Cara Mengatasi Amandel Pada Anak Paling Efektif

SHARE:



Mengatasi amandel pada anak paling efektif merupakan sebuah informasi yang ingin diketahui oleh banyak orang tua selain karena dampak kesehatan yang diderita oleh seorang anak saat mengalami amandel sungguh sangat membuat kita tidak tega juga karena umumnya anak-anak menjadi lebih rewel karena merasa sakit saat menelan makanan dan minuman, sehingga bila tidak ditangani dengan tepat dan cepat dapat menyebabkan berat badan sang buah hati akan mengalami penurunan.

Amanadel atau tonsillitis adalah dua buah kelenjar kecil yang terletak pada area sekitar tenggorokan yang berfungsi untuk mencegah infeksi, terutama pada anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih belum stabil, namun seiring dengan pertambahan usia maka sistem imun mereka akan bertambah kuat dan secara perlahan tugas amandel sebagai penangkal infeksi akan tergantikan, dan saat perannya sudah mulai tidak dibutuhkan maka kedua kelenjar ini akan mulai menyusut secara berangsung-angsur.

Penyebab dan Gejala-Gejala Penyakit Amandel pada Anak

Amandel Pada Anak
Sebelum membahas tentang cara mengatasi amandel pada anak ada baiknya bila kita mengenal terlebih dulu apa penyebab dan gejala-gejala penyakit amandel pada anak agar bisa menghindarinya dan bisa segera melakukan penanganan yang tepat.

Berikut ini beberapa penyebab amandel pada anak, yaitu :
  • Makanan yang tidak higienis (tidak bersih), terlalu banyak mengandung minyak (gorengan) dan jajanan yang banyak mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet seperti berbagai jenis snack atau jajanan di luar rumah atau di sekolah.
  • Kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin yang mengandung gula tinggi seperti minuman bersoda atau jus yang mengandung pemanis buatan
  • Bakteri dan virus streptokokus beta hemolitikus grup A dan heemophylus influenza yang masuk ke dalam tubuh.
Maka agar anak-anak dapat terhindar dari penyakit amandel maka diharapkan orang tua menjaga agar pola makan anak selalu sehat dan menghindari makanan dan minuman yang tersebut diatas. Nutrisi, vitamin, mineral dan antioksidan yang cukup, baik yang didapat dari asupan makanan ataupun suplemen akan membuat daya tahan tubuh anak tetap stabil dan terhindar dari virus dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit amandel.

Setelah mengetahui apa saja penyebab amandel, maka selanjutnya adalah memahami gejala-gejala amandel agar bisa segera melakukan penanganan yang tepat, karena bila tidak maka dapat menyembabkan terjadinya komplikasi seperti penyakit sinus, infeksi pada telinga, abses, bengkak pada tenggorokan, menekan sistem daya tahan tubuh dan mengganggu proses tumbuh kembang anak.

Berikut ini gejala-gejala penyakit amandel, yaitu :
  • Rasa nyeri pada tenggorokan yang disertai dengan kesulitan untuk menelan makanan dan minuman
  • Perut terasa sakit
  • Mual dan muntah
  • Nafsu makan menurun drastis
  • Demam
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah benting yang terletak di bagian bawah setiap rahang
  • Telinga terasa sakit
  • Bau mulut tidak sedap
Cara Mencegah dan Mengatasi Amandel pada Anak
Ada pepatah bijak yang berbunyi “lebih baik mencegah dari pada mengobati” maka dari itu sebelum membahas tentang cara mengatasi amandel pada anak yang paling efektif dan bebas efek samping, ada baiknya bila kita mengetahui langkah-langkah apa saja yang sebaiknya Anda lakukan agar dapat mencegah anak mengalami sakit amandel.

Berikut ini beberapa cara mencegah penyakit amandel, yaitu :
  • Biasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh sesuatu, setelah bermain, dan sebelum makan dan minum, kebiasaan ini sangat baik untuk mencegah anak terinfeksi virus atau bakteri penyebab amandel.
  • Jangan membiasakan anak bertukar pakai alat makan dan benda pribadi dengan orang lain.
  • Tidak membiasakan anak jajan sembarangan
  • Memenuhi asupan nutrisi dan gizi pada anak agar sistem imun tubuh tetap stabil.
Ada dua cara untuk mengatasi amandel pada anak, yaitu secara medis dan tanaman herbal, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Mengatasi amandel pada anak secara medis
  • Belum ada obat khusus untuk mengobati penyakit amandel, namun untuk meringankan gejala umumnya dokter akan memberikan paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan rasa sakit.
  • Bila penyebab amandel adalah virus atau bakteri maka dokter akan menambahkan obat anti-biotik untuk menghentikan perkembangan virus atau bakteri.
  • Menganjurkan agar anak dapat beristirahat yang cukup dan lebih banyak minum air putih.
2. Mengatasi amandel pada anak secara alami dengan tanaman herbal
Jeruk nipis dan kapur sirih
Cara membuatnya :
  • Siapkan 3 buah jeruk nipis dan kapur sirih secukupnya
  • Potong dua jeruk nipis, setelah itu peras untuk diambil air perasannya
  • Tambahkan dengan kapur sirih secukupnya
  • Aduk sampai merata
  • Setelah itu bisa langsung dikonsumsi
  • Sebaiknya dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur selama 3 hari.
Mengkudu dan madu
Cara membuatnya :
  • Siapkan 2-3 buah mengkudu dan madu 1-2 sendok makan
  • Ambil ekstrak buah mengkudu terlebih dulu bisa dengan cara di blender terlebih dulu setelah itu disaring
  • Masukkan ke dalam gelas dan tambahkan dengan sedikit air panas
  • Setelah itu tambahan madu secukupnya dan aduk sampai rata
  • Sebaiknya sebelum ramuan ditelan ada baiknya bila dikumur dulu didalam mulut setelah itu baru ditelan
  • Sebaiknya di konsumsi 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.
Jahe dan madu
Cara membuatnya :
  • Siapkan 2-3 rimpang jahe (bisa jahe merah atau putih) dan madu secukupnya
  • Cuci bersih jahe dan kupas, setelah itu haluskan bisa diparut, diblender atau dipotong-potong kecil
  • Setelah itu rebus dengan air (200-250 cc)
  • Setelah air mendidih, biarkan terlebih dulu sampai suhu air menurun
  • Sari ramuan jahe kedalam gelas dan tambahkan madu secukupnya
  • Sebaiknya dikonsumsi 1-2 kali sehari secara teratur selama 2 hari
  • Zat anti-inflamasi yang terdapat pada jahe dan madu sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri, kuman dan virus yang ada di sekitar tenggorokan.
Pengobatan amandel secara medis dan non medis tersebut diatas telah terbukti mampu mengobati penyakit amandel, namun untuk menghindarkan anak-anak dari zat kimia yang biasanya terdapat pada obat-obatan medis, maka cara mengatasi amandel pada anak yang paling efektif dan tanpa efek samping adalah dengan menggunakan tanaman herbal alami.

Semoga uraian singkat diatas dapat memberi manfaat bagi Anda yang mungkin sedang mencari informasi tentang cara mengatasi amandel pada anak.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Cara Mengatasi Amandel Pada Anak Paling Efektif
Cara Mengatasi Amandel Pada Anak Paling Efektif
Cara Mengatasi Amandel Pada Anak Paling Efektif - Mengatasi amandel pada anak paling efektif merupakan sebuah informasi yang ingin diketahui oleh banyak orang tua selain karena dampak kesehatan yang diderita oleh seorang anak saat mengalami amandel sungguh sangat membuat kita tidak tega juga karena umumnya anak-anak menjadi lebih rewel karena merasa sakit saat menelan makanan dan minuman, sehingga bila tidak ditangani dengan tepat dan cepat dapat menyebabkan berat badan sang buah hati akan mengalami penurunan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTXYjF36JYHlk605iYEZfYKj_zKMA2vbeQbJ_QXLzhcyJyHtfTWIzpn8ndglAe47EodaiVhhiv2puAmzofv2_gxzQhEbD8GlqPWqUVtuZD0P5CksPWgEPiGJ2qOSpujF7NNgLTP36Ab69X/s1600/menangis.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTXYjF36JYHlk605iYEZfYKj_zKMA2vbeQbJ_QXLzhcyJyHtfTWIzpn8ndglAe47EodaiVhhiv2puAmzofv2_gxzQhEbD8GlqPWqUVtuZD0P5CksPWgEPiGJ2qOSpujF7NNgLTP36Ab69X/s72-c/menangis.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2016/12/cara-mengatasi-amandel-pada-anak-paling.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2016/12/cara-mengatasi-amandel-pada-anak-paling.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy