21 Agt 2009

Mengatasi Bercak Putih Pada Wajah atau Kulit

Banyak hal yang bisa memicu adanya bercak putih pada wajah atau kulit. Jika diakibatkan karena sinar matahari, penyembuhannya juga harus dengan sinar matahari.

Bercak putih, orang awam menyebutnya akibat dijilat matahari. Tapi orang kesehatan mengenalnya dengan istilah pityriasis alba. Pityriasis artinya kelainan kulit yang tampak bersisik halus dan alba diartikan putih. Secara keseluruhan, maknanya kelainan bersisik halus yang berwarna putih.

Namun, jangan sampai keliru menyamakannya dengan panu, walaupun memang mirip. Tapi pityriasis versicolor atau panu tetap berbeda. Perbedaan keduanya bisa dilihat dan pengaruh jatuhnya keringat di bercak tersebut.

"Keringat jika jatuh pada panu akan menyebabkan rasa gatal, pada kulit yang dijilat matahari. Walau secara makroskopik memiliki kesamaan, bercak putih bersisik halus. Melalui mikroskop dapat dibedakan. Pada panu terlihat benang jamur dan spora, sementara pada pityriasis alba tidak tampak," ujar dr. H. Moh. Usman Atmaprawira, spesialis kulit dan kelamin dari RS Ongko Mulyo Jakarta.

Pengobatan Bercak Putih
Menghilangnya pigmen yang menimbulkan bercak putih bisa karena beberapa hal. Antara lain merupakan hasil reaksi antara sinar matahari dan air atau keringat. Dalam menelusuri prosesnya, kembali ke hukum ilmu pengetahuan alam. Sinar matahari akan dibiaskan menjadi merah, jingga, kuning, lembayung, infra merah, dan ultra violet.

Sinar ultra violet ini bisa menghilangkan pigmen hitam, menimbulkan bercak putih pada kulit. Uniknya, pengobatan bercak putih justru harus dengan sinar matahari. Si penderita perlu berjemur bermandi sinar matahari. Namun demikian, selama berjemur kulit harus dijaga tidak basah oleh keringat atau terkena tetesan air. Mesti segera dilap. Pemberian salep yang digosokkan setelah mandi pagi juga akan sangat membantu proses penyembuhan. Siangnya penderita tetap harus terkena sinar matahari.

"Reaksi salep dan sinar matahari itu akan mendatangkan repigmentasi. Penyembuhan bisa juga dengan lampu yang mengandung sinar ultra violet, tapi sinar matahari paling murah," ujar dokter yang senang berbusana serba putih ini.

Vitiligo, juga penyebab lain terjadinya bercak putih. Vitiligo diakibatkan penyakit sistemik. Seperti penyakit kelenjar gondok, kelenjar anak ginjal, dan kencing manis bisa menimbulkan kelainan pigmentasi pada kulit. Hilangnya pigmen inilah yang menimbulkan bercak putih.

"Lima puluh persen penyebab dari vitiligo masih belum dapat diketahui dengan jelas. Karena itu, penyembuhan bercak putih karena vitiligo agak susah. Untuk mengatasinya, terlebih dahulu harus diobati penyakit asalnya. Dan faktor keturunan termasuk berperan memicu adanya vitiligo.

Pengobatan bercak putih pada mereka yang diakibatkan vitiligo juga mempunyai seni tersendiri. Jika mengoleskan salep, tidak boleh terlalu lama karena bisa menyebabkan kulit melepuh. Atau jika minum tablet, harus dua jam sebelum berjemur. "Tapi tablet bisa merusak fungsi hati. Karena itu fungsi hati harus selalu dimonitor," tambah ayah tiga anak ini.

Penyebab Lain
Zat kimia juga bisa menimbulkan bercak berwarna putih pada kulit. Lihat saja para karyawan perkebunan karet. Kulitnya diwarnai bercak putih lantaran berkecimpung dengan zat kimia yang bersifat asam maupun basa.

Kosmetika pun potensial mengakibatkan timbulnya bercak putih. Misalnya penggunaan hand body lotion. Usman menemukan kasus diartikan juga menjelaskan pada pasiennya, akibat penggunaan zat kimia pada kosmetika. "Akibatnya, bukan hanya bercak putih tapi ada juga bercak coklat yang jelek sekali."

Faktor makanan belum bisa dipastikan sebagai pencetus adanya bercak putih. Tapi yang jelas, pada kulit penderita malnutrisi bisa pula ditemukan bercak putih ini. Seperti diketahui, sebaiknya makanan yang dikonsumsi terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Salah satu protein yang dibutuhkan tubuh namanya asam amino. Dan salah satu asam amino itu adalah tyrosine. Pigmen terjadi karena asam amino esensial atau tyrosine dirubah oleh enzim tyrosinase secara bertahap hingga akhirnya terjadi melanin (pigmen kulit).

"Pada anak yang malnutrisi, tyrosinenya tidak ada atau sedikit, maka pigmennya pun sedikit. Terjadilah bercak putih," tambah dokter lulusan UI ini.

Faktor usia pun jelas mempengaruhi probahilitas kehadiran bercak putih. Semakin tua seseorang, aktivitas pigmen lebih mudah terganggu. Dengan sendirinya lebih mudah muncul bercak putih pada kulit. Tapi jika dilihat dari jenis darah, mereka dari ras Negroid lebih kecil kemungkinan menderita bercak putih dibanding mereka yang berdarah kauka-soid.

Bercak putih juga bisa timbul akibat bekas peradangan kulit atau inflamasi. Efek samping sebuah salep pun mengundang kemungkinan munculnya bercak berwarna putih. "Pada bayi juga terkadang ada bercak. Ini pembawaan dari lahir, warnanya bisa putih, coklat, atau kebiruan,"

Cara Menghindari Becak Putih Pada Kulit
Mengatasi bercak putih ,sebenarnya mudah saja, namun harus lebih dahulu diketahui penyebabnya. Jika tyrosine dalam tubuh sedikit, peningkatan memakanan sangat penting. Pityriasis alba juga bisa diberantas dengan sinar matahari. Perlu diketahui, terapi semacam kulit tak boleh terkena air maupun keringat. Seperti perenang, untuk sementara jangan menyebur ke kolam renang. Walau bercak putih ini tidak berbahaya bagi penderita, tapi dari segi estetis sangat mengganggu. Apalagi bercak putih itu ada wajah.

Karena itu dianjurkan, jika bercak-bercak meluas konsultasi pada dokter yang ahli. Bercak putih juga bisa dihilangkan dengan akukpuntur. Khusus bercak putih yang bukan vitiligo, bisa sembuh dalam kurang lebih dua minggu. Sementara penyembuhan vitiligo akan memakan waktu lama. Selain itu, bisa kambuh lagi. Bercak akibat zat kimia pun mudah penyebabnya, yaitu dengan tidak melakukan kontak lagi dengan zat tersebut.

Dr. H. Moh. Usman Atmaprawira

Artikel Terkait Tips Kesehatan

13 Komentar Blogger

Anda Bisa Berkomentar menggunakan Akun Facebook

Silahkan Berkomentar

  1. halo dok, saya punya penyakit dengan bercak putih.
    pertama saya menyadari ada bercak putih sebesar koin Rp.100 (logam) di pipi saya.
    saya konsul ke dokter Sp.KK , saya bilang hanya ada di pipi saja.
    dia mendiagnosa kalo saya terkena Morbus Hansen.
    setelah itu saya melakukan Biopsi jaringan di RS.Cipto. ternyata hasilnya Ptrialis alba .
    lalu sang dokter memberikan saya salep dan anti biotik. dia bilang bercak putih tersebut bisa hilang dan menyerupai warna kulit saya yg coklat ini.

    sudah sekian bulan saya menggunakan salep tersebut, saya tidak merasakan perubahan apa2.
    saya resah dan coba mencari tau apa itu ptrialis alba dan Morbus hansen .
    dan saya semakin takut setelah mengetahuinya.
    saya liat disekujur badan saya.
    saya menemukan bercak putih lain, yakni pada selangkangan saya..
    dua bercak putih di kanan dan kiri (maaf) dan menyatu dengan kantung kemih.
    ukurannya kurang lebih sama dengan yang ada di pipi.

    setelah itu saya menemukannya (lagi) di kaki saya sebelah kiri. namun kecil.
    di tangan juga ada...namun kecil.

    semua bercak putih yg ada di tubuh saya tidak ada rasa sakit atau gatal.
    khusus yang ada di pipi, sdikit baal.


    saya ingin tau, apakah saya menderita ptrialis alba atau morbus hansen, atau mungkin keduanya secara bersamaan?

    saya ingin menikah dok, mohon jawabannya. saya tidak ingin calon istri saya tertular dengan penyakit saya nanti.

    oya, dulu umur 16 sampai 7, saya pemain sepak bola. sering terkena matahari.
    stelah itu saya berhenti dan bekerja di RS bag Lab ruangan ber AC saat berumur 17 sampai sekarang (20th).
    saya tidak pernah mendapatkan jawaban pasti dari dokter2 di RS tempat saya bekerja.
    saya hanya ingin mencoba bagaimana menghindari penyakit saya tertular (takutnya MH) ke orang lain, dan bagaimana mengobatinya.

    Terima kasih,
    BB: 53kg Tinggi : 166, badan kurus, namun berotot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya saya mohon maaf, kalau saya bukan dokter, saya hanya berbagi informasi saja, untuk masalah bercak putihnya, saya sarankan untuk mencoba memeriksakan ke dokter ahli kulit, terima kasih

      Hapus
  2. saya bisa kasih saran beberapa produk yang bagus dikonsumsi untuk menghilangkan bercak putih di kulit. email saya kalau berminat di izharrrr@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Saya juga mengalami penyakit bercak putih di tubuh di leher cuman kecil2 merupai dua bulatan membesar dan kedua nya akhir menyatu. . .
    Dan di ikuti tumbuh yang baru. .
    Kadang2 gatal. .

    Apa sich vaksin penyembuhan nya nama obat nya yang bisa di beli di apotik. . ??
    Atau tradisonal. ??

    Mohon di jawab solusi nya..'
    trimakasih. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf karena tidak bisa menjawab secara pasti, karena bercak putih pada kulit juga bermacam-macam, saran saya, cobalah untuk memeriksakannya ke dokter ahli kulit.

      Hapus
  4. ada gak obatnya, karena adanya putih-putih pada wajah saya jadi kurang percaya diri :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung dari bercak putihnya, coba diperiksakan dulu ke dokter ahli kulit, biar lebih jelas jenis bercak putihnya dan bisa ditangani dengan benar.

      Hapus
  5. Apa berjemur dengan sinar matahari, akan mengobati bercak putih pada wajah. ??

    Mohon balesannya..
    Terimakasih sebelumnya..:-)

    BalasHapus
  6. Ada cara pengobatannya juga, thanks banget :)

    BalasHapus
  7. kalau obat untuk menghilangkan buras itu apa ?

    BalasHapus
  8. Sya ibu rumah tangga yg memiliki anak laki2 berumur 7 thn,dan dia mengalami gejala yg sama yaitu bercak putih tpi hanya dikaki saja,dan melihat dri informasi bapak sya ykin bercak putih yg dikaki anak sya akibat sinar matahri,dan bbrp waktu lalu sdh sy bwa kedokter trus diksih salep,tpi tetap tdk hilang jga.yg mau sy tnyakan apa itu berbhya jika dibiarkan dan bahkan bisa menyebar kesluruh tubuh,atau akan hilang dngn sndirinya.trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bahaya sih tidak, namun lebih diketahui secara pasti penyebabnya dan di cari solusinya. Kalau hanya berdiskusi melalui internet rasanya masih kurang, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter ahli kulit :)

      Hapus
  9. kalo bercak putihnya selain disembuhin berjemur dimatahari ?? apa lagi tips nya??

    BalasHapus