Ketahui 9 Hal Yang Harus Di Ajarkan Pada Anak

SHARE:



Bunda, memiliki buah hati dengan umur yang berbeda tidak terlalu jauh, terkadang sangatlah rumit. Banyak masalah yang terjadi yang dapat mengakibatkan perselisihan atau pertengkaran diantara anak. Padahal masalah yang terjadi hanya disebabkan karena hal yang sepele, misal berebut mainan, perbedaan pendapat, dan sebagainya.

Terkadang kita sebagai orangtua merasa pusing dan risih, jika terjadi pertengkaran, teriakan, dan tangisan di rumah. Untuk memenuhi kemauan dan keinginan masing-masing anak tidaklah gampang. Akan tetapi kita sebagai orangtua tidak perlu diambil pusing, karena mendidik dan mengajarkan anak agar selalu rukun merupakan tugas bagi orangtua. Agar kelak anak menjadi pribadi yang baik, yang dapat menghargai antara satu dengan yang lain, terutama dengan saudara sendiri.

Ketika Anda memiliki buah hati dan agar kelak mereka bisa menjadi pribadi yang baik, berikut 9 Hal Yang harus di ajarkan pada anak;

1. Ajarkan Anak Untuk Selalu Mengalah

Ajarkan Anak Untuk Selalu Mengalah
Hal-hal yang terkadang bisa menyebabkan pertengkaran pada anak adalah karena salah satu anak tidak mau mengalah. Entah, hal itu dikarenakan masa­lah pendapat, berebut mainan, atau bahkan masalah lainnya. Untuk itu, mengajarkan anak untuk selalu mengalah sangatlah penting. Beri pengertian bahwa sifat mengalah adalah hal yang positif dan sangat baik.

2. Ajarkan Anak Untuk Mengakui Kesalahan & Meminta Maaf

Beri juga pengertian pada anak yang melakukan kesalahan, untuk belajar mengakui kesalahannya, agar kemudian tidak mengulangi perbuatannya.

Selain itu hal yang terpenting juga adalah biasakan jika ada yang salah harus mau dan rela untuk meminta maaf. Jangan sampai ada gengsi atau tidak mau mengalah. Meminta maaf adalah hal yang harus diajarkan sejak dini, supaya anak-anak memiliki karakter yang baik dan tidak seenaknya saja terhadap siapapun. Maka dari itu sejak kecil budayakanlah untuk meminta maaf. selalu biasakan untuk mengatakan terima kasih, tolong, permisi, dan maaf, hal itu akan bermanfaat untuk kehidupan anak mendatang

3. Ajarkan Anak Untuk Selalu Menyayangi & Mengasihi

Ajarkan anak untuk saling mengasihi dan menyayangi pada sesama, terlebih saudara kandung. Mengajarkan anak untuk mau memberi satu dengan lainnya, akan merupakan hal istimewa yang diingat oleh anak dalam seumur hidupnya. Biasakan untuk mengajari anak tidak pelit dan egois, tetapi memiliki kasih terhadap saudara-saudaranya. Ketika yang satu mendapat banyak pemberian, ajarkan untuk mau memberi dengan yang lainnya. Ajarkan pula sikap empati pada sesama. Jika salah satu saudara­nya ada yang sakit, sejak kecil harus dibiasakan untuk selalu menjenguk dan turut men­doakan saudaranya yang sakit sampai saudaranya sembuh.

Biasakan juga di dalam men­didik anak, sejak kecil semua anak harus dibiasakan main bersama, tanpa dibedakan. Selalu ajarkan juga untuk hidup sederhana, dengan tidak membeli mainan yang mewah. Dengan begitu anak akan sadar betapa pentingnya arti kebersa­maan. Ajarkan dan berikan contoh pada anak untuk tidak malu mengungkapkan rasa sayang pada anggota keluarga, dengan begitu satu sama lain bisa saling mengerti dan memahami.

4. Ajari Anak Untuk Saling Menghormati

Sikap saling menghormati sangatlah penting untuk pembelajaran etika pada anak. Etika saling menghormati ini sangat dibutuhkan hingga kelak dia dewasa. Ajarkan anak untuk saling mengormati, dengan saudara kandung, dengan orangtua dan orang lain. Jika ingin suasana dalam keluarga selalu akrab dan hangat, maka junjung tinggi kebiasaan saling menghormati dan berperilaku sopan.

Fenomena yang terjadi sekarang adalah banyaknya anak zaman sekarang tidak mempunyai sopan santun terhadap orang lain, sangat susah sekali diatur. Dengan anak mengerti cara menghormati orang lain, ini berarti mengajarkan anak untuk mulai melihat segala sesuatu dari pandangan atau perspektif orang lain.

5. Ajarkan Anak Untuk Dapat Mengendalikan Emosinya

Berikanlah pengertian pada anak jika saat terjadi pertengkaran, berikan arahan pada anak agar dia bisa mengendalikan emosi dalam keadaan sesulit apapun. Ajarkanlah bahwa setiap konflik atau pertengkaran selalu dapat diselesaikan atau dipecahkan. Jika anak sering bertengkar atau berbeda pendapat dengan saudara atau teman sebayanya, ajarkan pula dalam menyelesaikan konflik atau pertengkaran harus dilakukan dengan baik-baik.

6. Ajarkan Sebuah Peraturan

Ajarkan Sebuah Peraturan

Sebagai orangtua anda harus menetapkan sebuah peraturan untuk dapat ditaati oleh anak. Hal ini mengajarkan sebuah konsistensi, konsisten untuk melatih anak menjadi lebih patuh. Beri pengertian pada anak untuk selalu berpikir positif dalam segala hal. Jelaskan pada mereka bahwa sebuah peraturan dibuat untuk kebaikan mereka, lambat laun mereka akan mengerti akan hal itu. Hukumlah jika peraturan yang sudah dibuat dilanggar oleh anak atau memang hukuman itu sudah seharusnya diberikan.

7. Orangtua Wajib Memberikan Contoh Nyata Yang Baik

Sebagai orangtua kita wajib memberikan contoh yang baik dalam hal apapun, agar kita sebagai orangtua dapat menjadi panutan bagi anak. Jika kita sebagai orangtua menginginkan anak untuk bersikap sopan dan saling menghargai, maka kita sebagai orangtua bersikaplah seperti itu terlebih dulu. Selalu pantaulah kegiatan anak, seperti tontonan dan game apa saja yang dimainkan, agar contoh yang buruk tidak di contoh oleh anak.

8. Selalu Bersikaplah Lembut Pada Anak

Jika anda sebagai orangtua sedang kesal terhadap sikap anak, atau saat sedang terjadi pertengkaran pada anak, sebaiknya redamlah emosi anda, jangan sampai anda memaki anak. Bersikap lembut, tegas bukan berarti bersikap dan berkata keras.

9. Jangan Membeda-bedakan Kasih Sayang

Sebagai orangtua janganlah membeda-bedakan anak satu dengan anak yang lainnya. Ketika orangtua memberikan pendidikan, hadiah, dan lainnya, semua anak harus mendapatkan ba­gian, dan porsi yang sama, yang bertujuan untuk membahagiakan anak. Ketika salah satu anak melakukan kesalahan, sebagai orangtua kita harus mene­gurnya. Jangan pernah membeda-beda­kan perlakuan anda kepada anak-anak, karena itu juga bisa berpengaruh terhadap karakter anak tersebut.

Itu tadi bunda tips agar anak anda di rumah selalu rukun. Tips-tips di atas tentu membutuhkan proses, akan tetapi jadikanlah pertengkaran di antara anak menjadi salah satu proses dalam tumbuh kembang mereka. Hal itu akan mengajarkan anak rasa untuk saling menghargai satu dengan yang lainnya, tentunya proses ini juga sangat membutuhkan bimbingan bunda selaku orangtua. Semoga bermanfaat bagi bunda semua...

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Ketahui 9 Hal Yang Harus Di Ajarkan Pada Anak
Ketahui 9 Hal Yang Harus Di Ajarkan Pada Anak
Ketahui 9 Hal Yang Harus Di Ajarkan Pada Anak - Terkadang kita sebagai orangtua merasa pusing dan risih, jika terjadi pertengkaran, teriakan, dan tangisan di rumah. Untuk memenuhi kemauan dan keinginan masing-masing anak tidaklah gampang. Akan tetapi kita sebagai orangtua tidak perlu diambil pusing, karena mendidik dan mengajarkan anak agar selalu rukun merupakan tugas bagi orangtua. Agar kelak anak menjadi pribadi yang baik, yang dapat menghargai antara satu dengan yang lain, terutama dengan saudara sendiri. Ketika Anda memiliki buah hati dan agar kelak mereka bisa menjadi pribadi yang baik, berikut 9 Hal Yang harus di ajarkan pada anak;
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCQjlwtnuw-R0rkhUWG3mbXfNa7-C3L1LwIPXG7tEI8KZIGrT0M-UQn2lmCkAeF20HAOw04xTSP4q2Rpc1nsp43rTOscOe5PDC1F9-BbpJW41hwbOTbIiPEd2sTwhriM-FyscL4Gp-w-p2/s640/anak+berbagi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCQjlwtnuw-R0rkhUWG3mbXfNa7-C3L1LwIPXG7tEI8KZIGrT0M-UQn2lmCkAeF20HAOw04xTSP4q2Rpc1nsp43rTOscOe5PDC1F9-BbpJW41hwbOTbIiPEd2sTwhriM-FyscL4Gp-w-p2/s72-c/anak+berbagi.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2015/10/ketahui-9-hal-yang-harus-di-ajarkan.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2015/10/ketahui-9-hal-yang-harus-di-ajarkan.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy