Kandungan & Manfaat Luar Biasa Labu Siam (Manisa)

SHARE:



Labu siam, apa itu labu siam? Labu siam termasuk tanamanan merambat berjenis sayuran yang berasal dari Amerika Tengah, yang kemudian menyebar keseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Labu siam ini mudah ditanam, apalagi di tanah yang lembab atau basah. Ciri sayuran ini kulitnya berwarna hijau pucat, dan memiliki beberapa alur vertical di permukaan kulitnya. Dagingnya berwarna putih pucat, dan membungkus bakal biji yang berwarna putih.

Labu siam dapat dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya, setelah itu dengan dimakan langsung juga akan terasa enak dan manis. Labu siam ini digemari oleh ibu rumah tangga yang biasa mengolahnya dengan cara ditumis, dibuat sayur lodeh, lalapan, dan lain sebagainya. Ibu rumah tangga sangat menggemari sayuran ini karena memiliki harga yang relatif murah dan mudah didapatkan.

Manisa atau labu siam termasuk sayuran yang memiliki gizi dan manfaat untuk kesehatan tubuh, lebih jelasnya berikut berbagai kandungan gizi labu siam dan manfaat untuk kesehatan:

Kandungan Labu Siam (manisa)/ 100 gram

  • Kalori (kcal) 19
  • Jumlah Lemak 0,1 g
  • Sodium 2 mg, Potasium 125 mg
  • Karbohidrat 4,5 g
  • Serat pangan 1,7 g
  • Gula 1,7 g, Protein 0,8 g
  • Kalsium 17 mg, Zat besi 0,3 mg, Magnesium 12 mg
  • Vitamin C, E, B6

Manfaat Labu Siam (manisa)

Kandungan & Manfaat Luar Biasa Labu Siam (Manisa)
Mengatasi tekanan darah tinggi
Labu siam ampuh menurunkan tekanan darah yang tinggi. Kandungan kalium dalam labu siam mampu menurunkan kadar garam dalam darah melalui air seni yang keluar. Dengan berkurangnya darah, maka kerja jatung juga akan menjadi ringan, dan tekanan darah otomatis akan turun. Kalium disini berfungsi melawan efek sodium, yang jika terlalu banyak sodium akan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Menjaga kadar kolesterol
Labu siam juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol agar selalu stabil, hal itu karena labu siam adalah makanan yang rendah kalori, dan tidak mengandung lemak jenuh. Makanan yang rendah kalori baik untuk menjaga kadar kolesterol.

Mencegah kanker usus
Labu siam mengandung serat yang sangat tinggi. Serat dapat membantu mengikat zat karsiogenik atau pemicu kanker. Labu siam juga mengandung antioksidan, yang dapat membantu menangkal radikal bebas pemicu kanker.

Baik untuk pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam labu siam membantu melancarkan pencernaan. Selain itu menurut para ahli labu siam yang kaya akan serat ini, baik untuk seseorang yang diet atau sedang menurunkan berat badan.

Menstabilkan asam urat
Labu siam memiliki efek diuretik, yang berfungsi untuk melancarkan air seni. Jika orang yang terkena asam urat, maka kelebihan asam urat atau kadar garam akan larut terbawa bersama air seni.

Baik untuk wanita hamil
Labu siam mengandung asam folat dan berbagai vitamin yang sangat bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Folat berfungsi untuk mengurangi resiko melahirkan bayi cacat dan keguguran. Folat juga sangat penting dalam pembelahan sel dan pembentukan DNA janin.

Menjaga kecantikan kulit
Labu siam mengandung berbagai vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, yaitu vitamin C dan E. Selain itu, labu siam juga memiliki zat yang bersifat anti inflamasi yang dapat mencegah dan mengatasi jerawat, flek hitam, kulit kasar, dan berbagai masalah kulit lainnya.

Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam labu siam, terbukti ampuh membantu mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Membersihkan racun dalam tubuh
Labu siam juga membantu proses detoksifikasi atau membersihkan racun dalam tubuh, sehingga tubuh lebih sehat dan kulit juga akan terlihat lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Mengkonsumsi Labu Siam (manisa)

  • Labu siam mengandung getah yang cukup banyak, yang dapat menyebabkan sensasi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan jika terkena getah tersebut. Hal ini bisa disiasati dengan sarung tangan pada saat akan mengupasnya. Atau bisa juga mengupas dibawah kucuran air kran.
  • Labu siam hanya dapat bertahan selama 2-3 minggu jika disimpan di dalam lemari pendingin. Sebaiknya simpan dalam kantong kertas atau kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin.
Demikian beberapa informasi mengenai kandungan dan manfaat labu siam. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua, dan dapat bermanfaat.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Kandungan & Manfaat Luar Biasa Labu Siam (Manisa)
Kandungan & Manfaat Luar Biasa Labu Siam (Manisa)
Kandungan & Manfaat Luar Biasa Labu Siam (Manisa) - Labu siam, apa itu labu siam? Labu siam termasuk tanamanan merambat berjenis sayuran yang berasal dari Amerika Tengah, yang kemudian menyebar keseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Labu siam ini mudah ditanam, apalagi di tanah yang lembab atau basah. Ciri sayuran ini kulitnya berwarna hijau pucat, dan memiliki beberapa alur vertical di permukaan kulitnya. Dagingnya berwarna putih pucat, dan membungkus bakal biji yang berwarna putih.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjt6CZStzb3BHxCg7a_M61w_wIKc2VXHTsRuv7M-VNQloAO6EdkjXX4Vm7g21_lzPy4KFAjAz2H20VUTrcNFB82GLH8vzCW6YVIZjzZSeM7WK-DhK5NcQUtlU4tNe3INMM-eZAyLh1zxwGo/s640/labu+siam.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjt6CZStzb3BHxCg7a_M61w_wIKc2VXHTsRuv7M-VNQloAO6EdkjXX4Vm7g21_lzPy4KFAjAz2H20VUTrcNFB82GLH8vzCW6YVIZjzZSeM7WK-DhK5NcQUtlU4tNe3INMM-eZAyLh1zxwGo/s72-c/labu+siam.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2015/08/kandungan-manfaat-luar-biasa-labu-siam.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2015/08/kandungan-manfaat-luar-biasa-labu-siam.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy