Cara Terbaik Untuk Mendidik Anak Agar Mandiri

SHARE:



Salah satu hal terpenting dalam proses mendidik anak adalah mengajarkan anak untuk mandiri. Kemandirian ini harus diajarkan pada anak sedini mungkin. Mengajarkan anak untuk mandiri sudah dapat dilatih sejak anak memasuki usia 1 tahun. Pada tahap ini ketika anda sebagai orangtua mulai mendidik anak untuk mandiri, harus dibedakan sesuai tahap usianya.

Anak merupakan salah satu hal yang menjadi kebanggaan orangtua. Sebagai orangtua apapun hal akan dilakukan untuk membuat anak menjadi bahagia dan menjadi yang terbaik. Anak yang memiliki karakter dan sifat-sifat positif akan menjadi kebanggaan orangtua yang luar biasa. Maka dari itu dalam tumbuh kembang anak harus diperhatikan segala aspeknya, orangtua harus benar-benar memperhatikan, harus berhati-hati agar perkembangan anak menjadi baik, dan tentunya akan berpengaruh pada kehidupan anak di masa mendatang.

Baca Juga : Mengatasi Pertengkaran Orangtua dan Anak

Agar Anda memiliki wacana untuk mendidik anak agar mandiri, di bawah ini ada tips untuk mendidik anak dengan baik, agar mandiri.

Mulai Ajarkan Sebuah Rutinitas

Mulai Ajarkan Sebuah Rutinitas
Saat anak berusia 1 sampai 3 tahun, Anda dapat melatih anak untuk melakukan sebuah rutinitas, misalnya waktu mandi, makan, tidur, dan minum susu. Bisa juga untuk mulai melatih jika akan mandi, anak yang mengambil handuk. Ajarkan juga untuk makan dan minum sendiri. Latihlah juga untuk mulai buang air kecil dan buang air besar di kamar mandi. Lalu ajarkan juga untuk mulai melepas pakaian, dan memakai pakaian sendiri, tentunya dengan bantuan orangtua. Ajarkan pula untuk mulai membereskan mainan, ketika anak sudah selesai bermain, dan ajarkan untuk menaruh mainan di tempat semula. Ajari juga anak untuk bekerjasama dalam melakukan sebuah tugas di rumah, hal ini akan mengajarkan anak untuk mandiri dan memiliki tanggungjawab.

Jangan Menuruti Semua Keinginan Anak

Anak jaman sekarang terlalu nyaman dengan segala fasilitas yang sudah tersedia. Hal ini yang malah membuat anak menjadi manja, dan tidak mandiri. Dalam meraih sesuatu tidak ada sebuah perjuangan yang dilakukan oleh anak tersebut. Maka dari itu anda sebagai orangtua jangan selalu menuruti keinginan anak. Hal ini berdampak buruk pada ketergantungan anak pada orang lain, menjadikan anak malas. Biasakan anak untuk selalu berusaha dalam meraih sesuatu, dan mengerjakan tugas sendiri, agar mereka dapat belajar untuk bertanggungjawab pada diri mereka sendiri.

Baca Juga : 10 Dampak Negatif Smartphone Bagi Anak-anak

Berikan Anak Kasih Sayang & Perhatian

Berikan Anak Kasih Sayang & Perhatian
Berikan anak kasih sayang dan perhatian yang banyak, agar anak merasa nyaman berada di dekat orangtua. Berikan perhatian juga pada anak dalam hal apapun, hal sekecil apapun. Selalu dorong dan dukung segala hal yang dilakukan anak selama itu positif. Sebagai orangtua anda harus berusaha menjadi orangtua yang terbaik, yang dapat menjadi kebanggaan anak.

Ajari Anak Untuk Tidak Berbohong

Ajari anak untuk selalu terbuka dalam segala hal, dalam keadaan apapun, jangan membiasakan anak untuk bersikap tertutup terhadap perasaannya. Jangan sekali-kali memberikan contoh pada anak. Didiklah anak untuk selalu bersikap jujur dalam hal apapun, hal ini akan bermanfaat di kehidupan anak di masa mendatang.

Jangan Melakukan Kekerasan Fisik Pada Anak

Jangan Melakukan Kekerasan Fisik Pada Anak
Terkadang kita sebagai orangtua dibuat kesal atau marah karena ulah anak, akan tetapi jangan sekali-kali Anda menghukumnya dengan kekerasan fisik. Karena hal ini akan berakibat buruk, dan tidak akan membuat efek jera pada anak. Cukup dengan memberi tahu secara baik-baik, lambat laun anak akan mengerti dan paham. Kekerasan fisik hanya akan membuat jiwa anak terluka, bukan hanya fisik atau tubuh mereka yang terluka, hal itu akan berdampak negatif pada pertumbuhan mental mereka. Hukuman fisik dalam bentuk apapun hanya akan menakutinya, dan akan membuat anak semakin tidak menghormati Anda sebagai orangtua.

Baca Juga : Cara Yang Baik Untuk Memarahi Anak

Jangan Terlalu Banyak Melarang

Ketakutan orangtua terhadap anak adalah jika anak melakukan hal yang buruk. Karena hal itu banyak orangtua membuat banyak larangan, atau batasan terhadap sesuatu yang tidak berkenan dihati orangtua. Anak memang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap banyak hal. Ajaklah anak untuk berkomunikasi, jangan langsung anda melarangnya. Carilah solusi terbaik, berikanlah pandangan mengenai positif dan negatif mengenai hal yang akan dilakukan. Dengan begitu anak akan selalu berhati-hati dalam bertindak dan melakukan sesuatu.

Mengajarkan anak tentang sebuah kata yaitu mandiri dibutuhkan proses yang tidak mudah. Sebagai orangtua kita tidak boleh pantang menyerah untuk mencetak dan mendidik anak menjadi generasi yang berkualitas. Selalu berikanlah kesempatan seluas-luasnya pada anak untuk mengembangkan dirinya, agar tercipta anak-anak yang berkarakter, yang memiliki rasa percaya diri, jiwa mandiri, dan tanggungjawab yang tinggi. Semoga bermanfaat...

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Cara Terbaik Untuk Mendidik Anak Agar Mandiri
Cara Terbaik Untuk Mendidik Anak Agar Mandiri
Cara Mendidik Anak Agar Mandiri - Anak merupakan salah satu hal yang menjadi kebanggaan orangtua. Sebagai orangtua apapun hal akan dilakukan untuk membuat anak menjadi bahagia dan menjadi yang terbaik. Anak yang memiliki karakter dan sifat-sifat positif akan menjadi kebanggaan orangtua yang luar biasa. Maka dari itu dalam tumbuh kembang anak harus diperhatikan segala aspeknya, orangtua harus benar-benar memperhatikan, harus berhati-hati agar perkembangan anak menjadi baik, dan tentunya akan berpengaruh pada kehidupan anak di masa mendatang.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUxdYWJWqB7QA7H0PCYu2qRVo5uqQ_7JsP898OVuFskrIHGL1ODM9IhQvC81CRxeOqmHXZuHMRl-wOFgEf6unc8HVvkFfxZ6ESuFCFm_KsTGoDoHpMeVA4p1RmdxyLsyAzibO2Px7jMGEf/s640/anak+mandiri.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUxdYWJWqB7QA7H0PCYu2qRVo5uqQ_7JsP898OVuFskrIHGL1ODM9IhQvC81CRxeOqmHXZuHMRl-wOFgEf6unc8HVvkFfxZ6ESuFCFm_KsTGoDoHpMeVA4p1RmdxyLsyAzibO2Px7jMGEf/s72-c/anak+mandiri.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2015/09/cara-terbaik-untuk-mendidik-anak-agar.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2015/09/cara-terbaik-untuk-mendidik-anak-agar.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy