Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Alergi Dingin

SHARE:



Banyak permasalahan yang menyerang pada kulit manusia. Hal ini dikarenakan kulit adalah organ tubuh yang melakukan kontak secara langsung dengan bermacam-macam benda. Benda-benda tersebut dapat berupa barang-barang atau pun hawa luar yang berada di lingkungan sekitar kita.

Salah satu jenis masalah yang kerap terjadi pada kulit adalah alergi. Alergi terdiri dari berbagai macam jenis antara lain alergi debu, alergi makanan, juga alergi terhadap suhu udara yang terlalu rendah atau yang lebih dikenal dengan alergi dingin.

Perlu anda ketahui alergi dingin merupakan reaksi hipersensitifitas atau reaksi berlebih pada tubuh terhadap sesuatu yang dingin dan berkontak langsung dengan tubuh, kontak tersebut dapat berupa udara, air dan lainnya. Apakah anda salah satu pengidap alergi dingin? Anda perlu membaca artikel ini lebih jauh karena akan mengupas lengkap tentang alergi dingin, yuk disimak lebih lanjut!

Penyebab Alergi Dingin

Penyebab & Cara Mengatasi Alergi Dingin
Perlu anda ketahui bahwa alergi dingin dapat saja terjadi tanpa diketahui penyebab pastinya, akan tetapi seringkali alergi ini menyerang salah satu anggota dalam suatu keluarga. Penyebab pasti alergi dingin memanglah belum begitu diketahui, namun timbulnya alergi dingin dapatlah diketahui yaitu:
  • Paparan suhu yang dingin biasanya di pagi hari atau di lokasi dataran tinggi
  • Berenang di air dingin
  • Mengkonsumsi makanan beku atau minuman dingin

Gejala Alergi Dingin

Pada umumnya, gejala alergi dingin tersebut muncul pada saat kulit terpapar air dingin, cuaca atau suhu udara yang dingin. Alergi dingin juga lebih berisiko muncul pada saat kondisi yang berangin dan lembap. Berikut ini adalah beberapa gejala alergi dingin yang dapat terjadi:
  • Ketika memegang benda atau sesuatu yang dingin, tangan akan terasa bengkak.
  • Muncul bilur yang terasa gatal.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman dingin akan menyebabkan bibir dan tenggorokan terasa bengkak.
  • Kulit berwarna kemerahan.
  • Saat kulit menjadi lebih hangat, gejala bertambah parah.
Pada kasus alergi dingin yang lebih parah, ternyata berpotensi membahayakan nyawa seperti jika sudah terjadi pembengkakan pada tenggorokan dan lidah sehingga mengakibatkan sulit bernapas, juga reaksi anafilaksis yang dapat menyebabkan tekanan darah menurun drastis, jantung berdebar, pingsan, hingga membengkaknya lengan dan kaki atau torso.

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Nah, setelah mengetahui dan mengenali apa saja penyebab dan gejala dari alergi dingin, sekarang mari kita simak cara mengatasi alergi dingin yang dapat anda terapkan ketika mengalami alergi tersebut.

Gunakan Pakaian Hangat
Saat sedang musim hujan atau waktu malam hingga pagi hari yang memungkinkan udara dingin datang, sebaiknya anda mengantisipasi dengan selalu menggunakan pakaian yang hangat atau panjang agar tubuh terhindar dari udara dingin. Bila perlu anda juga dapat menggunakan topi atau syal agar badan menjadi lebih hangat. Alergi dingin akan hilang seiring berjalannya waktu asalkan anda selalu mempersiapkan diri untuk menghadapinya dan hal-hal yang buruk tidak akan terjadi.

Mengatur Suhu Ruangan
Jika anda berada di dalam ruangan dan memiliki penghangat ruangan maka aturlah suhu ruangan agar memberikan rasa hangat pada tubuh anda. Namun, jika anda tidak memiliki penghangat ruangan, selalu gunakan selimut dan baju hangat saat hendak pergi tidur agar suhu tubuh selalu berada dalam suhu yang aman.

Hindari Pemakaian Air Dingin
Ketika anda hendak melakukan kegiatan mandi pagi tidak disarankan untuk memakai air yang terlalu dingin. Pakailah air dalam suhu yang menghangatkan tubuh, hal tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah alergi dingin menyerang tubuh anda.

Jangan Mengkonsumsi Makanan Beku atau Minuman Dingin
Jika anda memiliki alergi terhadap dingin, anda harus merelakan diri anda agar tidak mengkonsumsi makanan beku atau minuman dingin. Hal tersebut untuk menghindari pemicu alergi dingin yang dapat mengakibatkan timbulnya penyebab-penyebab alergi dingin yang mengakibatkan bibir dan tenggorokan menjadi bengkak.

Gunakan Lotion atau Bedak Yang Mengandung Antihistamin
Salah satu gejala yang ditimbulkan dari alergi dingin adalah gatal pada bagian tubuh tertentu yang tentunya sangat mengganggu. Anda dapat mengoleskan bedak yang mengandung antihistamin pada bagian-bagian yang terserang gatal. Jika tidak ada bedak, anda bisa menggantinya dengan lotion yang akan menjadikan kulit anda lebih lembab dan menghilangkan rasa gatal.

Makanan Bergizi
Mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang akan bermanfaat bagi tubuh memiliki stamina yang baik dan tubuh mampu terhindar dari alergi dingin. Perbanyaklah mengkonsumsi vitamin D yang dapat mencegah hal-hal yang memicu alergi terhadap dingin. Vitamin D banyak terdapat pada ikan tuna dan jenis ikan lainnya. Alternatif lain yaitu anda dapat mengkonsumsi susu karena di dalamnya mengandung vitamin D.

Mengkonsumsi Air Kelapa Muda
Ternyata dengan rajin mengkonsums air kelapa muda dapat meringankan gatal yang diakibatkan oleh alergi dingin. Air kelapa muda memiliki kandungan yang dapat menghilangkan racun dalam tubuh, sehingga dapat menghilangkan gatal pada kulit yang ditimbulkan oleh alergi dingin. Dianjurkan untuk minum air kelapa muda setiap hari untuk mencegah timbulnya kembali gatal pada kulit akibat alergi dingin.

Obat-obatan
Obat-obatan yang mengandung antihistamin dapat digunakan untuk mengobati alergi dingin. Anda dapat mendapatkannya di apotek terdekat atau melalui resep dokter. Sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter agar alergi dapat teratasi dengan benar dan jangan lupa untuk mendapatkan penjelasan tentang obat tersebut. Anda pun dapat memilih untuk memakai obat yang mengandung steroid untuk mengobati alergi dingin yang sudah parah.

Hindari Stress Berlebih
Anda juga perlu mengetahui bahwa stress dapat memicu pelepasan histamin yang berlebihan dalam tubuh. Agar alergi dingin tidak kambuh maka sebaiknya anda menghindari stress berlebih. Jangan terlalu serius atau terlalu memikirkan berbagai permasalahan yang anda miliki. Sebaiknya anda selesaikan masalah dengan hati yang lapang dan pikiran yang jernih.

Agar terhindar dari stres, anda dapat melakukan refreshing dengan berwisata ke pantai atau tempat yang memberikan ketenangan, atau melakukan kegiatan yoga agar tubuh dan pikiran bisa lebih rileks. Selain beresiko menimbulkan alergi dingin, stress berlebih juga sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Berjemur
Berjemur merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengusir alergi dingin dari tubuh anda. Disarankan untuk berjemur di pagi hari sekitar jam 7 hingga jam 8, sinar matahari yang dipancarkan di pagi hari sangat baik bagi kesehatan kulit.

Dengan berjemur di bawah sinar matahari tentunya juga bisa membuat anda terhindar dari alergi dingin yang dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit. Sinar matahari pada pagi hari juga baik untuk kesehatan tulang. Lakukan secara rutin agar tubuh anda selalu dalam kondisi yang hangat.

Itulah artikel mengenai alergi dingin yang telah membahas tuntas mulai dari pengertian, penyebab, gejala, hingga cara mengatasinya. Jika anda salah seorang pengidap alergi dingin, selalu sediakan jaket, kaus kaki, dan penghangat badan lainnya agar suatu waktu saat badan terserang udara dingin anda sudah siap. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Alergi Dingin
Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Alergi Dingin
Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Alergi Dingin - Banyak permasalahan yang menyerang pada kulit manusia. Hal ini dikarenakan kulit adalah organ tubuh yang melakukan kontak secara langsung dengan bermacam-macam benda. Benda-benda tersebut dapat berupa barang-barang atau pun hawa luar yang berada di lingkungan sekitar kita.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjopuC0Gv0gtx0mWtuo7SPUplz7Cw-znBi0tXgj4u3Uik87c08s0RhyphenhyphenP0bxC1obJG28L2HwjPqJWcryQYi3RsbBST7ItjdKMoF0CUMnR0D2pA-Ov-AwCwcl2DFdfWFzTkxtcsoo0JYKouNo/s1600/musim+dingin.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjopuC0Gv0gtx0mWtuo7SPUplz7Cw-znBi0tXgj4u3Uik87c08s0RhyphenhyphenP0bxC1obJG28L2HwjPqJWcryQYi3RsbBST7ItjdKMoF0CUMnR0D2pA-Ov-AwCwcl2DFdfWFzTkxtcsoo0JYKouNo/s72-c/musim+dingin.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2016/01/kenali-penyebab-cara-mengatasi-alergi.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2016/01/kenali-penyebab-cara-mengatasi-alergi.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy