Etika & Tata Cara SEO (Search Engine Optimization)

SHARE:



Sebelum kita membahas manfaat dan cara penggunaan SEO pada website, terlebih dahulu kita bahas tentang pengertian SEO supaya lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Search Engine Optimization atau lebih sering disingkat SEO adalah sebuah proses dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website. Karena SEO sendiri berhubungan dengan mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya, maka yang perlu diketahui adalah proses seorang webmaster untuk mengelola website supaya keyword yang diinginkan bisa mencapai ranking pertama pada mesin pencarian. Dengan begitu kemungkinan besar akan mendatangkan pengunjung yang terus meningkat.

SEO pertama kali diaplikasikan pada tahun 1997, alasan utama munculnya SEO karena pada saat itu mesin pencarian masih mudah untuk dimanipulasi. Mesin pencarian pertama kali menggunakan algoritma dengan melakukan pengecekan website berdasarkan meta tag dan HTML, dengan begitu para webmaster akan lebih mudah memanipulasi keyword, Efek dari manipulasi itu sendiri berdampak pada mesin pencarian dan para penggunanya, mesin pencarian akan memunculkan hasil pencarian yang tidak relefan dan para penggunanya merasa kesal karena hasil dari mesin pencarian tidak sesuai yang dinginkan.

Dengan banyaknya para pengelolah web (webmaster) yang melakukan manipulasi, algoritma pada mesin pencarian pun terus diperbaiki seiring berjalannya waktu. Di sisi lain mesin pencarian khususnya Google juga melakukan sikap yang tegas kepada para webmaster yang melakukan manipulasi. Itu terbukti dengan banyaknya website yang di banned dari indeks pencarian, Google juga secara resmi mengumumkan bahwa link yang menggunakan teknis ilegal seperti scraper pages, generated pages, farming, doorway pages, keyword stuffing akan dihapus dari indeks pencarian Google.

Memang tidak bisa dipungkiri, sejak munculnya mesin pencarian dan bahkan sampai sekarang para webmaster akan melakukan segala cara untuk menduduki ranking pertama pada mesin pencarian, hal itu memang sah-sah saja dilakukan, asalkan sesuai dengan etika dan peraturan yang sudah ditentukan oleh mesin pencarian.

Sedikit kita membahas tentang PageRank dan Alexa. Munculnya PageRank juga dikarenakan banyakya webmaster yang melakukan manipulasi, PageRank sendiri bertujuan untuk menentukan kualitas web dengan perhitungan matimatika antara perhitungan jumlah link yang mengarah kepada website, yang tentunya perhitungna tersebut tergantung pada masing-masing kwalitas link. Untuk Alexa merupakan situs yang menyediakan informasi tentang banyaknya pengunjung dan sesuai dengan urutannya.

Untuk saat ini backlink memang tidak begitu berpengaruh pada kwalitas website di mata mesin pencarian, karena hanya dengan modal banyaknya backlink kwalitas website bisa meningkat, walupun dari segi informasi kurang begitu bermanfaat. Mungkin itu juga merupakan alasan google untuk membuat algoritma pencarian yang hanya lebih mengedepankan kwalitas website dari segi informasi dan manfaat bagi para pengunjung.

Mungkin bagi orang awan, ketika mendengar kata SEO akan membayangkan hal yang begitu rumit dan membingungkan, hal itu terjadi karena bayangan orang tersebut tertuju pada algoritma mesin pencarian. Secara sengaja maupun tidak sengaja orang tersebut akan berfikir dan mencari tahu algoritma apa yang telah digunakan oleh mesin pencarian atau bagaimana kita bisa berada di peringkat pertama jika tidak mengetahui algoritmanya. Jika memang Anda sekarang berfikir demikian, sebaiknya hentikan mulai sekarang, karena hal itu akan menyia-nyiakan waktu Anda.

Pemahaman SEO
Sebenarnya memahami SEO tidaklah serumit algoritma pada mesin pencarian, kita hanya perlu melakukan optimasi agar website yang kita kelola bisa disukai oleh mesin pencarian. Untuk membuat website yang banyak pengunjung dan disukai oleh mesin pencarian memang tidaklah mudah dan semua itu membutuhkan proses yang lama, kalaupun ada teknik SEO dengan cara instan, pasti kebanyakan menggunakan teknik ilega, dengan begitu umur website yang terindeks pasti tidak akan bertahan lama. Namun bukan berarti Cara SEO harus dilakukan melalui proses yang begitu panjang dan melelahkan, ada juga jalan instan secara ilegal yang bisa ditempuh, hal ini biasanya ditempuh oleh para pengelola web yang serius dan mempunyai modal yang cukup besar.

Cara instan yang bisa ditempuh adalah dengan memasang iklan dengan system pay per klik atau bayar per klik, yang berarti setiap pengunjung yang melakukan klik pada iklan, maka pemasang iklan akan dikenakan biaya. Untuk biayanya tergantung dari kebijaksanaan penyedia jasa iklan tersebut. Namun perlu diketahui tidak semua jasa penyedia iklan akan membuat website anda berada di peringkat pertama, tujuan pemasangan iklan itu sendiri tak lain agar meningkatkan jumlah pengunjung secara instan. Lain halnya jika menggunakan layanan pay per klik Google AdWard, dengan memasang iklan website kita akan berada di halaman pertama (bukan peringkat pertama) ketika pengunjung melakukan pencarian sesuai dengan keyword yang sudah ditentukan.

Panduan SEO (Search Engine Optimization):
1. Mendaftarkan website ke mesin pencarian.
Pendaftaran website ini bertujuan supaya website kita bisa terindek oleh mesin pencarian, dengan begitu seseorang bisa menemukan alamat website kita pada mesin pencarian.
  • Untuk Google di: http://www.google.com/intl/en/submit_content.html
  • Untuk Yahoo di:  http://search.yahoo.com/info/submit.html
  • Untuk Bing di: http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url
2. Menggunakan aplikasi atau panduan yang sudah disediakan oleh mesin pencarian
Penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja website agar terindeks dengan baik, untuk aplikasi yang disediakan Google, Anda bisa mengunjungi www.google.com/webmaster. Untuk menggunakan aplikasi ini harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Fungsi dari webmaster ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan pada website Anda, selain itu pihak Google juga kerap memberikan solusi, dengan begitu kesalahan website akan lebih mudah ditangani.

3. Mengelola tampilan web yang baik.
Usahakan tampilan pada website tadaklah terlalu rumit dan berat karena banyaknya iklan, gambar maupun video. Tujuannya tak lain adalah untuk membuat para pengunjung bisa menikmati website yang Anda kelolah dengan maksimal.

4. Membuat konten yang baik.
Saya rasa konten adalah hal yang paling penting, karena konten yang baik akan lebih disukai oleh mesin pencarian dan para pengunjung. Dengan adanya konten yang baik dan pastinya tidak copas, para pengunjung bisa berinteraksi dengan melakukan komentar, disisi lain pengunjung juga akan berlama-lama karena benar-benar menikmati hidangan yang sudah Anda buat.

5. Menentukan keyword yang sesuai dengan konsep website.
Selain memiliki konten yang bagus, menentukan keyword yang pas juga sangat berpengaruh, untuk itu pastikan keyword yang akan ditentukan benar-benar sesuai dengan konten dan ada kemungkinan untuk dicari oleh para pengunjung.

6. Update website secara berkala
Melakukan update secara berkala juga sangat berpengaruh, karena jika tidak melakukan update selama beberapa bulan, peringkat pada mesin pencarian sedikit demi sedikit akan tergusur. Karena tidak semua website bisa update secara berkala (saya ambil contoh website perusahaan seperti travel atau perhotelan), solusi yang tepat adalah mensisipkan artikel bebas yang bermanfaat untuk para pengunjung, lebih bagus lagi kalau artikel tersebut masih berhubungan dengan konsep web. Tujuannya untuk menarik pengunjung dari artikel itu sendiri, disisi lain para pengunjung juga bisa mengetahui konsep website Anda.

Berikut beberapa tips sederhana SEO pada website, kalau kita bisa mengimplementasikannya dengan benar, pengunjung website pasti akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Menurut pendapat saya kesuksesan SEO bukan semata-mata harus berada pada peringkat pertama, melainkan bagaimana cara membuat pengunjung tidak kecewa dengan website yang sudah kita kelolah.

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Etika & Tata Cara SEO (Search Engine Optimization)
Etika & Tata Cara SEO (Search Engine Optimization)
Mungkin bagi orang awan, ketika mendengar kata SEO akan membayangkan hal yang begitu rumit dan membingungkan, hal itu terjadi karena bayangan orang tersebut tertuju pada algoritma mesin pencarian. Secara sengaja maupun tidak sengaja orang tersebut akan berfikir dan mencari tahu algoritma apa yang telah digunakan oleh mesin pencarian atau bagaimana kita bisa berada di peringkat pertama jika tidak mengetahui algoritmanya. Jika memang Anda sekarang berfikir demikian, sebaiknya hentikan mulai sekarang, karena hal itu akan menyia-nyiakan waktu Anda.
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2013/05/etika-tata-cara-seo-search-engine.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2013/05/etika-tata-cara-seo-search-engine.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy