8 Akibat Berbahaya Ketika Tubuh Kekurangan Air

SHARE:

Kekurangan cairan dalam tubuh memang terdengar sepele karena kita sering mengabaikannya dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi kurangnya mengkonsumsi yang mengakibatkan dehidrasi ini juga bisa sangat membahayakan bagi tubuh.

Dehidrasi bisa sangat membahayakan karena tubuh kita membutuhkan air untuk mencerna makanan, membuang limbah dan meregulasi tubuh agar bisa bekerja dengan benar. Dehidrasi memiliki banyak beragam bentuk dan agar anda bisa lebih rajin mengkonsumsi air putih, berikut akibat berbahaya ketika tubuh kekurangan air;

1. Menurunnya Fungsi Otak

Akibat Berbahaya Ketika Tubuh Kekurangan Air
Dalam organ tubuh kita, otak merupakan bagian tubuh yang membutuhkan air paling banyak karena 85% dari sel-sel otak adalah air. Air dalam otak sangatlah penting karena merekalah yang menciptakan energi listrik tenaga air melalui osmosis sel. Ketika otak kekurangan air, jaringan otak akan langsung menghemat pasokan energi dan mengakibatkan otak menjadi tidak bekerja secara maksimal.

Dehidrasi juga bisa menghambat proses psikologis dan reaksi biokimia, jadi menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangatlah dianjurkan. Bahkan, di sekolah negara-negara maju selalu menganjurkan anak-anak untuk membawa botol air mineral agar tubuh mereka tetap terhidrasi dan membantu otak mereka dalam menyimpan informasi.

2. Eksim Kulit

Eksim atau eksema adalah peradangan pada kulit yang bisa menyebabkan gatal-gatal. Kondisi ini juga disertai dengan kulit kering, merah dan pecah-pecah. Kulit kita membutuhkan 75% air, jadi ketika kita kekurangan air akan dapat merusak kulit. Dan salah satu gangguan kulit akhibat dehidrasi adalah eksim kulit. Tubuh kita membutuhkan air untuk cukup berkeringat, mengeluarkan racun, dan mencegah iritasi kulit.

Ketika tubuh kekurangan air, tubuh akan mencoba untuk memproduksi lebih banyak kolesterol dan berdampak pada eksim kulit. Selain itu juga bisa menjadi penyebab penuaan dini.

3. Kerusakan Ginjal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Dengan adanya ginjal, keseimbangan cairan dalam tubuh akan lebih terjaga. Tapi agar ginjal bisa tetap sehat dan bekerja secara maksimal, hal itu dibutuhkan air. Dengan adanya air, ginjal bisa bekerja secara maksimal untuk memisahkan urine dari darah.

Ketika tubuh sering kekurangan air, hal ini dapat menjadi pemicu kerusakan pada ginjal karena mereka tidak mampu menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Seiring berjalannya waktu, hal ini bisa menimbulkan penyakit batu ginjal yang menjadi penyebab rasa sakit pada bagian punggung, kandung kemih, ureter, dan kaki.

4. Peradangan Sendi

Secara teknis, air merupakan bagian penting yang berfungsi sebagai pelumas sendi dan tidak bisa digantikan oleh apapun. Jika tubuh terus menerus kekurangan air, ini bisa menyebabkan peradangan sendi atau yang sering disebut dengan arthritis. Pelumas sendi sering juga disebut dengan cartilage dan tentu saja sel-sel ini mengandung jumlah air yang cukup besar. Jadi, jika dehidrasi akan mengakibatkan cartilage menjadi kering dan tidak bisa berfungsi secara efektif.

Arthritis bisa sangat menyakitkan bagi mereka yang terkena penyakit ini. Untuk itu, mulai dari sekarang selalu biasakan hidup sehat dengan rutin mengkonsumsi air setiap hari sesuai kebutuhan tubuh. Dengan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, anda akan terhindar dari peradangan sendi, nyeri rematik, dan mampu menghilangkan racun dalam tubuh.

5. Nyeri Otot

Selian persendian, otot kita juga membutuhkan air. Ketika tubuh kita kekurangan air, massa otot bisa mengalami penurunan. Yang terjadi otot kita akan mengalami peradangan dan berdampak pada rasa nyeri.

6. Infeksi Kandung Kemih

Pada tubuh kita terdapat sistem saluran kemih yang terdiri dari ginjal, ureter, uretra dan kandung kemih. Melalui saluran kemih inilah urin diproduksi kemudian dibuang dari tubuh kita. Orang-orang yang terkena infeksi kandung kemih akan selalu ingin buang air kecil, namun juga dibarengi dengan rasa nyeri saat buang air kecil, warna urin menjadi keruh, dan bau urin yang sangat menyengat.

Kurangnya air dalam tubuh memungkinkan bakteri dan kuman bertambah lebih banyak pada kandung kemih sehingga bisa menyebabkan infeksi. Salah satu cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Yang perlu anda ketahui, dehidrasi merupakan penyebab ketiga dari infeksi kandung kemih.

7. Gangguan Pencernaan

Hal-hal yang paling penting agar fungsi organ tubuh bisa bekerja dengan benar adalah dengan menjaga tubuh kita tetap terhidrasi. Tanpa air dalam jumlah yang tepat, hal ini bisa menyebabkan asam lambung dan bisa menjadi kerusakan pada perut kita yang sering dirasakan dengan mulas.

Setelah lambung, usus besar akan melakukan langkah berikutnya untuk melakukan proses pencernaan. Dan tentunya proses ini juga membutuhkan asupan air yang cukup agar bisa lancar sampai pada bagian akhir. Jika tubuh kekurangan air, tentu saja hal ini akan menjadi salah satu faktor yang sering disebut dengan sembelit.

8. Kematian

Pada poin terakhir ini, kasus terparah akibat dehidrasi bisa menyebabkan kematian. Ketika tubuh kekurangan cairan, ini bisa berdampak buruk pada kegagalan organ yang sudah dijelaskan pada poin-poin di atas. Cuaca yang ekstrim baik itu panas maupun dingin bisa menyebabkan kematian pada orang yang sudah lanjut usia. Selain karena iklim, hal ini juga sering disebabkan oleh dehidrasi.

Ketika kita sudah berusia mulai 50, sensasi haus tubuh kita mulai mengalami penurunan. Sehingga akan lebih sulit untuk menyadari bahwa tubuh kita sedang mengalami kekurangan cairan berupa air.

Saat cuaca ekstrim terjadi, mereka tidak bisa kompeten dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ketika hal ini terus berlangsung dalam kehidupan mereka, akan berdampak pada penyakit yang mematikan seperti; diabetes, jantung, kanker dan alzheimer. Kekurangan cairan merupakan kontribusi yang cukup besar untuk penyakit mematikan ini, untuk itu mulai dari sekarang biasakan untuk mengkonsumsi air secara rutin agar hal itu menjadi kebiasaan hingga masa tua kita.

Berikut 8 akibat berbahaya ketika tubuh kita kekurangan air. Jika anda memiliki pendapat lain silahkan berkomentar dan jangan lupa untuk melakukan share informasi yang bermanfaat ini. Semoga bermanfaat....

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: 8 Akibat Berbahaya Ketika Tubuh Kekurangan Air
8 Akibat Berbahaya Ketika Tubuh Kekurangan Air
Kekurangan cairan dalam tubuh memang terdengar sepele karena kita sering mengabaikannya dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi kurangnya mengkonsumsi yang mengakibatkan dehidrasi ini juga bisa sangat membahayakan bagi tubuh. Dehidrasi bisa sangat membahayakan karena tubuh kita membutuhkan air untuk mencerna makanan, membuang limbah dan meregulasi tubuh agar bisa bekerja dengan benar. Dehidrasi memiliki banyak beragam bentuk dan agar anda bisa lebih rajin mengkonsumsi air putih, berikut akibat berbahaya ketika tubuh kekurangan air;
https://2.bp.blogspot.com/-TvZt29f6fco/VLk06BsacBI/AAAAAAAANxI/3ZnnZSPzue0kU1TaK0adRiz9ydiwbE8sQCKgB/s1600/laki-laki.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-TvZt29f6fco/VLk06BsacBI/AAAAAAAANxI/3ZnnZSPzue0kU1TaK0adRiz9ydiwbE8sQCKgB/s72-c/laki-laki.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2016/06/8-akibat-berbahaya-ketika-tubuh.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2016/06/8-akibat-berbahaya-ketika-tubuh.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy