Mengatasi Bercak Putih Pada Wajah Atau Kulit

SHARE:



Banyak hal yang bisa memicu adanya bercak putih pada wajah atau kulit. Jika diakibatkan karena sinar matahari, penyembuhannya juga harus dengan sinar matahari.

Bercak putih, orang awam menyebutnya akibat dijilat matahari. Tapi orang kesehatan mengenalnya dengan istilah pityriasis alba. Pityriasis artinya kelainan kulit yang tampak bersisik halus dan alba diartikan putih. Secara keseluruhan, maknanya kelainan bersisik halus yang berwarna putih.

Namun, jangan sampai keliru menyamakannya dengan panu, walaupun memang mirip. Tapi pityriasis versicolor atau panu tetap berbeda. Perbedaan keduanya bisa dilihat dan pengaruh jatuhnya keringat di bercak tersebut.

"Keringat jika jatuh pada panu akan menyebabkan rasa gatal, pada kulit yang dijilat matahari. Walau secara makroskopik memiliki kesamaan, bercak putih bersisik halus. Melalui mikroskop dapat dibedakan. Pada panu terlihat benang jamur dan spora, sementara pada pityriasis alba tidak tampak," ujar dr. H. Moh. Usman Atmaprawira, spesialis kulit dan kelamin dari RS Ongko Mulyo Jakarta.

Pengobatan Bercak Putih

Mengatasi Bercak Putih Pada Wajah atau Kulit
Menghilangnya pigmen yang menimbulkan bercak putih bisa karena beberapa hal. Antara lain merupakan hasil reaksi antara sinar matahari dan air atau keringat. Dalam menelusuri prosesnya, kembali ke hukum ilmu pengetahuan alam. Sinar matahari akan dibiaskan menjadi merah, jingga, kuning, lembayung, infra merah, dan ultra violet.

Sinar ultra violet ini bisa menghilangkan pigmen hitam, menimbulkan bercak putih pada kulit. Uniknya, pengobatan bercak putih justru harus dengan sinar matahari. Si penderita perlu berjemur bermandi sinar matahari. Namun demikian, selama berjemur kulit harus dijaga tidak basah oleh keringat atau terkena tetesan air. Mesti segera dilap. Pemberian salep yang digosokkan setelah mandi pagi juga akan sangat membantu proses penyembuhan. Siangnya penderita tetap harus terkena sinar matahari.

"Reaksi salep dan sinar matahari itu akan mendatangkan repigmentasi. Penyembuhan bisa juga dengan lampu yang mengandung sinar ultra violet, tapi sinar matahari paling murah," ujar dokter yang senang berbusana serba putih ini.

Baca Juga : 10 Cara Sederhana Untuk Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Vitiligo, juga penyebab lain terjadinya bercak putih. Vitiligo diakibatkan penyakit sistemik. Seperti penyakit kelenjar gondok, kelenjar anak ginjal, dan kencing manis bisa menimbulkan kelainan pigmentasi pada kulit. Hilangnya pigmen inilah yang menimbulkan bercak putih.

"Lima puluh persen penyebab dari vitiligo masih belum dapat diketahui dengan jelas. Karena itu, penyembuhan bercak putih karena vitiligo agak susah. Untuk mengatasinya, terlebih dahulu harus diobati penyakit asalnya. Dan faktor keturunan termasuk berperan memicu adanya vitiligo.

Pengobatan bercak putih pada mereka yang diakibatkan vitiligo juga mempunyai seni tersendiri. Jika mengoleskan salep, tidak boleh terlalu lama karena bisa menyebabkan kulit melepuh. Atau jika minum tablet, harus dua jam sebelum berjemur. "Tapi tablet bisa merusak fungsi hati. Karena itu fungsi hati harus selalu dimonitor," tambah ayah tiga anak ini.

Penyebab Lain

Zat kimia juga bisa menimbulkan bercak berwarna putih pada kulit. Lihat saja para karyawan perkebunan karet. Kulitnya diwarnai bercak putih lantaran berkecimpung dengan zat kimia yang bersifat asam maupun basa.

Kosmetika pun potensial mengakibatkan timbulnya bercak putih. Misalnya penggunaan hand body lotion. Usman menemukan kasus diartikan juga menjelaskan pada pasiennya, akibat penggunaan zat kimia pada kosmetika. "Akibatnya, bukan hanya bercak putih tapi ada juga bercak coklat yang jelek sekali."

Faktor makanan belum bisa dipastikan sebagai pencetus adanya bercak putih. Tapi yang jelas, pada kulit penderita malnutrisi bisa pula ditemukan bercak putih ini. Seperti diketahui, sebaiknya makanan yang dikonsumsi terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Salah satu protein yang dibutuhkan tubuh namanya asam amino. Dan salah satu asam amino itu adalah tyrosine. Pigmen terjadi karena asam amino esensial atau tyrosine dirubah oleh enzim tyrosinase secara bertahap hingga akhirnya terjadi melanin (pigmen kulit).

"Pada anak yang malnutrisi, tyrosinenya tidak ada atau sedikit, maka pigmennya pun sedikit. Terjadilah bercak putih," tambah dokter lulusan UI ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi & Mencegah Kulit Keriput

Faktor usia pun jelas mempengaruhi probahilitas kehadiran bercak putih. Semakin tua seseorang, aktivitas pigmen lebih mudah terganggu. Dengan sendirinya lebih mudah muncul bercak putih pada kulit. Tapi jika dilihat dari jenis darah, mereka dari ras Negroid lebih kecil kemungkinan menderita bercak putih dibanding mereka yang berdarah kauka-soid.

Bercak putih juga bisa timbul akibat bekas peradangan kulit atau inflamasi. Efek samping sebuah salep pun mengundang kemungkinan munculnya bercak berwarna putih. "Pada bayi juga terkadang ada bercak. Ini pembawaan dari lahir, warnanya bisa putih, coklat, atau kebiruan,"

Cara Menghindari Becak Putih Pada Kulit

Mengatasi bercak putih ,sebenarnya mudah saja, namun harus lebih dahulu diketahui penyebabnya. Jika tyrosine dalam tubuh sedikit, peningkatan memakanan sangat penting. Pityriasis alba juga bisa diberantas dengan sinar matahari. Perlu diketahui, terapi semacam kulit tak boleh terkena air maupun keringat. Seperti perenang, untuk sementara jangan menyebur ke kolam renang. Walau bercak putih ini tidak berbahaya bagi penderita, tapi dari segi estetis sangat mengganggu. Apalagi bercak putih itu ada wajah.

Baca Juga : 9 Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Karena itu dianjurkan, jika bercak-bercak meluas konsultasi pada dokter yang ahli. Bercak putih juga bisa dihilangkan dengan akukpuntur. Khusus bercak putih yang bukan vitiligo, bisa sembuh dalam kurang lebih dua minggu. Sementara penyembuhan vitiligo akan memakan waktu lama. Selain itu, bisa kambuh lagi. Bercak akibat zat kimia pun mudah penyebabnya, yaitu dengan tidak melakukan kontak lagi dengan zat tersebut.

Penulis : Dr. H. Moh. Usman Atmaprawira

COMMENTS

BLOGGER: 19
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Mengatasi Bercak Putih Pada Wajah Atau Kulit
Mengatasi Bercak Putih Pada Wajah Atau Kulit
Bercak putih, orang awam menyebutnya akibat dijilat matahari. Tapi orang kesehatan mengenalnya dengan istilah pityriasis alba. Pityriasis artinya kelainan kulit yang tampak bersisik halus dan alba diartikan putih. Secara keseluruhan, maknanya kelainan bersisik halus yang berwarna putih.
https://1.bp.blogspot.com/-bCgOZO2wPu8/VD9sYyieyQI/AAAAAAAAMNk/xjfuSsw1Aig/s1600/Wajah.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bCgOZO2wPu8/VD9sYyieyQI/AAAAAAAAMNk/xjfuSsw1Aig/s72-c/Wajah.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2009/08/mengatasi-bercak-putih-pada-wajah-atau.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2009/08/mengatasi-bercak-putih-pada-wajah-atau.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy