimasa mendatang.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Musik Untuk Menunjang Kesuksesan

5. Bermain

Memberikan permainan anak berupa menyusun balok, mencocokkan bentuk, memasang puzzle, jika permainan ini diberikan setiap hari otak anak akan berkembang maksimal. Berilah anak game atau permainan yang bersifat edukasi, yang juga mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.

6. Mengajak Anak Untuk Gemar Membaca

Mengajari anak untuk membudayakan membaca sejak usia dini banyak memiliki manfaat. Selain membaca merupakan jendela dunia, membaca juga meningkatkan pembelajaran anak, serta meningkatkan perkembangan kognitif anak. Dan tentunya membaca dapat meningkatkan perkembangan otak anak.

7. Bangun Rasa Percaya Diri & Kenali Potensi Anak

Ajarilah anak pelajaran yang berharga, berpikir positif, rasa optimis, keyakinan, serta percaya diri. Ajak anak mengikuti kegiatan sosial, serta kegiatan olahraga dalam tim. Jangan batasi potensi diri yang dimiliki anak, selalu dukung setiap kegiatan anak anda. Hal ini sangat penting bunda untuk membantu perkembangan otak anak.

Baca Juga : Pentingnya Mengetahui Bakat Anak

Semoga bermanfaat bunda, semoga anak anda tumbuh dan berkembang dengan sehat, dan cerdas. Selamat beraktivitas.

Editor : Bagus Hermawan

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: 7 Tips Jitu Untuk Mencerdaskan Otak Anak
7 Tips Jitu Untuk Mencerdaskan Otak Anak
Tips Jitu Untuk Mencerdaskan Otak Anak - Buat bunda-bunda, baik yang sudah menjadi ibu maupun calon ibu, ada cara untuk memaksimalkan otak anak. Perkembangan otak anak dimulai dari janin dalam kandungan. Pasti bunda akan melakukan berbagai macam cara agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara sehat dan cerdas. Selain memberikan makanan yang bergizi tinggi, pemberian stimulus-stimulus juga sangat mempengaruhi perkembangan otak anak.
http://3.bp.blogspot.com/-uRurgKcGGkY/VTFHCb8kgQI/AAAAAAAAPNs/LS1ApXvkF3o/s1600/bayi.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-uRurgKcGGkY/VTFHCb8kgQI/AAAAAAAAPNs/LS1ApXvkF3o/s72-c/bayi.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2015/04/7-tips-jitu-untuk-mencerdaskan-otak-anak.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2015/04/7-tips-jitu-untuk-mencerdaskan-otak-anak.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy