Kewajiban Suami & Istri Yang Perlu Diketahui

SHARE:



Kewajiban Suami & Istri Yang Perlu Diketahui - Sobat heqris ada informasi penting neh yang wajib anda simak. Buat kalian yang baru akan menikah atau bahkan yang sudah mengarungi bahtera rumah tangga, hal ini wajib dibaca.

Dalam kehidupan bersuami istri ada sebuah adab yang harus dijalankan agar kehidupan dalam berumah tangga berjalan dengan lancar dan langgeng. Adab merupakan tingkah laku yang baik dan pantas, kehalusan budi bahasa, tata susila, dan kesusastraan. Atau lebih simpelnya adab bisa diartikan sebagai akhlak yang baik atau budi pekerti yang mulia.

Baca Juga : Ciri Perkawinan Yang Sehat

Dengan kita mengetahui adab dalam menjalankan sebuah rumah tangga, pasti perjalanan dalam berumah tangga akan berjalan mulus. Jika masing-masing menyadari dan melaksanakan kewajiban masing-masing, maka hak masing-masing dengan sendirinya akan terpenuhi tanpa meminta atau menuntut. Jika seorang suami melaksanakan kewajibannya, maka dengan begitu hak seorang istri akan terpenuhi, begitu pula sebaliknya. Jika suami dan istri dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar sesuai ajaran agama Islam, maka mereka telah memiliki akhlak yang baik dan mulia dalam rumah tangga. Ini neh simak bermacam kewajiban suami terhadap istri, dan juga kewajiban istri terhadap suami.

Kewajiban Suami & Istri Yang Perlu Diketahui

Kewajiban Suami Kepada Istrinya

Suami wajib memimpin rumah tangganya
Seorang lelaki yang sudah menikah atau biasa disebut suami, harus bisa menjadi pemimpin dalam sebuah keluarga. Memimpin disini dapat mencakup pemberian perhatian, pemeliharaan, pembelaan, penanggung jawab, pelindung, dan juga pengurus keluarga.

Suami wajib menafkahi keluarganya
Menafkahi disini dimaksud memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarga. Suami dalam memberi nafkah istri dan anak-anaknya harus sesuai dengan kemampuannya.

Suami wajib memerintahkan kebaikan kepada istrinya
Jika istri melakukan sebuah kesalahan, suami wajib untuk menasehati dan mengingatkan.

Suami dilarang mencari-cari kesalahan istri
Yang dimaksud disini adalah jika istri sudah taat dan menjalankan semua yang diperintahkan oleh suami, maka suami tidak boleh mencari-cari jalan untuk mencari kesalahan istri.

Bergaul dengan istri dengan cara yang baik
Bergaul dengan istri dengan cara yang sopan. Memperhalus kata-kata, dan memperindah perilaku dan sikap untuk istri.

Suami wajib mengajari istri dan anak ilmu agama
Mengajarkan ilmu agama kepada istri dan anak. Mengajari, dan mendidik, seperti perintah menunaikan shalat, serta ibadah lainnya.

Menjaga keluarga dari siksa Allah
Suami wajib memelihara diri dan keluarga dari api neraka, dengan cara mengajari istri dan anak untuk selalu taat kepada Allah, dan tidak melakukan maksiat. Selalu mengajarkan istri dan anak untuk selalu berdzikir serta bertakwa kepada Allah SWT.

Kewajiban istri kepada suaminya

Istri wajib mengetahui kedudukan suami
Istri harus paham bahwa kedudukan suami lebih tinggi dari suami. Istri wajib untuk tunduk dan patuh kepada suaminya, karena Allah sudah menciptakan hak laki-laki lebih tinggi dari perempuan.

Istri wajib mentaati suami (selama perintah suami dalam kebenaran agama Islam)
Rumah tangga yang bahagia itu adalah dengan keberadaan istri yang sholehah, yang selalu taat kepada Allah, serta setia dan patuh kepada suaminya. Jika hal ini sudah dilaksanakan oleh istri, Allah sudah menjanjikan, “masuklah ke dalam surge dari pintu mana saja yang kamu kehendaki”.

Istri wajib mendahulukan suami dari orang lain
Hal apapun istri wajib mendahulukan suami, karena sudah jelas bahwa jika seorang wanita sudah menikah yang paling berhak atas dirinya adalah suami, dan juga sebaliknya.

Istri wajib berterima kasih pada suaminya
Istri harus selalu berterima kasih kepada suaminya, karena suami yang telah menafkahi serta membahagiakan istri tersebut.

Istri wajib menyenangkan hari suaminya
Istri harus selalu menyenangkan ketika suami melihatnya, baik secara fisik maupun sikap dan perilaku.

Istri wajib mengurus rumah tangga
Kewajiban istri yang paling penting juga adalah mengurus rumah tangga. Mengurus suami, anak, dan juga kegiatan rumah tangga.

Istri harus selalu ijin suami
Dalam hal apapun istri wajib meminta ijin suami, seperti akan keluar rumah, bahkan jika ingin melaluka puasa sunah, atau amalan sunahpun harus selalu seijin suami.

Tidak keluar rumah jika suami tidak suka istrinya keluar rumah

stri dilarang menolak ajakan suami
Istri dilarang menolak ajakan suami, apapun itu, seperti dalam hal bergaul diranjang.

Istri dilarang membebani suami
Bersyukurlah atas apa saja yang telah diberikan oleh suami, jangan membebani suami dengan meminta banyak permintaan.

Istri dilarang menyakiti suami
Sebagai istri sebisa mungkin jangan sakiti hati suami, jika sampai kita melakukan kesalahan segeralah untuk meminta maaf.

Istri harus penuh kasih, bermanfaat dan sabar untuk mencari keridhaan suami
Janji Allah adalah istri penghuni surge adalah perempuan-perempuan yang penuh kasih, bermanfaat bagi suaminya, yang jika menyakiti atau disakiti akan langsung meraih tangan suami dan berkata maaf.

Itu tadi penjelasan seputar kewajiban suami istri dalam rumah tangga. Keberhasilan sebuah pernikahan tidak akan pernah tercapai kecuali jika kedua belah pihak yaitu suami dan istri memperhatikan hak suami atau istri tersebut. Sebagai orang beragama Islam tunaikanlah dengan baik dan benar kewajiban anda kepada Allah SWT. Dan juga tunaikanlah dengan baik benar kewajiban anda kepada suami atau istri masing-masing, sesuai petunjuk Allah SWT dan sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Selamat menjalankan.

Editor : Bagus Hermawan

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Kewajiban Suami & Istri Yang Perlu Diketahui
Kewajiban Suami & Istri Yang Perlu Diketahui
Kewajiban Suami & Istri Yang Perlu Diketahui - Sobat heqris ada informasi penting neh yang wajib anda simak. Buat kalian yang baru akan menikah atau bahkan yang sudah mengarungi bahtera rumah tangga, hal ini wajib dibaca. Dalam kehidupan bersuami istri ada sebuah adab yang harus dijalankan agar kehidupan dalam berumah tangga berjalan dengan lancar dan langgeng. Adab merupakan tingkah laku yang baik dan pantas, kehalusan budi bahasa, tata susila, dan kesusastraan. Atau lebih simpelnya adab bisa diartikan sebagai akhlak yang baik atau budi pekerti yang mulia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNhC6jlEeLX5fIMGowZ8tbb_IBR8qdJSXzr6vXrOscnkdLZtTPqN7VAeM5fnxRkwQ2PC7nHwgtjWegFceBAxVpHQhhyphenhyphenKcaw761S2Chr7Cr0XEqCuqFvxcGWdF0o2BwEeUxoxHY2ymPRpED/s1600/komitmen.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNhC6jlEeLX5fIMGowZ8tbb_IBR8qdJSXzr6vXrOscnkdLZtTPqN7VAeM5fnxRkwQ2PC7nHwgtjWegFceBAxVpHQhhyphenhyphenKcaw761S2Chr7Cr0XEqCuqFvxcGWdF0o2BwEeUxoxHY2ymPRpED/s72-c/komitmen.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2015/04/kewajiban-suami-istri-yang-perlu.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2015/04/kewajiban-suami-istri-yang-perlu.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy