Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

SHARE:

Penyebab sembelit pada bayi dan cara mengatasi sembelit pada bayi. Sembelit adalah penyakit susah buang air besar. Penyakit ini dapat menyerang siapapun dan berbagai jenjang usia, tak terkecuali pada bayi. Dalam keadaan normal, bayi buang air besar satu kali dalam sehari. Akan tetapi pada saat mengalami sembelit, bayi cenderung tidak dapat membuang peses hingga berhari-hari. Tentu saja hal tersebut akan menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi dan biasanya gangguan pencernaan ini ditandai dengan bayi menjadi rewel dan sering menangis, hal tersebut dikarenakan perut bayi dalam kondisi kembung dan penuh.

Bayi
Kalaupun dapat mengeluarkan peses, kotoran yang dikeluarkan cenderung keras dan bisa sampai berdarah. Pendarahan pada peses disebabkan gesekan pada bagian anus karena peses yang dikeluarkan terlalu keras. Tentunya orang tua akan dilanda rasa cemas saat bayi mengalami pendarahan pada peses. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan bayi anda terserang sembelit.

Penyebab Sembelit Pada Bayi:

Pemakaian Susu Formula
Bayi yang diberikan susu formula lebih rentan terkena sembelit. Hal tersebut karena kandungan lemak dan protein pada susu formula tidak seimbang. Selain kedua kandungan tersebut, adanya kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi menyebabkan sulitnya susu formula diserap oleh dinding-dinding usus, dampaknya feses yang dikeluarkan menjadi keras. Meskipun tidak semua bayi mengalami hal tersebut saat meminum susu formula, pemberian ASI lebih dianjurkan pada bayi.

Kekurangan Cairan
Bayi yang tidak diberikan ASI cenderung tidak mendapatkan cairan yang cukup dalam tubuhnya. Hal tersebut memungkinkan terjadinya sembelit lebih rentan.

Adanya penyakit tertentu
Kemungkinan penyebab sembelit berikutnya pada bayi karena adanya penyakit tertentu. Misalnya, ada alergi pada makanan tertentu, luka pada anus pun dapat menjadi salah satu penyebab sembelit karena bayi kesulitan mengeluarkan feses.

Tentunya setiap penyakit memiliki obatnya termasuk sembelit pada bayi. Ini dia cara mengobati sembelit pada bayi.

1. Memberikan Obat Pencahar Alami

Untuk memberikan pengobatan pada sembelit yang dialami oleh bayi, anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat memperlunak tinja. Anda dapat memakai buah plum, buah apel, buah persik, kacang polong ataupun bayam. Pilihlah salah satu dari beberapa bahan tersebut. Misalkan anda memakai buah plum, cara pemakaiannya adalah rendam buah plum dalam air panas diamkan semalaman. Lalu, berikan air rendaman buah plum pada bayi sebanyak satu sendok makan.

2. Pemberian ASI

Dengan memberikan ASI, bayi akan mendapatkan asupan dari apa yang dikonsumsi ibunya. Disarankan ibu lebih sering meminum air mineral setidaknya 6-7 gelas perhari saat bayi sembelit. Mengkonsumsi sayuran dan buah juga sangatlah dianjurkan.

3. Hindari Pemberian Makanan Tertentu

Bayi memiliki sistem pencernaan yang belum mampu bekerja secara optimal, sehingga sangatlah perlu memilih-milih makanan apa yang akan diberikan pada bayi. Pisang yang masih mentah cenderung masih keras, dan itu dapat menyebabkan sembelit pada bayi. Selain itu pemberian telur pada bayi sangatlah tidak dianjurkan pada bayi sebelum berusia duabelas bulan karena sifat telur mengikat dalam usus besar.

4. Beri Pijatan Pada Perut

Berikanlah bayi anda pijatan lembut searah jarum jam. Hal tersebut akan membuat bayi menjadi rileks dan memperlancar kembali pencernaan bayi anda.

5. Ajak Bayi Latihan Kaki

Baringkan bayi anda lalu ajaklah dia untuk melakukan latihan ringan pada kaki seperti sedang mengayuh sepeda. Hal ini sangat bermanfaat untuk melonggarkan gesekan pada usus dan mengurangi gas sehingga bayi terhindar dari kembung.

Itulah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan sembelit pada bayi anda. Jangan biarkan bayi anda terkena sembelit karena hal tersebut akan menghilangkan keceriaannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Penyebab sembelit pada bayi dan cara mengatasi sembelit pada bayi. Sembelit adalah penyakit susah buang air besar. Penyakit ini dapat menyerang siapapun dan berbagai jenjang usia, tak terkecuali pada bayi. Dalam keadaan normal, bayi buang air besar satu kali dalam sehari. Akan tetapi pada saat mengalami sembelit, bayi cenderung tidak dapat membuang peses hingga berhari-hari. Tentu saja hal tersebut akan menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi, sehingga bayi menjadi rewel dan terus menangis. Gangguan pencernaan ini biasanya ditandai dengan bayi menjadi rewel dan sering menangis, hal tersebut dikarenakan bayi merasa tidak nyaman dengan kondisi perut yang kembung dan penuh.
http://4.bp.blogspot.com/-kRGw0NH-aEk/VhzG3ZwcfGI/AAAAAAAAWNk/YqunzGPi0Vc/s640/bayi%2Btidur.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-kRGw0NH-aEk/VhzG3ZwcfGI/AAAAAAAAWNk/YqunzGPi0Vc/s72-c/bayi%2Btidur.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2015/10/kenali-penyebab-dan-cara-mengatasi.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2015/10/kenali-penyebab-dan-cara-mengatasi.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy