Minggu, 19 Juli 2009

Melangsingkan Tubuh Dengan Bahan Alami

Masyarakat tradisional Indonesia sebenarnya sudah banyak yang bisa membuat resep yang ampuh untuk melangsingkan tubuh. Tak ada salahnya untuk di coba namun harus di perhatikan benar-benar kadar dosis yang ada di dalam jamu tersebut dan apakah anda alergi terhadap bahan tersebut atau tidak.

Di pasaran sudah tersedia berbagai bahan, bahkan untuk membuat jamu pelangsing biasanya jamu yang sudah jadi, untuk melangsingkan tubuh adalah jamu `galian', yang bahan-bahannya mengandung tanaman yang berkhasiat mengoreksi profil lemak tidak normal (obesitas) di dalam tubuh. Terutama gliserida yang bertanggung jawab atas kegemukan.

Bahan Utama Untuk Melangsingkan Tubuh
Biasanya jamu tersebut diberi nama galian singset atau galian putri. Dalam satu racikan jamu tidak hanya mengandung tanaman yang berkhasiat melangsingkan tapi juga tanaman yang berkhasiat mengantisipasi kemungkinan terjadi efek samping pemakain jamu tersebut.

Di antara sejumlah tanaman yang berkhasiat untuk melangsingkan, jati belanda clan temu lawak selalu ada dalam setiap racikan jamu pelangsing.

Jati Belanda (Guazuma ulmifolia)
Bahan ini berfungsi meluruhkan gliserida, membuang lemak dari dalam tubuh. Jangan heran jika urine Anda akan sedikit berminyak. Temulawak (Curcuma xanthorhizza) berfungsi sebagai anti radang dan anti keracunan empedu (biasanya akibat diet atau efek samping jamu).

Racikan Jamu Pelangsing Sampingan
Daun Kemuning (Murraya paniculata)
Bahan ini berfungsi mempertahankan sel tubuh agar tidak terganggu oleh lemak.

Temu pepet atau biasa disebut kunyit putih (Kaempferia rotunda)
Bahan ini sejenis jahe-jahean yang berasal dari Cina dan sudah digunakan ratusan tahun yang lalu. Bunga dan akamya digunakan untuk menyembuhkan luka dan tulang patah. Dalam jamu pelangsing, berfungsi untuk mengantisipasi jika terjadi iritasi dalam tubuh akibat ketajaman salah satu tanaman yang diracik.

Daun Meniran (Phylanthus urinaria)
Bahan ini mengandung kalium yang sangat pekat yang berkhasiat melancarkan urine dan melarutkan garam dalam ginjal. Urine tidak lancar bisa akibat diet ketat atau minum jamu pelangsing.

Daun Pinang (Areca catechu)
Daun ini berkhasiat untuk tidak nafsu makan, menyembuhkan penyakit dan mengatasi kholik (sakit perut)

Kunyit (Curcuma domestica)
Bahan ini Dikenal sebagai jamu untuk menambah nafsu makan tapi dalam jamu pelangsing digunakan sebagai antibiotik untuk mengantipasi luka lambung atau usus akibat iritasi dari bahan jamu lainnya.

Masih banyak lagi jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan jamu pelangsing tapi fungsinya tidak banyak dan bisa dihilangkan. Membuat sendiri jamu pelangsing memang lebih baik dan lebih sehat, tapi keterbatasan pengadaan bahan menyebabkan orang malas meracik sendiri.

Disetujui Depkes
Jika Anda ingin menggunakan jamu pelangsing siap minum, teliti dulu bahan kandungan yang ditulis pada kemasannya. Pilihlah kemasan jamu yang mencantumkan bahan-bahan lebih dari 4 macam dan sudah disetujui oleh Depkes. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Biasanya jika tidak tahan minum jamu akan segera timbul reaksi tubuh, misalnya mual-mual, kembung, buang air kecil terus-menerus sampai menstruasi terhenti. Sering tertulis di situ dan lain-lain. `Dan lain-lain' inilah yang sering kita tidak tahu apa saja.

Hingga sekarang penelitian terhadap jamu-jamu tradisional yang beredar di pasaran belum lengkap. Dalam arti belum bisa dikatakan bahwa suatu jamu pelangsing merek tertentu seratus persen aman, karena standarisasi belum dilakukan sepenuhnya.

Bagaimana pun juga minum jamu pelangsing saja tidak cukup. Bahkan jika terlalu banyak akan mengakibatkan efek samping yang sangat tidak enak. Disamping minum jamu, imbangilah dengan olahraga dan pola makan sehat. Anda tidak perlu diet, hanya mengurangi porsi saja. Misalnya biasa makan daging tiga kali sehari, dikurangi menjadi sehari sekali. Sisanya perbanyak sayuran dan buah. Olahraga dibutuhkan untuk menyeimbangkan tubuh Anda yang mungkin menjadi lemas karena minum jamu (ada yang efeknya buang air kecil atau berkeringat terus menerus) agar tetap bugar dan sehat.

Selama tidak ada larangan mengkonsumsi jamu pelangsing tradisional, selama itu pula Anda bebas memilih merek jamu yang akan dikonsumsi. Dan konsultasikan dengan Dokter gizi Anda.

Tips Melangsingkan Tubuh
Bahan-bahan untuk membuat jamu pelangsing bisa dibeli di pasar-pasar tradisional. Sesekali Anda dapat menemui temu giring, temu hitam, temu mangga atau temu lawak dalam bentuk rimpan di pasar swalayan. Anda dapat pula mencarinya di pusat-pusat pembumidayaan tanaman obat.

Penulis : Asmara

Anda juga bisa membaca Manfaat Ubi Cilembu Untuk Menurunkan Berat Badan
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. Nice info sobat lbh baik yang alami kayak gini daripada pakai obat-obatan banyak efek sampingnya xixixi...:-)

    Btw bisa buat referensi istri gue nich wekekek...^-^

    BalasHapus