Mengatasi Kolesterol Berlebihan Dalam Tubuh

SHARE:

Mendengar kata kolesterol, orang pasti menghubung-hubungkannya dengan penyakit-penyakit gawat. Dan, telah menjadi momok yang cukup menakutkan. Benarkah demikian?

Kolesterol merupakan zat esensial sejenis lemak yang berfungsi sebagai pembentuk hormon, asam empedu, membran atau kulit sel dan untuk mentralisir racun-racun di dalam tubuh. Dengan kata lain, kolesterol itu tetap dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja jika kadarnya melebihi standar normal akan menjadi pencetus timbulnya penyakit jantung, stroke dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Itulah sebabnya mengapa kolesterol dalam beberapa dekade terakhir ini menjadi isu yang cukup populer dalam bidang kesehatan. Terutama karena insidensnya yang terus meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup.

Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kewaspadaan terhadap kolesterol sudah harus diperketat. Pada dasarnya, kolesterol terbagi atas tiga golongan. Terutama HDL (High Density Lipoprotein), LDL (Low Density Lipoprotein) dan VLDL (Very Low Density Lipoprotein) dan sumbernya adalah dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Seperti daging, kuning telur dan produk-produk susu. Selain itu, tubuh sendiri pun membentuk kolesterol, yakni di dalam hati yang jumlahnya sekitar 150 mg per 100 ml darah.

Kolesterol LDL dikenal sebagai "kolesterol jahat" karena mengandung lemak jenuh yang banyak terdapat dalam makanan-makanan yang berasal dari hewani yang sangat aterogenik. Sedangkan HDL adalah kolesterol baik karena peranannya mengikis pembentukan plak aterosklerosis.

Kolesterol yang berlebihan dalam darah terutama kolesterol LDL menyebabkan timbunan lemak atau plak pada di dinding pembuluh darah nadi yang menyebabkan pembuluh darah akan mengeras atau dikenal dengan ateroklerosis. Apabila jumlah kolesterol tidak terkontrol, dapat dipastikan bahwa terjadi penggumpalan pada dinding di dalam pembuluh darah. Akibatnya, perlahan namun pasti, pembuluh darah menyempit dan terjadilah serangan jantung koroner atau stroke.

Tingkat Kolesterol Berbeda Satu Dengan Yang Lain, Menurut Usia & Jenis Kelaminnya

Mengatasi Kolesterol Berlebihan Dalam Tubuh
Secara umum, risiko penyakit pembuluh darah akan meningkat bila kadar kolesterol sudah melebihi 200 miligram per desiliter (mg/dl) serum darah dan tingkat kolesterol yang aman adalah di bawah 200 mg/dl.

Pakar-pakar kesehatan menyarankan untuk melakukan pengukuran total kolesterol bagi mereka yang sudah memasuki 38 tahun. Ini sangat berguna untuk menentukan ada tidaknya risiko terhadap kemungkinan penyakit pembuluh darah. Selain itu, trigliserida perlu diukur.

Baca Juga : Pola Makan Ideal Sesuai Dengan Usia

Apabila hasil pengukuran trigliserida menunjukkan di atas 250 mg/dl. Ini berarti Anda termasuk mempunyai risiko tinggi, terutama bila kadar kolesterolnya juga tinggi.

Jika Anda ingin tetap hidup sehat, maka sudah seharusnya langkah-langkah pencegahan dilakukan. Antara lain berhenti merokok, olah raga secara teratur, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, serta hindari makan makanan berlemak terutama yang mengandung lemak jenuh merupakan cara yang paling baik untuk menjaga tingkat kolesterol Anda.

Dalam hal pengobatannya, apabila setelah dalam kurun waktu tertentu (biasanya 3 bulan) diet rendah kolesterol yang direkomendasikan kurang menunjukkan hasil, maka para dokter akan menyertanya dengan obat-obatan. Salah satu obat penurun kolesterol yang direkomendasikan para pakar kesehatan di dunia, termasuk di Indonesia adalah Pravastatin.

Studi dan penelitian pada lembaga-lembaga penelitian obat-obatan maupun rumah sakit di berbagai tempat di dunia menunjukkan bahwa pravastatin yang dikenal dengan merek dagang PRAVACHOL menunjukan efektivitas yang tinggi dalam menurunkan kadar kolesterol.

Dr. James Shepherd, penyelidik utama dari studi West of Scotland (WOS) berkeyakinan bahwa pravastatin menurunkan risiko penyakit jantung dan kematian tidak hanya pada mereka yang mempunyai penyakit jantung, tetapi juga di antara mereka yang mempunyai risiko tinggi terkena serangan jantung pertama.

Studi West of Scotland adalah merupakan tonggak sejarah di bidang penelitian kolesterol, karena melibatkan 6595 pasien laki-laki yang belum pernah mengalami serangan jantung. Suatu usaha pencegahan primer dengan jumlah pasien yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Studi WOS ini baru saja dipresentasikan. Pada pertemuan tahunan ahli jantung Amerika tanggal 15 Nopember 1995. Dari studi ini didapat hasil yang menakjubkan, bahwa dibanding plasebo/kontrol, dari 22% pasien yang diperkirakan meninggal karena penyakit jantung, terselamatkan.

Hal penting lainnya adalah 31% pasien yang diperkirakan akan mendapat serangan infrak miokard, ternyata terlindungi. "Hasil ini sangat berbeda dengan penelitian lainnya. Manifestasi klinis sudah didapat pada 6 bulan setelah pravastatin diberikan," ujar Prof. Shepherd.

Baca Juga : Manfaat Ubi Cilembu Untuk Menurunkan Berat Badan

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Mengatasi Kolesterol Berlebihan Dalam Tubuh
Mengatasi Kolesterol Berlebihan Dalam Tubuh
Kolesterol merupakan zat esensial sejenis lemak yang berfungsi sebagai pembentuk hormon, asam empedu, membran atau kulit sel dan untuk mentralisir racun-racun di dalam tubuh. Dengan kata lain, kolesterol itu tetap dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja jika kadarnya melebihi standar normal akan menjadi pencetus timbulnya penyakit jantung, stroke dan penyakit-penyalit berbahaya lainnya.
http://2.bp.blogspot.com/-0T7_keGc68Q/VMzOpRSOprI/AAAAAAAAN9I/6QbbSvvTmIE/s1600/makanan.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-0T7_keGc68Q/VMzOpRSOprI/AAAAAAAAN9I/6QbbSvvTmIE/s72-c/makanan.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2009/08/mengatasi-kolesterol-berlebihan-dalam.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2009/08/mengatasi-kolesterol-berlebihan-dalam.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy