Cara Budidaya & Ternak Ikan Lele Dengan Benar

SHARE:

Cara Budidaya & Ternak Ikan Lele Dengan Benar - Dahulu kala ikan lele berkembang biak dengan meletakkan telurnya ke dalam sarang yang dibuat di rawa-rawa, tepi sungai dan di dinding-dinding pematang sawah. Sarang ikan lele juga sering sekali dijumpai pada tumbuhan dalam air yang tenang.

Cara Ikan lele berkembang biak seperti itu merupakan perkembangbiakan secara alami yang ditirukan oleh petani, dengan cara menciptakan kondisi lingkungan yang sama dan cocok untuk perkembangbiakan ikan lele. Para petani menciptakan sarang lele dengan kayu kotak, pipa bambu dan besi, yang kemudian dimasukkan ke dalam kolam.

Pengaturan Air Dalam Pemijah Ikan lele

Cara Budidaya & Ternak Ikan Lele Dengan Benar
Untuk menghasilkan benih yang bagus, kondisi air dalam pemijah harus berseh, segar, mengandung cukup oksigen dan tidak tercemar, suhu air dalam kotak pemijah juga perlu diperhatikan. Beberapa persyaratan kolam dan air untuk budidaya ikan lele:
  • Air berkondisi tergenang atau setengah tergenang.
  • Kolam bisa terbuat dari tanah, semen atau terpal.
  • Pergantian air secara rutin walaupun tidak terlalu sering.
  • Saringan yang berfungsi untuk mencegah hama atau penyakit ikan lele.
  • Ikan lele memang tergolong hewan yang mempunyai daya tahan tubuh cukup tinggi, bahkan dalam air comberan pun lele bisa berkembang biak, namun untuk menghasilkan ikan lele yang berkualitas perlu adanya prasarana yang berkualitas pula.
  • Untuk pemeliharaan ikan lele di sawah juga sah-sah saja, karena sawah juga merupakan tempat yang memiliki potensi untuk budidaya ikan lele, namun perkembangannya tergolong lambat jika terkontaminasi dengan obat-obatan pemberantas hama tanaman, untuk itu penggunaan obat-obatan harus diatur dengan baik.

Induk Ikan Lele

Sebelum budidaya lele, induk ikan lele perlu diperhatikan.  Pilihlah ikan lele yang mempunyai gerakan gesit, berbadan gemuk dan mengkilat. Perawatan induk ikan lele juga harus diperhatikan supaya ikan lele mempunyai vitalitas yang tinggi dan sehat, dengan begitu akan menghasilkan keturunan yang sehat.

Kotak Pemijah Ikan Lele

Untuk mempermudah pemanenan dan pembersihan kotak pemijah memang sebaiknya diberikan lubang yang dapat dibuka dan ditutup. Kotak pemijah bisa dengan lubang satu sisi maupun dua sisi, yang terpenting ikan lele bisa berkembang biak dan mengasuh anaknya dalam kotak pemijah dengan tenang. Kota pemijah juga harus bersifat lembut dan bersih agar tidak terjadi kerusakan pada tubuh ikan lele.

Secara alami ikan lele melakukan perkawinan pada musim hujan karena banyak ikan yang mulai terangsang karena dengan adanya hujan air menjadi segar dan banyak mengandung oksigen. Untuk itu jika ingin memijah ikan lele, diusahakan untuk menciptakan suasana air jernih dan berkadar oksigen tinggi.

Perawatan Benih Ikan Lele

Saat benih ikan lele baru menetas, tidak perlu untuk memberi makan karena benih ikan lele hidup dengan menyerap kuning telurnya sampai lima hari. Jika sudah lima hari, sebaiknya pemberian makan dilakukan dengan memberi makanan khusus berupa kutu-kutu ikan berupa binatang renik. Benih ikan lele juga sebaiknya dipisahkan dari induknya supaya lebih aman karena induk ikan lele juga sering memakannya.

Cara Budidaya & Ternak Ikan Lele di Kolam

Budidaya & Ternak Ikan Lele
Karena ikan lele sering meloloskan diri, sebaiknya kolam dibuat dengan kuat agar tidak mudah mengalami kebocoran, kolam bisa dibuat dengan beton dengan kedalaman sekitar 80 cm, lebar 2 meter dan panjang 4 meter atau bisa diperkecil sesuai dengan keadaan. Pada dinding dan dasar kolam disemen agar tidak bocor. Untuk tinggi tembok sebaiknya lebih tinggi 25 cm di atas permukaan air, dengan cara memberikan lubang berupa pipa, hal itu dilakukan supaya ikan lele sulit untuk meloncatinya dan air kolam juga tidak melumber atau penuh saat musim hujan.

Cara Budidaya & Ternak Ikan Lele di Sawah

Secara alami sawah merupakan lingkungan yang baik untuk perkembangbiakan ikan lele, pada sawah juga terdapat makanan yang berlimpah dan alami seperti serangga dan rumpun padi, namun juga memiliki resiko yang cukup besar. Ikan lele sering berpindah-pindah dari satu petak ke petak yang lain melalui pematang sawah. Walaupun begitu, ternyata juga banyak petani yang berbudidaya di sawah yang sukses.

Pemupukan

Pemupukan pada budidaya dan ternak ikan lele diperlukan jika pemeliharaannya dilakukan di sawah dan kolam, pemupukan bertujuan untuk menciptakan jenis makanan alami yang disukai oleh ikan lele. Pupuk yang baik untuk budidaya ikan lele adalah pupuk organik dari hewani, karena secara alami ikan lele dahulunya suka makanan hewani yang hidup di dasar air maupun di permukaan air.

Jenis-jenis Pupuk Organik:

  • Daun-daunan.
  • Sampah alami yang mudah busuk.
  • Pupuk kandang.
  • Kompos.
Cara pemupukan bisa dilakukan dengan cara membenamkannya ke dalam lumpur dasar secara merata, atau ditaruh di sudut-sudut dekat pemasukan air. Dengan berjalannya waktu pupuk akan membusuk dengan sendirinya dan akan menghasilkan unsur hara dalam air.

Bila pengelolaan air dan makanan dilakukan dengan benar, tingkat kematian atau mortalitas pada ikan lele sangat kecil. Umumnya pembesaran ikan lele berjalan selama enam bulan bahkan sampai satu tahun. Rangkaian kegiatan budidaya ikan lele seperti pergantian air seminggu sekali, memberikan makanan tambahan dengan mutu protein yang baik, pengontrolan hama dan penyakit dan semua dijalani dengan tekun maka kematian pada ikan lele akan relatif sedikit dan akan menghasilkan ikan lele yang baik pula.

Baca Juga :  Mengenal, Mencegah & Cara Mengobati Penyakit Ikan Lele

Berikut beberapa informasi tentang cara budidaya ikan lele, semoga bisa bermanfaat untuk bisnis perikanan dan bisa menjadi peluang bisnis perikanan Anda.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Cara Budidaya & Ternak Ikan Lele Dengan Benar
Cara Budidaya & Ternak Ikan Lele Dengan Benar
Cara Budidaya & Ternak Ikan Lele Dengan Benar - Dahulu kala ikan lele berkembang biak dengan meletakkan telurnya ke dalam sarang yang dibuat di rawa-rawa, tepi sungai dan di dinding-dinding pematang sawah. Sarang ikan lele juga sering sekali dijumpai pada tumbuhan dalam air yang tenang. Cara Ikan lele berkembang biak seperti itu merupakan perkembangbiakan secara alami yang ditirukan oleh petani, dengan cara menciptakan kondisi lingkungan yang sama dan cocok untuk perkembangbiakan ikan lele. Para petani menciptakan sarang lele dengan kayu kotak, pipa bambu dan besi, yang kemudian dimasukkan ke dalam kolam.
http://2.bp.blogspot.com/-HNYwK1a78eo/VSof2FykBTI/AAAAAAAAPIU/4vQ547SG7MY/s1600/ikan%2Blele.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-HNYwK1a78eo/VSof2FykBTI/AAAAAAAAPIU/4vQ547SG7MY/s72-c/ikan%2Blele.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2015/04/cara-budidaya-ternak-ikan-lele-dengan.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2015/04/cara-budidaya-ternak-ikan-lele-dengan.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy