Inilah Khasiat Jahe Untuk Ketahanan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

SHARE:



Jahe dalam bahasa latin disebut dengan Zingiber Officinale dan masuk dalam tanaman rempah-rempah. Tanaman jahe ini sangat populer dikalangan rempah-rempah, bentuknya pun jika dilihat sekilas mirip kunyit dan laos. Selain digunakan untuk memasak, ternyata jahe juga sering digunakan sebagai obat tradisional.

Pada dasarnya tanaman jahe mengandung senyawa keton bernama zingeron yang memiliki rasa agak pedas dan mempunyai efek hangat jika dikonsumsi atau dioleskan pada kulit. Oleh karena itu orang-orang zaman dahulu sering menggunakan jahe untuk menghangatkan tubuh. Manfaat jahe ini bisa didapat dengan sangat mudah yakni hanya dengan merebusnya menjadi wedang jahe.

Khasiat Jahe
Wedang jahe atau tanaman jahe banyak laku digunakan masyarakat pada musim penghujan atau pada waktu pergantian musim. Jika dibandingkan dengan minyak penghangat tubuh, mengonsumsi jahe dirasa lebih efektif dan pastinya tanpa efek samping.

Kandungan Jahe / 100 gram
  • Kalori (kcal) 79
  • Jumlah Lemak 0,8 g
  • Natrium 13 mg, Kalium 415 mg
  • Jumlah Karbohidrat 18 g
  • Serat pangan 2 g
  • Gula 1,7 g, Protein 1,8 g
  • Kalsium 16 mg, Zat besi 0,6 mg, Magnesium 43 mg
  • Vitamin C 5 mg, Vitamin B6 0,2 mg

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Selain dapat menghangatkan tubuh manfaat jahe dalam dunia kesehatan juga sangat banyak. Setidaknya ada 7 manfaat jahe yang akan kita ulas pada artikel kali ini. Berikut ulasan lengkapnya:

Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat jahe kali ini sangat diperlukan untuk memperlancar peredaran darah. Kandungan gingerol dalam jahe mempunyai sifat antikoagulan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Sudah diketahui bahwa akibat dari stroke adalah penyumbatan pembuluh darah dan penggumpalan darah. Oleh karena itu lancarnya peredaran darah mampu membuat kita terhindar dari penyakit stroke.

Mengobati Perut Kembung

Manfaat jahe yang kedua yaitu untuk mengatasi masalah pencernaan. Rasa agak pedas dan hangat ini bisa mengeluarkan angin dalam tubuh, sehingga efektif mengobati perut kembung. Selain itu manfaat jahe ini juga bisa untuk mengurangi rasa nyeri haid dan mampu mengobati iritasi usus.

Mengobati Sakit Kepala Sebelah atau Migrain

Penyakit sakit kepala yang satu ini memang sangat menganggu dan sangat menyakitkan. Sakit kepala sebelah yang disebut dengan migrain ini sering datang tiba-tiba. Yang paling parah, migrain juga akan lebih sering muncul saat kondisi emosi tidak terkontrol.

Daripada mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia, ternyata jahe juga bisa menyembuhkan migraine. Sebuah penelitian membuktikan bahwa manfaat jahe dapat menghentikan prostaglandin yang merupakan faktor penyebab terjadinya sakit kepala. Dengan mengonsumsi jahe bisa membantu mengurangi rasa sakit migrain bahkan bisa menyembuhkan migraine jika dikonsumsi dengan rutin.

Mengatasi Perut Buncit

Beberapa orang selalu mempunyai masalah dengan perut buncit. Apalagi untuk mereka yang suka tidur atau berbaring setelah makan pasti mereka mengalami perut buncit. Nah untuk mengatasinya, manfaat jahe bisa anda gunakan.

Jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolism tubuh dan pencernaan. Dengan peningkatan metabolism dalam tubuh secara otomatis dapat membantu pembakaran kalori dalam perut dengan cepat dan dapat meratakan perut. Mengonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan bisa mencegah perut buncit. Akan tetapi hasil lebih maksimal jika diimbangi dengan olahraga.

Menurunkan Berat Badan

Oleh karena jahe dapat melebarkan pembuluh darah dan dapat membakar kalori dalam tubuh, maka secara otomatis jahe juga dapat digunakan untuk program diet atau penurunan berat badan. Jahe membakar kalori yang berlebihan sehingga bisa mencegah penambahan berat badan dan dapat menjaga metabolism tubuh agar menjadi lebih sehat.

Mencegah Terjadinya Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Manfaat jahe juga sangat penting bagi kesuburan wanita. Hal ini sering dilakukan oleh masyarakat Cina. Mereka menggunakan jahe dan mencampurnya dengan gula merah kemudian dikonsumsi secara teratur. Ramuan ini bisa mengurangi rasa sakit saat menstuasi dan bisa membuat siklus menstuasi teratur.

Manfaat Jahe Dapat Membuat Tubuh Lebih Perkasa

Ternyata jahe mengandung senyawa yang sifatnya inklamasi. Senyawa ini berfungsi untuk membangun otot di beberapa bagian tubuh seperti otot lengan. Nah untuk para lelaki yang gemar fitness untuk membentuk otot badan, sebaiknya ambilah juga manfaat jahe ini. Gunakan sebagai minumannya guna mendukung pembentukan otot yang lebih cepat dan efektif.

Sebuah penelitian juga menyimpulkan bahwa dengan mengonsumsi jahe secara teratur setiap hari maka dapat mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh atau pada bagian otot yang sakit akibat kegiatan fisik yang menyebabkan tubuh menjadi sakit sakit.

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, jahe juga sangat bagus untuk merawat kecantikan. Manfaat jahe untuk kecantikan antara lain untuk mengatasi ketombe dan kulit wajah berminyak.

Bahan alami dalam jahe dipercaya mampu menghilangkan ketombe dengan mudah. Caranya dengan menggunakan sari jahe sebagai sampo. Tak hanya mengurangi ketombe, jika digunakan dengan teratur, jahe mampu menjaga rambut dari kerontokan.

Sedangkan untuk kulit berminyak, Anda cukup mencampurkan jahe dengan beberapa bahan seperti garam laut, pala bubuk, dan kayu manis. Haluskan semua bahan dan tambahkan air. Oleskan seperti masker pada bagian yang berminyak dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas menggunakan air dingin.

Sudah diketahui banyak manfaat jahe untuk seluruh tubuh kita mulai dari manfaat jahe untuk kesehatan perut, pembentukan otot, menurunkan berat badan, obat sakit kepala hingga kecantikan. Namun tidak hanya itu saja, manfaat jahe juga bisa dijadikan sebagai penangkal racun akibat gigitan ular.

Mengonsumsi jahe sebagai obat tradisional dinilai lebih aman ketimbang menggunakan obat-obatan kimia. Apalagi rempah satu ini sangat mudah ditemukan dan mudah pula cara budidayanya. Hanya dengan mengambil satu bagian dari tanaman jahe ini Anda bisa mendapatkan ratusan manfaat jahe. Sayangi hidup kita dengan menjaga selalu kesehatan tubuh

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Inilah Khasiat Jahe Untuk Ketahanan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui
Inilah Khasiat Jahe Untuk Ketahanan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui
Inilah Khasiat Jahe Untuk Ketahanan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui - Jahe dalam bahasa latin disebut dengan Zingiber Officinale dan masuk dalam tanaman rempah-rempah. Tanaman jahe ini sangat populer dikalangan rempah-rempah, bentuknya pun jika dilihat sekilas mirip kunyit dan laos. Selain digunakan untuk memasak, ternyata jahe juga sering digunakan sebagai obat tradisional.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjk1sxodZO0Ud7Zu1UJW2qkHupeYcOgDteHo9oFUkPq29IaPWR-LjKiEwkxS3BJpknDYL03kZvmbCU3z94-itV93rr2yS4pag4sCXawbZMBJxobR6mIVQGemytpcQxv6dGpVfLseZhARDg/s640/jahe.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjk1sxodZO0Ud7Zu1UJW2qkHupeYcOgDteHo9oFUkPq29IaPWR-LjKiEwkxS3BJpknDYL03kZvmbCU3z94-itV93rr2yS4pag4sCXawbZMBJxobR6mIVQGemytpcQxv6dGpVfLseZhARDg/s72-c/jahe.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2018/08/inilah-khasiat-jahe-untuk-ketahanan.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2018/08/inilah-khasiat-jahe-untuk-ketahanan.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy