19 Sep 2012

Penyebab Nyeri Disertai Rasa Sakit

Mengenal nyeri disertai rasa sakit dan cara mengatasinya. Mungkin, keluhan ini sedang menyiksa Anda. Itu berupa rasa sakit akibat tekanan yang dilakukan berulang-ulang atau gangguan trauma yang telah menumuk. Untuk mengetahui cara mengatasinya silahkan simak ulasan berikut.

Juli duduk menangis di kursinya dan memutar-mutarkan tangannya sambil berkata: “Saya merasakan sakit siang dan malam di kedua lengan saya. Sakit sekali sampai-sampai saya tidak bisa memutar kenop pintu atau membuka tutup botol! Saya takut akan kehilangan pekerjaan dan menjadi cacat sepanjang hidup saya.”

Juli bekerja di kantor pengacara. Setiap hari selama 6 jam dia duduk menghadapi sebuah alat pengolah kata. Dia mengetik dengen kecepatan penuh agar dapat menyelesaikan pekerjaannya dengne cepat dan baik. Tangannya terus bergerak cepat, berulang-ulang dan sepanjang hari. Dia hampir tidak pernah beristirahat selama bekerja.

Sekarang otot-otot, urat-urat dan syaraf lengan dan tangannya menjadi rusak parah. Dia mengeluh sakit pada leher, bahu, dan juga punggungnya. Semua keadaaan itu membuatnya cepat marah, depresi dan putus asa akan masa depannya.

Juli hanya merupakan salah satu contoh dari sekian banyak orang yang menderita repetitive stress injury (RSI) atau rasa sakit akibat tekanan yang dilakukan berulang-ulang. Kadang, gangguan ini tersebut juga cumulative trauma disorder (CTD) atau gangguan trauma yang telah menumpuk.

Mereka datang dari berbagai jenis profesi. Itu mulai dari seniman panggung, operator komputre, penata kecantikan, tukang daging, tukang jahit, pekerja jalur perakitan, dan sebagainya. Semua hasil karyanya tergantung pada bagimana mereka melakukannya dengan baik. Itu dilakukan dengan gerakan tangan yang berkoordinasi berupa gerakan yang sama terus-menerus dengan kesempatan beristirahat.

Nyeri Akibat Otot Memendek dan Kejang
Gerakan apapun yang Anda lakukan terus menerus, terlebih lagi jika otot urat, serta persendian mendapat tekanan, maka hal itu akan dapat menimbulkan rasa sakit. Juli menyakiti dirinya sendiri dengan meletakkan kedua pergelangan tangannya di atas meja sewaktu dia mengetik.

Seharusnya, ia mengangkat pergelangan tangannya lurus-lurus. Pembengkokan pada pergelangan tangannya memaksa urat –urat yang menggerakkan jari-jarinya tetap melengkung. Sehingga, itu membuat otot-otot bekerja lebih keras dan meningkatkan gesekan pada urat-urat sewaktu jadi-jarinya meluncur ke belakang dan ke depan.

Akibatnya, otot-otot Juli mulai memendek dan kejang. Bahkan lebih parah lagi, urat pergelangan tangannya membengkak menekan syaraf yang mempunyai peranan penting dalam menggerakkan ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah pada tanngannya. Dia mulai mengalami mati rasa dan gemetar pada jari-jari tersebut. Dirinya selalu terbangun di tengah malam. Dalam istilah umum RSI, hal tersebut dikenal sebagai carpal tunnel sindrom.

Adapun, gejala-gejala awal RSI adalah nyeri otot sewaktu bekerja. Anda akan merasa sakit hanya sewaktu bekerja dan mengerjakan tugas-tugas rutin itu. Apabila Anda merasakan nyeri selama bekerja, itu tandanya penyakit Anda semakin memburuk.

Tugas-tugas rutin pun menjadi lebih sulit apabila menggunakan otot-otot yang sama. Contohnya, jika Anda seorang operator komputer, pemotong roti, pembuka pintu atau pemasang kacing, maka Anda akan mengalami kesulitan dalam melakukannya.

Selanjutnya, Anda mungkin mengalami perasaan-perasaan aneh dalam bagian-bagian tubuh yang Anda gunakan terus menerus dalam mengerjakan tugas. Juli mulai mengeluh rasa sakit seperti ditusuk-tusuk pada jari-jarinya dan secara perlahan mengalami mati rasa. Gejala-gejala seperti ii adlah tanda-tanda rusaknya syaraf dan biasanya menandakan bahwa rasa nyeri itu akan bertambah seius dibandingkan hanya rasa sakit pada otot dan persendian.

Pengobatan Rusak Syaraf.
Banyak pasien dapat sembuh kembai walaupun sebelumnya cedera yang mereka derita telah sangat parah. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

Penilaian medis yang tepat. Tanyakan kepada dokter langganan agar bisa mengirimkan Anda kepada dokter ahli yang dapat menolong keluhan Anda.

Istirahatkan. Memang, kita akan merinding sewaktu melihat seseorang menibas-ibaskan dengan keras dan memeras-meras tangan-tangan mereka yang nyeri. Cobalah untuk membaringkan telapak tangan menghadap ke atas di pangkuan sewaktu Anda tidak menggunakannya. Cara ini dapat mengistirahatkan dan mencegah parahnya kerusakan otot dan syaraf.

Pelatihan kembali. Ini adalah dasar dari pengobatan dan Anda tidak perlu mengganti pekerjaan. Tetapi, itu hanya belajar kembali bagaimana melakukan pekerjaan dengan cara yang berbeda. Juli adalah salah satu dari banyak contoh. Setelah mengetahui bahwa selama ini dirinya keliru dalam teknik mengetik, keluhan Juli pun secara berangsur hilang.

Itulah kuncinya. Cacat yang permanen hampir selalu dapat dihindari dengen mencegah rasa sakit sejak dini. Itu harus langsung pada tempat pertama rasa nyeri timbul atau sewaktu rasa sakit mulai dirasakan. Dengan menanggulanginya segera, maka keluhan atau cacat seumur hidup itu tidak perlu terjadi.

Itu tak lain berubah mengubah cara kerja, dapat juga diikuti pijatan, latihan-latihan dan mengompresnya dengan es. Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari pembedahan.

Cara Mencegah Repetitive Stress Injury RSI
Perhatikanlah tempat kerja Anda dan buatlah penyesuaian seperti ini. Usahakan agar kaki Anda dapat beristirahat dengan nyaman di atas lantai atau Anda dapat gunakan bangku kecil untuk penyandar kaki agar mengurangi ketegangan pada punggung bagian bawah. Ini bermanfaat bagi mereka yang selalu duduk di belakang meja.

Sesuaikan tinggi meja Anda sehingga siku-siku dan pergelangan tangan dapat sejajar sewaktu bekerja. Atur kembali alat-alat kerja sehingga Anda tidak memaksa tubuh dalam menggunakannya.

Periksa sumber sinar dan pandangan mata Anda. Jika pekerjaan Anda menghendakinya, buatlah kombinasi beberapa lensa sehingga Anda dapat melihat dua jarak yang berbeda dengan sekali pandang dengan baik tanpa menjalurkan leher Anda.

Penulis : Hrm

Artikel Terkait Tips Kesehatan

0 Komentar: