Fakta Obesitas Yang Perlu Anda Ketahui

SHARE:



Mungkin beberapa orang memandang obesitas atau kelebihan berat badan sebagai sebuah hal yang wajar saja, faktanya hal ini bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan bahkan bisa menimbulkan kematian karena akan banyak penyakit yang ditimbulkan oleh masalah obesitas.

Jika anda salah satu orang yang mengalami masalah dengan berat badan, ada baiknya segera menentukan langkah untuk mengatasinya. Obesitas memang dapat menyebabkan kematian, namun bukanlah penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Jika anda dapat menjalankan program diet yang baik dan menyehatkan, maka kelebihan berat badan ini bisa diatasi dengan sangat mudah tanpa menimbulkan kerugian.

Apa Itu Obesitas?

Fakta Obesitas
Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan sebuah kondisi terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh yang melebihi kewajaran, dan hal ini dihitung dengan ukuran indeks masa tubuh, yaitu dengan membagi berat badan dengan tinggi seseorang.

Untuk melakukan diagnosis terhadap penyakit yang satu ini, seorang ahli medis tidak cukup hanya dengan memeriksa tinggi dan berat badan saja. Mereka juga akan mencari penyebab terjadinya kelebihan berat badan, agar penangan pada masalah ini lebih mudah untuk dilakukan.

Hal pertama yang dilakukan biasanya berkaitan dengan faktor genetika penyebab terjadinya obesitas, yaitu dengan melihat riwayat keluarga apakah ada yang memiliki masalah dengan berat badan. Pemeriksaan yang kedua berkaitan dengan pola hidup yang dijalankan oleh si penderita, dan yang terakhir melakukan pemeriksaan pada tubuh mereka contohnya tekanan darah dan kinerja jantungnya.

Baca Juga : 20 Jenis Makanan Sehat Rendah Kalori Yang Baik Untuk Diet Anda

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka akan semakin mudah dalam penanganan dan bisa menghindari beberapa hal yang dapat membahayakan si penderita. Kondisi masyarakat modern seperti sekarang ini memang sangat rentang akan kelebihan berat badan. Banyaknya makanan tidak sehat dan semakin malasnya orang bergerak membuat jumlah penderita obesitas kian hari kian meningkat.

Penyebab Obesitas

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kelebihan berat badan seperti gaya hidup yang kurang sehat, faktor genetik, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sampai dengan faktor usia. Faktor gaya hidup yang kurang baik menduduki peringkat pertama yang menyebabkan terjadinya kelebihan berat badan yaitu sekitar 90%.

Seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan namun tidak diimbangi dengan aktivitas atau berolahraga secara teratur, tubuhnya akan memiliki banyak sekali cadangan energi yang tidak digunakan dan akhirnya hanya akan berubah menjadi lemak.

Sedangkan untuk faktor genetik memiliki prosentase yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan gaya hidup, yaitu sekitar 35%. Meskipun demikian, anda yang dilahirkan dari keluarga yang memiliki masalah dengan berat badan harus lebih hati-hati karena peluang untuk mengalami masalah yang satu ini juga sama besarnya.

Kelebihan berat badan juga dapat disebabkan oleh faktor lain-lain, yaitu karena faktor usia dan juga konsumsi obat-obat tertentu misalkan obat anti depresan.

Penyakit Yang Ditimbulkan Oleh Obesitas

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa kelebihan berat badan merupakan hal yang sangat merugikan bagi kesehatan, baik untuk fisik maupun psikologis. Seseorang yang bermasalah dengan berat badan, selain kurang percaya diri, orang seperti ini biasanya juga mudah sekali merasa lelah saat melakukan aktivitas. Selain itu, beragam penyakit juga siap menyerang mereka.

Berikut beberapa komplikasi penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan berat badan.
  • Kanker usus
  • Batu empedu
  • Kolesterol
  • Hipertensi
  • Gangguan fungsi hati
  • Radang sendi
  • Penyakit ginjal
  • Gangguan pada pernafasan
  • Stroke
  • Dibetes pada tipe 2
Tidak hanya penyakit di atas saja, dari beberapa kasus pada orang yang memiliki kelebihan berat badan juga mengalami masalah pada produktifitas keturunan atau fungsi seksual. Sedangkan untuk wanita dapat menyebabkan kanker payudara, kanker rahim, sampai pada haid yang menjadi tidak lancar.

Jika selama ini anda memiliki berat badan yang ideal, maka anda patut bersyukur karena orang yang memiliki kelebihan berat badan memiliki kehidupan yang sangat berbeda dengan anda. Jika dilihat dari segi kualitas hidup, tentu saja orang yang memiliki badan proposional jauh lebih baik dari pada mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Penderita obesitas biasanya tidak bisa menikmati hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik, bahkan mereka juga cenderung untuk menghindari acara-acara di tempat yang ramai.

Cara Mengatasi Obesitas

Untuk seorang yang memiliki kelebihan berat badan dalam tingkatan ringan, pengobatan masih bisa dilakukan sendiri. Namun jika kelebihan berat badan juga disertai dengan komplikasi penyakit, sebaiknya anda melibatkan seorang ahli medis untuk penanganannya agar upaya menurunkan berat badan tersebut tidak menimbulkan efek lain yang membahayakan tubuh.

Ada beberapa point penting yang harus diperhatikan jika ingin menurunkan berat badan, terutama yang berkaitan dengan konsumsi makanan dan aktivitas. Jika anda ingin kelebihan berat badan tersebut segera dapat diatasi, maka hindari beberapa makanan yang dapat membuat hal tersebut menjadi semakin buruk contohnya adalah alkohol, gula, makanan berlemak, serta makanan yang mengandung kalori tinggi.

Lalu Makanan Apa Yang Diperbolehkan?

Seorang yang memiliki kelebihan berat badan disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang cocok untuk mereka seperti, buah-buahan, sayur, daging yang memiliki kadar lemak tidak terlalu tinggi, telur, nasi merah, kentang, roti, dan juga ikan.

Meskipun beberapa makanan tersebut sangat cocok untuk penderita obesitas, namun bukan berarti anda bisa mengkonsumsinya secara sembarangan, seberapa banyak makanan yang masuk dalam tubuh juga harus diperhatikan. Sedangkan untuk aktivitas, seorang penderita obesitas diharapkan melakukan olahraga secara rutin, minimal sebanyak 2,5 jam dalam satu minggu.

Baca Juga : 11 Gabungan Makanan Super Sehat Yang Wajib Anda Ketahui

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan obesitas. Perlu diingat bahwa seorang yang ingin menurunkan berat badan hendaknya dilakukan secara bertahap, karena penurunan berat badan secara drastis dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi tubuh.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Fakta Obesitas Yang Perlu Anda Ketahui
Fakta Obesitas Yang Perlu Anda Ketahui
Mungkin beberapa orang memandang obesitas atau kelebihan berat badan sebagai sebuah hal yang wajar saja, faktanya hal ini bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan bahkan bisa menimbulkan kematian karena akan banyak penyakit yang ditimbulkan oleh masalah obesitas.
https://4.bp.blogspot.com/-LGheX1aQhXY/VW2Vv4Dp8BI/AAAAAAAAQxs/JoDLrs3xoII1dnk-7ZCm42IW-limwCvewCPcB/s640/makan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-LGheX1aQhXY/VW2Vv4Dp8BI/AAAAAAAAQxs/JoDLrs3xoII1dnk-7ZCm42IW-limwCvewCPcB/s72-c/makan.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2018/10/fakta-obesitas-yang-perlu-anda-ketahui.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2018/10/fakta-obesitas-yang-perlu-anda-ketahui.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy