Penyebab Pingsan & Cara Mencegah Pingsan

SHARE:

Menurut Perwira Ahli Dept. Kardiologi RSPAD Gatot Subroto, dr H.M Hari Utomo DSPJ, pingsan (sinkop) merupakan suatu gejala bahwa ada yang tidak beres di dalam tubuh. seringkali hal ini terjadi meskipun persiapan sudah cukup baik. misalnya, tidur yang cukup di malam sebelumnya atau sarapan pagi lebih dahulu.

Tentu saja terjadi pingsan sangat mengganggu. Terutama bila mengalaminya lebih dari sekali, tentunya hal ini tidak bisa di anggap sepele. Banyak kemungkinan menjadi penyebabnya, baik yang bersifat kelainan jantung maupun penyakit di luar organ jantung, jelas Hary.

Penyebab Pingsan

Lemah jantung adalah jantung tidak memiliki kemampuan untuk memompakan darah memenuhi kebutuhan jaringan. Akhibatnya terjadilah kekurangan aliran darah ke otak, hal semacam ini bisa menimbulkan pingsan atau kehilangan kesadaran. Sementara itu selain jantung, dapat disebabkan kepekaan yang tinggi dari syaraf vagus (syaraf otak yang kesepuluh) atau gangguan metabolisme, maksudnya gangguan pada otot-otot tertentu seperti penyakit diabetes atau bisa juga pengumpulan darah di tungkai bagian bawah.

Bila Terjadi penggumpulan darah pada tungkai, darah yang kembali ke jantung berkurang. Akhirnya, relatif yang dipompa oleh jantung berkurang. Hal itu menimbulkan adanya penurunan sirkulasi darah ke otak.

Akibat Jika Sering Pingsan.

Jika terjadi berkepanjangan memang dapat menimbulkan kerusakan pada otak. Namun biasanya bila ada orang pingsan akan langsung ditidurkan, kemudian tungkainya dinaikkan. Maksudnya agar gravitasi aliran darah ke otak membaik kembali.

Pingsan dapat terjadi pada semua orang. Itu bisa disebabkan karena faktor bawaan atau hipersensitif dan stamina yang kurang. Bisa juga tidak pernah olahraga dan melatih otot-otot tungkai. Seperti yang diketahui, otot-otot tungkai membantu memompakan aliran darah ke jantung.

Jadi, pada mereka yang jarang olahraga akan mudah sekali pingsan. Bila berulang-ulang terjadi bisa berakibat tidak baik terutama pada anak-anak. Perkembangan otak dapat terganggu, sehingga menghambat gerak langkahnya bahkan membuat rendah diri.

Cara Mencegah Sering Pingsan

Untuk menentukan diagnosis umumnya dokter menganjurkan pemeriksaan yang disebut "tik test". Semacam meja, yang dapat dibuat horizontal atau vertikal sehingga dapat melihat reaksi terhadap perubahan posisi. Hasil test dapat digunakan sebagai acuan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Lalu apa yang perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya pingsan, Dr. Hary memberi saran sewaktu gejala masih ringan, misalnya baru berdebar-debar cobalah sedikit menggerak-gerakkan tungkai (ada baiknya diupayakan sehalus mungkin agar tidak memancing perhatian orang lain dan menggangu acara). Bisa juga dengan cara batuk kecil. Kadangkala cara ini dapat membantu atau mengalihkan perhatian sesaat, apakah dengan memperhatikan peserta lain di depan kita satu persatu dari depan kita berdiri tentunya atau mengingat kejadian menyenangkan yang pernah kita alami, atau bisa juga dengan cara menyanyikan lagi yang kita sukai atau lagu-lagu pembangkit semangat, tentunya menyanyi tersebut dengan cara membantin saja (menggumamkan).

Selain itu dapat dengan melatih seni pernafasan seperti "Satria Nusantara". Gejala tersebut dapat dihilangkan dengan melakukan gerakan tarik nafas dalam-dalam, kemudian ditekan ke arah bawah pusar beberapa detik, lalu dilepaskan berlahan-lahan dan dilakukan secara berulang-ulang.

Tetapi bila gejala tidak berkurang, bahkan mulai berkeringan dingin dan kepala mulai terasa melayang, lebih baik segera mencari tempat duduk atau tempat berbaring agar tungkai dapat dinaikkan lebih tinggi dari kepala. Biasanya dalam waktu singkat akan terasa aman, nyaman dan pulih kembali seperti sediakala. Apalagi kalau saat itu ada yang menawakan minuman segar, pasti sedap sekali.

Olahraga yang teratur seperti joging, bersepeda, berenang dan jenis lainnya yang dimanis akan menguatkan otot-otot tungkai, juga bermanfaat untuk mencegah sering pingsan (sinkop).

Penulis: Djudjur

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Penyebab Pingsan & Cara Mencegah Pingsan
Penyebab Pingsan & Cara Mencegah Pingsan
Penyebab Pingsan & Cara Mencegah Pingsan - Menurut Perwira Ahli Dept. Kardiologi RSPAD Gatot Subroto, dr H.M Hari Utomo DSPJ, pingsan (sinkop) merupakan suatu gejala bahwa ada yang tidak beres di dalam tubuh. seringkali hal ini terjadi meskipun persiapan sudah cukup baik. misalnya, tidur yang cukup di malam sebelumnya atau sarapan pagi lebih dahulu.
http://2.bp.blogspot.com/-MF1kMvV3H4k/VO8yWnywypI/AAAAAAAAOYs/CWcLuXQH7a4/s1600/pingsang.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-MF1kMvV3H4k/VO8yWnywypI/AAAAAAAAOYs/CWcLuXQH7a4/s72-c/pingsang.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2015/02/penyebab-pingsan-cara-mencegah-pingsan.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2015/02/penyebab-pingsan-cara-mencegah-pingsan.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy