Mengenal Bayi Sehat

SHARE:



Bayi sehat merupakan dambaan bagi setiap orang tua di dunia. Sejak bayi masih di dalam kandungan saja, para orang tua terutama ibu pasti rela melakukan apa saja demi kesehatan buah hati mereka. Bayi sehat juga adalah cerminan orang tua yang cerdas dan hebat dalam mengasuh dan merawat anak mereka. Namun bagi orang tua yang baru saja memiliki seorang bayi, terkadang sulit untuk mengetahui sehat tidaknya bayi mereka.

Tanda Bayi Sehat Dalam Kandungan

Bayi Sehat
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengenali bayi yang sehat, bahkan sejak bayi masih dalam kandungan. Dengan bantuan teknologi kedokteran saat ini, seorang ibu bisa mengikuti perkembangan janinnya dari waktu ke waktu dengan menggunakan alat USG, tanda sehat tidaknya bayi pun bisa dengan cepat terdeteksi. Dan berikut ini adalah beberapa tanda-tanda bayi sehat yang masih berada dalam kandungan.

1. Tumbuh kembang janin yang sempurna
Tumbuh kembang janin yang sempurna adalah salah satu tanda bahwa bayi yang ada dalam kandungan dalam keadaan sehat dan normal. Dengan menggunakan alat USG, dokter kandungan dapat mengetahui tumbuh kembang janin yang sempurna. Yaitu dengan mendeteksi berat badan apakah sudah sesuai, detak jantung normal, panjang tulang, ukuran diameter kepala janin, jenis kelamin, dan organ-organ lain dalam janin.

Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin pada dokter kandungan dapat membantu seorang ibu yang ingin tahu perkembangan bayinya dalam kandungan.

2. Gerakan janin
Pada usia kehamilan 16-20 minggu, janin yang sehat akan terasa gerakannya sebanyak 6-10 kali dalam sehari. Seiring bertambahnya usia kehamilan gerakan janin pun semakin kuat hingga sangat terasa oleh seorang ibu mulai dari gerakan memukul, menendang, sampai menggeliat.
Adanya gerakan ini juga merupakan tanda bahwa janin dalam keadaan sehat. Akan tetapi pada saat kehamilan mulai membesar, gerakan ini akan mulai menurun karena ruang gerak janin semakin berkurang karena ukurannya yang mulai besar.

3. Naiknya berat badan ibu hamil
Apabila berat bada ibu hamil tidak mengalami kenaikan sesuai dengan usia kehamilan, menunjukkan kemungkinan adanya masalah pada kehamilan seperti janin yang tidak berkembang, terhambatnya perkembangan janin, ataupun masalah lainnya.

Kenaikan berat badan pada ibu hamil secara berkala selama kehamilan mulai dari 11-15kg merupakan salah satu tanda bahwa janin dalam keadaan sehat.

4. Ukuran perut ibu hamil yang semakin membesar
Meningkatnya ukuran perut ibu hamil yang sesuai dengan usia kehamilan menandakan sehatnya janin dalam kandungan. Sehingga pada saat pemeriksaan kandungan, dokter biasanya mengukur dulu lingkaran perut ibu hamil untuk mengetahui apakah ukuran rahim sudah sesuai dengan usia kehamilannya. Pada usia kehamilan 20 minggu ukuran rahim yang normal akan teraba setinggi pusar.

5. Detak jantung janin yang normal
Detak jantung janin yang sehat adalah 110/160 kali per menit. Untuk dapat mendeteksinya harus dengan menggunakan USG dan Doppler. Yaitu alat yang digunakan khusus untuk memeriksa kandungan. Dengan alat ini detak jantung janin tidak hanya bisa didengar, namun juga bisa dilihat dengan jelas.

Tanda Bayi Sehat Ketika Baru Lahir

Kelahiran seorang bayi adalah hal yang paling ditunggu oleh setiap orang tua. Tak ada yang bisa menggambarkan kebahagiaan orang tua ketika melihat anaknya lahir ke dunia, terlebih lagi ketika anaknya dalam keadaan sehat dan normal. Berikut adalah tanda-tanda bayi yang terlahir sehat.

1. Suara tangis yang keras
Tangisan pertama pada bayi sangat membantu melonggarkan saluran pernapasannya supaya berjalan baik agar oksigen segera mengalir dengan cepat sampai ke otaknya. Bayi yang lahir tanpa tangisan kemungkinan ada masalah pada sistem pernapasan terutama pada paru-paru, hal ini akan sangat berdampak buruk karena pada saat kelahiran, semua organ tubuh bayi sangat memerlukan oksigen yang banyak melalui tangisan yang keras.

Maka dari itu tangisan keras bayi saat lahir merupakan sesuatu yang wajib dari sebuah proses persalinan.

2. Berat badan sekitar 2,5 kilogram
Berat badan minimal seorang bayi yang baru lahir adalah sekitar 2,5. Bayi yang lahir dengan berat badan tersebut menandakan bayi tersebut sehat.

3. Anggota badan lengkap
Bayi yang memiliki anggota badan yang lengkap juga adalah salah satu tanda bayi tersebut terlahir sehat. Dengan memiliki seluruh anggota badan yang sempurna mulai dari ujung kaki sampai rambut. Serta juga memiliki lubang dubur, mulut, dan pusar yang normal.

4. Warna feses dan urin yang normal
Warna feses bayi yang sehat sampai hari ke 7 setelah dia lahir adalah berwarna hijau dan berubah kuning pada hari berikutnya. Sedangkan untuk urin bayi yang sehat adalah berwarna jernih atau kekuningan.

5. Pernapasan teratur
Bayi yang terlahir sehat bisa juga dilihat pada pernapasannya yang tenang dan teratur, hal ini bisa diperhatikan pada bagian dinding dada dan perut yang bergerak teratur.

6. Warna kulit kemerahan
Warna kulit bayi yang kemerahan mulai dari bagian muka, bibir, badan, kaki dan tangan juga menandakan bayi tersebut terlahir dalam keadaan sehat. Bayi yang terlahir dengan warna kuning ataupun biru terindikasi adanya kelainan.

7. Tangan dan kaki bergerak aktif
Tanda bayi yang terlahir sehat juga bisa dilihat pada pergerakan tangan dan kakinya yang aktif. Seperti tangan yang mengepal dan sikunya yang menekuk, begitu pula pada bagian tungkainya yang setengah menekuk pada bagian paha dan lutut.

Tanda Bayi Sehat Pada Usia 1-4 Bulan

Setelah mengandung bayi selama 9 bulan, seorang ibu akan merasakan hari-harinya yang lebih berwarna bersama buah hatinya tercinta. Kesehatan bayi setelah lahir sangat perlu diperhatikan untuk setiap ibu. Bayi yang kesehatannya terjaga dengan baik akan sangat membantu proses tumbuh kembangnya.

Berikut adalah tanda-tanda bayi sehat ketika mulai memasuki usia 1-4 bulan.

1. Melakukan kontak mata
Bayi yang sehat selalu aktif merespon tatapan orang-orang disekitarnya terutama ibunya. Senyuman yang diberikan ibunya akan segera dibalas si bayi dengan senyuman yang sangat lucu.

2. Tidur teratur
Bayi yang tidur dan bangun dengan waktu yang cenderung konsisten baik pada siang atau malam hari menandakan sistem saraf bayi sudah berjalan baik sehingga bisa menyesuaikan diri dengan rutinitasnya.

3. Dapat menyangga tubuhnya sendiri
Pada saat memasuki usia 3 bulan, umumnya bayi sehat sudah bisa menyangga tubuhnya sendiri terutama kepalanya.

4. Sering ganti popok
Bayi yang sering ganti popok sebanyak 8-10 kali dalam sehari menandakan bahwa bayi tersebut sehat. Karena bayi yang sering buang air menandakan bahwa asupan cairan dalam tubuhnya sudah tercukupi.

5. Merespon suara
Salah satu tanda bayi sehat adalah bisa merespon suara yang terdengar. Bayi yang bisa merespon suara dengan baik dapat dilihat dengan gerakan tubuhnya yang menoleh berusaha mencari sumber suara yang dia dengar.

6. Sering menangis
Bayi yang sering menangis tidak selamanya bertanda masalah. Hal ini justru sebaliknya menandakan bahwa bayi tersebut sehat. Bayi hanya bisa menangis untuk segera memberitahukan adanya ketidaknyamanan yang dia rasakan seperti lapar, bosan, kepanasan, maupun kedinginan.

Cara Menjaga Kehatan Bayi

Berikut adalah tips-tips untuk agar bayi tetap sehat
  1. Memberikan ASI ekslusif
  2. Menjauhkan dari asap rokok
  3. Mengupayakan bayi untuk tidur teratur
  4. Menjaga kebersihan tubuh bayi
Itulah beberapa ulasan mengenai bayi sehat.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Mengenal Bayi Sehat
Mengenal Bayi Sehat
Mengenal Bayi Sehat - Bayi sehat merupakan dambaan bagi setiap orang tua di dunia. Sejak bayi masih di dalam kandungan saja, para orang tua terutama ibu pasti rela melakukan apa saja demi kesehatan buah hati mereka. Bayi sehat juga adalah cerminan orang tua yang cerdas dan hebat dalam mengasuh dan merawat anak mereka. Namun bagi orang tua yang baru saja memiliki seorang bayi, terkadang sulit untuk mengetahui sehat tidaknya bayi mereka.
https://2.bp.blogspot.com/-kPNDB0XVJpI/WHxHGoEAVxI/AAAAAAAAadI/4NhH3e5xJ-0P6KX3AlG0RWkOJe15Vv6SgCLcB/s640/bayi%2Bsehat.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-kPNDB0XVJpI/WHxHGoEAVxI/AAAAAAAAadI/4NhH3e5xJ-0P6KX3AlG0RWkOJe15Vv6SgCLcB/s72-c/bayi%2Bsehat.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2017/01/mengenal-bayi-sehat.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2017/01/mengenal-bayi-sehat.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy