Cara Menyiram Tanaman Dengan Benar

SHARE:

Penyiraman manual cocok diterapkan di semua lahan. Keuntungan lain, penyiraman manual juga sangat gampang dilakukan, meskipun membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Sayangnya, sistem penyiraman ini, royal dalam pemakaian air. Bahkan kalau tidak di-kontrol, penyiraman yang dilakukan malah sia-sia lantaran terjadinya run-off (aliran permukaan). lalu bagaimana mengatasinya?

Sebenarnya penyiraman manual dengan tenaga manusia merupakan pengairan paling kuno yang dipakai orang dalam mendukung sistem budidaya tanaman, baik di lahan kebun, tanah pekarangan, maupun tanaman dalam wadah pot. Namun kebanyakan di Indonesia penyiraman manual tidak hanya dilakukan di pekarangan rumah saja, melainkan juga diterapkan untuk kebun wilayah komersial.

Penyiraman secara manual di kebun buah komersial memang tidak semudah menyiram tanaman di pekarangan. Untuk melakukan penyiraman di kebun skala luas diperlukan sumber air yang cukup melimpah dan tersedia terus menerus. Sumber air dapat berupa waduk, sungai mata air, galian sumur, maupun sumur bor.

Posisi sumber air sebaiknya berada di dalam areal kebun atau setidaknya berada pada jarak yang tidak terlalu jauh dari areal kebun. Cara mengalirkan ke lokasi kebun tergantung pada tinggi permukaan sumber air terhadap permukaan lahan, jenis sumber air dan dana yang tersedia.

Bila sumber air tersedia berupa sungai dan posisi permukaan airnya lebih tinggi dari permukaan lahan, pengaliran dapat dilakukan dengan menggunakan pipa atau saluran ke lokasi penampungan di dalam kebun. Sementara jika permukaan airnya berapa lebih rendah daripada permukaan lahan, pengaliran ke lokasi penampungan dapat dilakukan dengan sistem pompa atau diangkut menggunakan mobil tangki ke lokasi kebun. Cara pengaliran ini juga bisa diterapkan kalau sumber airnya berupa sumur atau sumur bor.

Persiapan Penyiraman

Dalam hal penyiraman setiap orang memiliki kiat tersendiri. Yang jelas semuanya tetap menjaga lokasi penyiraman agar tidak terjadi aliran permukaan pada saat penyiraman. Dengan demikian penyiraman dapat bermanfaat secara maksimal atau keperluan tanaman.

Untuk menghindari terjadinya aliran permukaan perlu dibuatkan semacam piringan di bawah lingkaran tajuk tanaman. Piringan tersebut bisa berupa gundukan tanah mengelilingi tajuk atau dibuat sedikit galian, sehingga piringan berada sedikit di bawah permukaan lahan. Jika lahan dipenuhi rumput, piringan cukup dibuat dengan membersihkan rumput di bawah tajuk tanaman. Pada piringan itulah air penyiraman diguyurkan.

Cara Penyiraman

Untuk penyiraman di areal kebun buah yang membutuhkan air dalam jumlah cukup besar, sangat tidak praktis bila hanya menggunakan gembor atau selang berdiameter kecil seperti yang biasa dipakai di pekarangan. Perlu kiat khusus untuk melakukan penyiraman di areal kebun agar seluruh tanaman yang ada tercukupi kebutuhan airnya dalam waktu singkat.

Ada dua cara penyiraman yang biasa dilakukan dalam mengairi tanaman di kebun komersial. Cara pertama, menggunakan truk tangki untuk menyuplai air ke drum-drum penampungan, sedangkan cara kedua dengan sistem pompa nisasi menggunakan pompa portabel yang dapat dipindah tempatkan.

Penyiraman dengan cara pertama termasuk penyiraman yang paling banyak diterapkan di kebun-kebun buah. Pada penyiraman ini , truk tangki akan menyuplai air ke drum-drum yang berada di sekitar tanaman. Airdi dalam drum-drum tersebut kemudian ditimba pekerja penyiraman untuk disiramkan ke piringan tanaman. Jumlah air yang dibutuhkan berkisar 2 - 3 ember/tanaman. Cara ini mudah dilakukan, tetapi membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk melakukan penyiraman.

Cara lain yang lebih praktis untuk menyiram tanaman di areal kebun komersial adalah sistem pompa dan mengalirkan air ke piringan-piringan menggunakan pipa-pipa paralon. Untuk menjunjang penyiraman cara ini perlu digali beberapa buah sumur dengan potensi air yang cukup di dalam areal kebun. Pompa paling ideal untuk keperluan ini adalah pompa portabel yang dapat dipindah tempatkan dengan mudah. Panjang setiap pipa paralonnya sama dengan jarak antara tanaman. Hal ini dimaksudkan agar setiap titik sambungan pipa berada tepat di atas suatu piringan.

Penyiramannya dilakukan dengan cara mengisap air dari dalam sumur, dan mengalirkannya melalui deratan pipa-pipa yang telah disambung-sambungkan satu sama lain. Dengan demikian piringan yang paling awal mendapatkan kesempatan penyiraman adalah piringan di ujung pipa. Bila piringan di ujung sambungan pipa telah cukup mendapatkan air, potongan pipa di ujung dilepas agar piringan satunya lagi dapat disiram. Demikian seterusnya sampai semua piringan yang dilewati pipa dapat tersirami. Cara ini cukup praktis dan tidak memerlukan banyak tenaga penyiram.

Penulis: Fendy R. Paimin

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Cara Menyiram Tanaman Dengan Benar
Cara Menyiram Tanaman Dengan Benar
Cara Menyiram Tanaman Dengan Benar - Penyiraman manual cocok diterapkan di semua lahan. Keuntungan lain, penyiraman manual juga sangat gampang dilakukan, meskipun membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Sayangnya, sistem penyiraman ini, royal dalam pemakaian air. Bahkan kalau tidak di-kontrol, penyiraman yang dilakukan malah sia-sia lantaran terjadinya run-off (aliran permukaan). lalu bagaimana mengatasinya?
http://4.bp.blogspot.com/-mg3GFw35i1o/VRkUevyb0SI/AAAAAAAAO3c/iOLPnW8-1UA/s1600/Menyiram%2BTanaman.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-mg3GFw35i1o/VRkUevyb0SI/AAAAAAAAO3c/iOLPnW8-1UA/s72-c/Menyiram%2BTanaman.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2015/03/cara-menyiram-tanaman-dengan-benar.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2015/03/cara-menyiram-tanaman-dengan-benar.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy