Cara Kerja RAM serta Kapasitasnya Secara Umum

SHARE:



RAM
Bagi Andapara penikmat teknologi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya RAM. RAM itu sendiri merupakan singkatan dari Random Acces Memory yang mana pengertian aslinya merupakan sebuah perangkat keras dari sebuah computer yang sangat penting untuk membantu meningkatkan kinerja dari computer itu sendiri.

Saat ini, penggunaan RAM memang sudah sangat banyak. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang telah menggunakan berbagai macam gadget, laptop, pc ataupun komputer. RAM juga bisa dibilang sebagai otak dari suatu computer yang dapat mengakses data secara acak sehingga dapat membantu suatu program ataupun software dapat berjalan dengan sangat baik.

Fungsi dari RAM itu sendiri adalah sebagai pembaca data dengan mempercepat kinerja dari prosesor tersebut. Selain itu, RAM juga digunakan sebagai media penyimpanan sementara. Data yang ada dalam suatu computer akan tersimpan dalam waktu yang sementara namun akan hilang apabila computer tersebut mati.

Nah, RAM itu ada berbagai jenis mulai dari RAM gadget, RAM laptop, RAM computer dan yang lain sebagainya. Nah, kali ini yang akan dibahas yaitu mengenai suatu RAM yang terpasang pada sebuah computer jinjing atau laptop.

Saat ini, banyak orang yang mulai beralih dari computer ke laptop. Ya, laptop merupakan sebuah perangkat yang lebih praktis dan bisa dibawa kemana saja ketimbang dengan computer. Tak khayal, jika kepopuleran laptop kini lebih tinggi dari pada computer.

Sebagai perangkat yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan, membuat Anda harus bisa memiliki laptop dengan performa yang amat baik. Tak hanya digunakan sebagai alat untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaandan tugas yang Anda miliki, laptop juga banyak digunakan oleh sebagian besar orang untuk hiburan seperti bemain game misalnya.

Kualitas serta performa laptop yang bagus memang sangat dipertimbangkan saat Anda akan membeli laptop. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan dari laptop adalah RAM yang terdapat di dalamnya. Namun untungnya, kini sudah banyak yang menjual RAM dengan berbagai merk yang tentunya memiliki spesifikasi masing-masing.

Sama halnya dengan berbagai macam jenis RAM yang lainnya, RAM laptop juga memiliki cara kerja yang sama dengan cara kerja dari RAM yang lainnya. Lalu, bagaimanakah cara kerja dari RAM laptop itu sendiri? Nah, untuk memberikan pengetahuan bagi Anda, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara kerja dari RAM laptop itu sendiri.

Cara kerja RAM pada saat computer sedang menyala.
  • Pada saat computer baru saja dinyalakan, maka computer akan langsung masuk ke menu BIOS (Basic Input Output System) yang mana dalam fase ini, sistem akan mencoba mengecek apakah semua hardware dan software bisa bekerja dengan baik.
  • Setelah dilakukan pengecekan, BIOS kemudian akan memberikan informasi dasar mengenai urutan-urutan mulai dari booting sampai pada proses loading sistem operasi tersebut.
  • Apabila proses tersebut telah usai, maka sistem operasi akan di load dari hardware ke RAM
  • Nah, apabila sistem operasi tersebut telah di load menuju RAM maka, CPU bisa mengakses semua informasi yang berkenaan dengan sistem operasi secara langsung dan juga cepat.
  • Proses yang satu ini pun akan berlaku pada aplikasi yang lainnya, ketika Anda membuat sebuah aplikasi, data kemudian akan diloadkan dari harddisk menuju RAM supaya RAM dapat mengakses semua data aplikasi dengan cepat.
Nah, itulah sedikit pengetahuan bagi Anda bagaimana cara kerja suatu RAMdalam sebuah sistem operasi. RAM laptop dengan kapasitas yang besar pastinya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dari perangkat yang Anda miliki. Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan oleh RAM laptop berdasarkan kapasitasnya.

Berikut ini akan diberikan penjelasan bagi Anda bagaimana cara kerja RAM laptopberdasarkan kapasitas yang dimilikinya.

1. RAM laptop kapasitas 1 GB
RAM yang memiliki kapasitas 1 GB memiliki sedikit sekali fungsi pada saat digunakan oleh suatu perangkat. RAM yang satu ini biasanya digunakan pada computer yang memiliki spek rendah serta utilitas yang rendah pula. Lalu apa saja hal yang bisa dilakukan oleh RAM 1 GB yang satu ini?
Berikut penjelasannya.
  • Digunakan untuk mendengarkan lagu serta menonton film yang memiliki kualitas rendah hingga sedang
  • Dapat digunakan untuk browsing
  • Dapat digunakan untuk keperluan word processing, mengetik hingga menginput data yang sederhana
Banyak kelemahan yang akan Anda dapatkan ketika Anda menggunakan RAM laptop dengan kapasitas 1 GB dimana perangkat Anda akan menjadi lebih cepat lemot ketika melakukan kegiatan multitasking seperti mendengarkan lagu, membuat dokumen, dan browsing dalam satu waktu.

2. RAM laptop 2 GB
RAM dengan kapasitas yang satu ini biasanya digunakan pada computer yang low hingga high end. Dengan kapasitas 2 GB ini perangkat dapat melakukan berbagai macam kegiatan multitasking dengan sangat lancar seperti memutar video dengan kualitas tinggi sampai 3D.

Tak hanya itu, RAM laptop yang memiliki kapasitas 2 GB ini juga sangat baik untuk keperluan gaming. Tak heran, jika kapasitas RAM yang satu ini banyak digunakan oleh kebanyakan perangkat yang dijual di pasaran.

3. RAM laptop kapasitas 4 GB
Sebuah laptop yang menggunakan RAM berkapasitas hingga 4 GB bisa dibilang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan multitasking. Selain itu, pengooperasian dari aplikasi yang adadi dalamnya juga akan menjadi sangat baik. Suatu perangkat yang menggunakan RAM dengan kapasitas 4 GB ini dapat berjalan lebih cepat dengan performa yang sangat baik.

Bisa dibilang jika RAM dengan kapasitas yang satu ini sudah lebih dari cukup untuk sebuah perangkat.

4. RAM laptop kapasitas 8 GB
Kapasitas yang paling besar dari suatu RAM yaitu 8 GB. RAM yang satu ini biasanya hanya digunakan pada suatu computer dengan kemampuan khusus, seperti computer design, computer gaming serta computer server.

Dengan kapasitas yang dimilikinya, pastinya perangkat akan menjadi lebih lancar dan cepat dalam menjalankan suatu aplikasi.

Tentunya, semakin besar kapasitas dari suatu RAM maka hal tersebut juga berpengaruh sangat besar terhadap kinerja dari perangkat yang menggunakannya. Kapasitas dari suatu RAM laptop juga berpengaruh dengan harga jualnya. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka semakin besar pula harga yang ditawarkan.

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis RAM yang ada di pasaran yang bisa Anda pilih sendiri. Namun, sebelum membelinya pastikan bahwa Anda membeli RAM untuk kebutuhan Anda sendiri.

Standarnya, orang akan menggunakan RAM laptop dengan kapasitas 2 GB untuk bisa menjalankan berbagai macam program. Namun, jika Anda ingin performanya lebih cepat dan lancar, Anda bisa menggunakan RAM dengan ukuran 4 GB.

Jangan sampai, Anda membeli RAM laptop namun tidak sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Selain itu, sebelum membeli RAM, pastikan bahwa budget yang Anda miliki cukup untuk membelinya. Semoga bermanfaat.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Cara Kerja RAM serta Kapasitasnya Secara Umum
Cara Kerja RAM serta Kapasitasnya Secara Umum
Bagi Andapara penikmat teknologi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya RAM. RAM itu sendiri merupakan singkatan dari Random Acces Memory yang mana pengertian aslinya merupakan sebuah perangkat keras dari sebuah computer yang sangat penting untuk membantu meningkatkan kinerja dari computer itu sendiri.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhw2PcaZYw-sLh9IDH_MeP0ZY38wvWGMRNHS0gakXxF8TRTyaAZVauY8Kw08K0tmKq2_5S_2KZ44CIBX4f21UYbNyNAZoLOdhiF4gAcOwYsn73MZEE4wM9SyfLrUghxQ85b4bDRT8fELbE/s1600/ram.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhw2PcaZYw-sLh9IDH_MeP0ZY38wvWGMRNHS0gakXxF8TRTyaAZVauY8Kw08K0tmKq2_5S_2KZ44CIBX4f21UYbNyNAZoLOdhiF4gAcOwYsn73MZEE4wM9SyfLrUghxQ85b4bDRT8fELbE/s72-c/ram.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2018/01/cara-kerja-ram-serta-kapasitasnya.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2018/01/cara-kerja-ram-serta-kapasitasnya.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy