Tips Mengajarkan Anak Berjiwa Bisnis Sedini Mungkin

SHARE:



Tips Mengajarkan Anak Berjiwa Bisnis Sedini Mungkin - Bunda apa yang Anda pikirkan mengenai kehidupan anak Anda kelak? Pasti kita sebagai orangtua berharap nantinya anak kita menjadi seorang yang sukses di dunia maupun di akhirat. Tolak ukur kesuksesan di dunia menurut para orangtua pada umumnya memimpikan anaknya kelak untuk menjadi dokter, insinyur, polisi, ataupun bekerja menjadi pegawai/karyawan. Tapi seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, ternyata saat ini banyak juga orangtua yang mengharapkan anaknya untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis. Mungkin orangtua mulai berpikir bahwa dengan menjadi seorang pengusaha waktu anak Anda kelak tidak akan terikat, lebih bebas dan pasti akan lebih banyak waktu bersama keluarga.

Dalam mencetak anak menjadi seorang pengusaha, sudah pasti orangtua dan lingkungan juga harus mendukung. Menjadi seorang pengusaha akan membentuk kepribadian anak menjadi tangguh, akan mengajarkan anak untuk selalu berusaha, mengasah kreativitas, memecahkan masalah, mengambil keputusan, serta bertanggungjawab penuh atas apa yang telah dia lakukan. Dan kelak sifat-sifat tersebut akan menjadi bekal ketika mereka menjadi dewasa. Jiwa pengusaha juga memerlukan motivasi yang bagus, kecerdasan yang baik, inovatif, dan harus selalu mencari sesuatu hal yang baru untuk bisa dikembangkan.

Pertama-tama Ajarkan Anak Untuk Mengelola Suatu Keuangan


Fungsi uang tidak hanya untuk membeli sesuatu, ajarkan juga bahwa uang berfungsi juga untuk ditabung, dan berbagi dengan orang yang membutuhkan atau bersedekah. Ajarkan anak untuk mengelola uang dengan baik, jelaskan juga bahwa uang yang ada berasal dari kerja keras orangtua. Uang boleh digunakan untuk kebutuhan yang benar-benar penting, dengan begitu kita akan mengajarkan anak untuk tidak hidup konsumtif. Kemudian ajarkan bahwa uang yang didapat bisa menghasilkan yang lebih banyak dengan cara memutar uang tersebut untuk, misalnya untuk berdagang/berjualan, atau melakukan sebuah usaha.
Ajarkan anak keberanian dan jiwa kepemimpinan

Cara mengajarkannya adalah dari hal terkecil, beri kesempatan pada anak untuk berbicara di depan keluarga saat makan atau ada acara keluarga. Tunjuklah anak untuk memimpin doa, ketika sedang makan bersama keluarga, hal ini secara tidak langsung akan mengajarkan anak untuk berani dan dapat menumbuhkan jiwa pemimpinnya.

Ajarkan Anak Untuk Selalu Memiliki Target Dalam Sebuah Rencana

Ketika anak sudah mulai mengerti komunikasi dua arah, antara anak dan orangtua, tugas seorang ibu adalah mengajak berpikir, tanyakan pada anak apa saja keinginan dalam hidup mereka, kemudian jadikan hal itu menjadi suatu target yang harus dicapai. Berikan penjelasan dan langkah-langkah bagaimana agar target tersebut bisa dicapai. Lalu tugas ibu disini adalah memantau serta memberikan motivasi kepada anak, jika mereka berhasil berikanlah anak hadiah serta pujian.

Ajarkan Konsep Jual Beli

Ajaklah anak untuk berjualan mainan serta buku-bukunya, lalu ajarkan mereka untuk menentukan harga jual barang-barang tersebut. Ajarkan mereka juga untuk bertransaksi, serta menghitung uang kembalian, membungkus barang, serta berterimakasih kepada orang yang sudah membeli. Dengan berjualan anak dapat belajar untuk berkomunikasi dengan orang lain, serta mengajarkan bagaimana melayani kemauan pembeli.

Ajarkan Anak Mengenai Peluang Usaha

Peluang usaha sangat berperan penting dalam sebuah proses bisnis, banyak sekali orang mengabaikan kemampuan yang ada pada dirinya, karena kurangnya mereka dapat melihat sebuah peluang. Ajarkan anak untuk memecahkan suatu masalah, agar memacu mereka untuk menggali ide sebanyak mungkin dari satu masalah.

Ajarkan Tentang Konsep Pemasaran

Jika kita melakukan sebuah usaha, hal yang harus dipikirkan juga adalah mengenai pemasaran produk. Sebuah bisnis/usaha jika tanpa metode pemasaran yang baik, maka suatu usaha bisa mengalami kegagalan. Untuk awal dalam mengajarkan konsep pemasaran pada anak, adalah dengan cara, mengajak anak untuk melihat papan, poster atau iklan tentang suatu produk yang sama, tetapi dari beberapa iklan perusahaan yang berbeda-beda. Kemudian tanyakan pada mereka, mana iklan yang lebih bagus dan kenapa yang satu bagus dan yang lain kurang bagus. Dengan begitu akan terjadi proses berpikir pada anak Anda, bisa jadi jawaban-jawaban anak Anda sangat luar biasa, kadang tidak terduga.

Ajarkan Anak Tentang Sebuah Arti Kegagalan

Dalam melakukan sebuah usaha, kita harus siap untuk kemungkinan terburuk yaitu gagal. Akan tetapi kegagalan bisa menjadi guru dan motivasi untuk perubahan yang sangat besar. Jika dalam usahanya anak terjatuh atau gagal, maka berikanlah motivasi kepada mereka untuk belajar dari kesalahan, dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi.

Ajarkan Anak Untuk Memberi atau Tolong-menolong

Jika anak berhasil dalam usahanya, ajarkan ia untuk bermanfaat bagi orang lain. Ajarkan untuk memberi dan bersedekah, sehingga anak tidak menjadi egois dan serakah. Ajarkan anak untuk memberi uang kepada pengemis atau pada orang yang membutuhkan, dengan uang jajan yang telah ia sisihkan.

Nah berikut beberapa tips untuk mengajarkan anak supaya berjiwa bisnis, semoga bermanfaat ya Bunda :)

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Tips Mengajarkan Anak Berjiwa Bisnis Sedini Mungkin
Tips Mengajarkan Anak Berjiwa Bisnis Sedini Mungkin
Tips Mengajarkan Anak Berjiwa Bisnis Sedini Mungkin - Bunda apa yang Anda pikirkan mengenai kehidupan anak Anda kelak? Pasti kita sebagai orangtua berharap nantinya anak kita menjadi seorang yang sukses di dunia maupun di akhirat. Tolak ukur kesuksesan di dunia menurut para orangtua pada umumnya memimpikan anaknya kelak untuk menjadi dokter, insinyur, polisi, ataupun bekerja menjadi pegawai/karyawan. Tapi seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, ternyata saat ini banyak juga orangtua yang mengharapkan anaknya untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis. Mungkin orangtua mulai berpikir bahwa dengan menjadi seorang pengusaha waktu anak Anda kelak tidak akan terikat, lebih bebas dan pasti akan lebih banyak waktu bersama keluarga.
http://3.bp.blogspot.com/-6wp0ZC7wYoY/VI8gd4-Gc1I/AAAAAAAANC4/ENDzLMX4nR4/s640/Sedekah.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-6wp0ZC7wYoY/VI8gd4-Gc1I/AAAAAAAANC4/ENDzLMX4nR4/s72-c/Sedekah.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2015/07/tips-mengajarkan-anak-berjiwa-bisnis.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2015/07/tips-mengajarkan-anak-berjiwa-bisnis.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy