Lakukan 5 Cara Ini, Agar Anak Betah Di Rumah

SHARE:



Bagaimana cara agar anak betah di rumah? Ketika anak sudah memasuki sebuah sekolah pertamanya, yaitu TK, playgroup, atau bahkan paud anak sudah mulai berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Komunikasi dan interaksi memang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, namun keseimbangan interaksi ini harus di kontrol agar anak tidak terlalu sering bermain atau ke luar rumah. Interaksi dikatakan sangat penting karena mengajarkan anak untuk belajar nilai kehidupan secara langsung, belajar untuk mempelajari orang lain, mengerti orang lain, dan juga dapat belajar mengenai sebuah aturan dan sebagainya.

Anak memang senang dengan hal-hal dan sensasi baru. Saat berada dalam masa ini ada beberapa anak yang pada akhirnya menjadi tidak betah di rumah dan akan sering bermain di luar rumah. Jika sudah begitu, orang tua wajib memberikan pemahaman bahwa hidup itu memerlukan etika, norma dan sebuah aturan. Contoh; jika sudah waktunya mandi, harus pulang terlebih dahulu, termasuk waktu makan juga, jangan sampai anak makan dirumah teman, karena hal ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik. Hal yang terpenting juga adalah menciptakan suasana rumah yang harmonis dan hangat antara orangtua dan anak, sehingga anak akan lebih betah untuk tinggal di rumah.

Untuk orang tua yang ingin mendidik anaknya dengan baik, berikut 5 cara agar anak lebih betah tinggal di rumah;

Ciptakan Suasana Rumah Yang Bersih & Nyaman

Agar Anak Betah Di Rumah
Banyak sekali slogan-slogan yang mengatakan bahwa 'rumahku adalah surgaku". Kalimat ini sangat berperan dalam membuat anak untuk betah tinggal di dalam rumahnya. Tatalah rumah Anda dengan baik, rapi, dan bersih. Dengan rumah yang bersih dan rapi secara tidak langsung akan membuat anak merasa nyaman berada di dalam rumah.

Ajarkan Anak Untuk Disiplin

Biasakanlah anak Anda untuk mengerti kapan waktu mandi, makan, tidur, dan yang paling penting adalah waktu shalat. Kebiasaan ini hendaknya dilakukan sedini mungkin, agar kelak ketika dia dewasa akan menjadi kebiasaan yang baik. Jika anak tidak terbiasa mempunyai jadwal sejak kecil, akhirnya cenderung menggunakan waktunya sembarangan. Jadilah orangtua yang aktif, yang selalu mengingatkan anak kapan waktunya untuk shalat, makan, mandi, dan tidur, agar dia terbiasa dan mengerti akan tanggungjawabnya.

Buatlah Kegiatan Yang Menarik Untuk Anak

Kegiatan Yang Menarik Untuk Anak
Cobalah kenali bakat anak, jika hobi anak sudah diketahui oleh orang tua, maka hobi tersebut bisa dilakukan sebagai kegiatan anak di rumah. Orang tua harus jeli dalam melihat, dan mengarahkan bakat atau minat anak. Jika kegiatan itu tidak bisa dilakukan di dalam rumah, misal hobinya bermain musik, ikutkanlah anak dalam les atau komunitas musik yang bertujuan untuk mendalami hobi anak tersebut. Kegiatan yang terarah seperti ini akan lebih bermanfaat untuk anak, dan minatnya tersalurkan dengan cara yang tepat.

Baca Juga : Pentingnya Mengetahui Bakat Anak

Berikanlah Fasilitas Yang Sewajarnya

Kehidupan anak pada masa tumbuh kembang membutuhkan permainan dan hiburan. Sebagai orangtua kita harus seoptimal mungkin memberikan hiburan dan mainan yang sesuai dengan kebutuhan. Belikanlah mainan anak yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan, sehingga anak akan menjaga dan mengoptimalkan penggunaannya. Yang terpenting adalah memberikan anak kamar pribadi, sebagai tempat untuk menghabiskan waktu atau berekspresi.

Ciptakan Komunikasi & Keharmonisan

Suasana rumah yang hangat dan harmonis, kelak akan mempengaruhi perkembangan mental dan cara bersikap anak. Jika kehidupan keluarga selalu harmonis dan saling memperhatikan, maka bisa membuat anak merasa nyaman. Ketika sudah merasa nyaman, anak juga jadi betah berada di rumah dan menghargai orangtuanya. Ciptakan juga komunikasi yang baik dengan anak. Selalu lakukan pendekatan dengan anak, selalu ajak anak untuk berbicara. Jadilah teman yang baik untuk anak, teman berbagi cerita. Jika terjadi suatu masalah, sebagai orangtua jangan langsung menyalahkan, mengkritik, melarang, hal ini akan membuat anak merasa tidak betah di rumah. Jangan menjadi orangtua yang otoriter dan diktator.

Orangtua memang memiliki keinginan dan harapan pada anaknya, akan tetapi jangan semena-mena dalam menyampaikan keinginan dan harapan tersebut. Komunikasikanlah apapun dengan baik bersama anak, agar anak merasa nyaman dan tidak tertekan. Jadilah orangtua yang selalu ada buat anak Anda dalam keadaan apapun, agar hubungan Anda dengan anak selalu saling menyayangi, dekat, hangat dan harmonis.

Itu tadi tips membuat anak agar betah di rumah. Melarang anak ke luar rumah atau bermain di luar rumah tentu sama sekali bukan hal yang bijak. Berikanlah sebuah aturan, atau batasan yang jelas, dan juga kedisiplinan waktu, agar anak juga mengerti akan sebuah tanggungjawab, membentuk perilaku dan kebiasaan yang baik di masa mendatang. Semoga bermanfaat...

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Lakukan 5 Cara Ini, Agar Anak Betah Di Rumah
Lakukan 5 Cara Ini, Agar Anak Betah Di Rumah
Lakukan 5 Cara Ini, Agar Anak Betah Di Rumah - Bagaimana cara agar anak betah di rumah? Ketika anak sudah memasuki sebuah sekolah pertamanya, yaitu TK, playgroup, atau bahkan paud anak sudah mulai berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Komunikasi dan interaksi memang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, namun keseimbangan interaksi ini harus di kontrol agar anak tidak terlalu sering bermain atau ke luar rumah. Interaksi dikatakan sangat penting karena mengajarkan anak untuk belajar nilai kehidupan secara langsung, belajar untuk mempelajari orang lain, mengerti orang lain, dan juga dapat belajar mengenai sebuah aturan dan sebagainya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPKPwds3SxIU1s_wwtujw1b1p0ceDT9_-BJdhYcQMOz2FqPoBKz_3sefEJ0KVFpBQZrQ5tuR3sRuogNEkZDaGi-ps_PtR9-Hf7yEAQ88mZG9gY-qhxklqdZV5SBOma-JiQA7oB4BHtrvXW/s640/anak+bermain+air.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPKPwds3SxIU1s_wwtujw1b1p0ceDT9_-BJdhYcQMOz2FqPoBKz_3sefEJ0KVFpBQZrQ5tuR3sRuogNEkZDaGi-ps_PtR9-Hf7yEAQ88mZG9gY-qhxklqdZV5SBOma-JiQA7oB4BHtrvXW/s72-c/anak+bermain+air.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2015/09/lakukan-5-cara-ini-agar-anak-betah-di.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2015/09/lakukan-5-cara-ini-agar-anak-betah-di.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy