Rabu, 10 Juli 2013

Cara dan Manfaaat Donor Darah

heqris.com - Agaknya, manfaat dan cara donor darah perlu dipublikasikan lebih luas, karena selama ini banyak orang merasa ragu dan takut ketika harus mendonorkan darahnya. Padahal, kegiatan donor darah tak ubahnya aksi sinergi di bidang kesehatan.

Aksi donor darah berefek memperbaiki derajat kesehatan penerima donor maupun pendonor. Pendapat banyak orang yang menyebutkan bahwa donor darah bisa membuat pendonor jadi lemas lesu lantaran kekurangan darah, sama sekali tidak benar.

Saat darah kita diambil, penggantinya akan langsung diproduksi melalui reaksi tubuh. Dengan begitu, kondisi kekurangan darah tak akan pernah dialami pendonor.

Selain memacu tubuh memproduksi darah segar yang baru, pendonor akan menerima beberapa manfaat positif, di antaranya adalah:

Menyehatkan jantung dengan donor darah
Jika darah memiliki kadar zat besi yang tinggi, maka jantung jadi lebih sensitif, sehingga lebih rentan terhadap berbagai gangguan. Akumulasi zat besi dalam darah dapat mendorong terjadinya oksidasi kolesterol. Hasil oksidasi itu akan menebal pada lapisan dinding arteri, sehingga berpeluang untuk memunculkan serangan jantung dan stroke. Jika kita mendonorkan darah secara rutin, akumulasi zat besi yang bersemayam dalam darah dapat distabilkan. Alhasil, risiko penyakit jantung pun berkurang.

Penyegaran sel darah merah
Aksi donor darah memang membuat jumlah sel darah merah tereduksi. Tapi tak perlu cemas, sel darah merah tak akan habis karena sumsum tulang belakang akan bereaksi dengan membantu memproduksi ulang sel darah merah yang lama. Hasilnya, kita sebagai pendonor akan memperoleh pasokan darah baru, karena tubuh merevitalisasi sel darah lama dengan yang lebih “muda” dan segar. Jika ingin menstimulasi produksi darah baru, donor darah merupakan upaya terbaik. Demikianlah manfaat dan cara donor darah menyehatkan pendonor.

Menurunkan berat tubuh dengan donor darah
Proses donor darah merupakan salah satu prosedur penurunan bobot tubuh yang jitu. Bagaimana tidak, dengan ‘setor’sekitar 450 ml darah, dalam tubuh terjadi pembakaran sekitar 650 kalori.

Lebih sehat secara psikologis
Memberikan sesuatu kepada yang sangat membutuhkan, apalagi hal ini dapat menyelamatkan nyawa seseorang, tentu akan mendatangkan kepuasan dan rasa syukur pendonor. Hal ini dapat mendatangkan rasa nyaman secara psikologis.

Donor darah untuk mendeteksi penyakit
Sebelum mendonorkan darah, kualitas kesehatan darah akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan ada tidaknya penyakit seperti HIV, hepatitis, sifilis, dan malaria. Dengan demikian, adanya indikasi penyakit serius dapat terdeteksi lebih dini melalui pemeriksaan darah ini.

Bagaimana proses mendonorkan darah? PMI menetapkan caranya sebagai berikut:

  • Berat badan pendonor ditimbang
  • Pemeriksaan golongan darah dan kadar haemoglobin (HB)
  • Pemeriksaan oleh dokter transfusi
  • Setelah dokter menyatakan memenuhi syarat, petugas transfusi darah akan mengambil darah berdasarkan berat badan (250 cc – 500 cc)
  • Pascapengambilan darah, donor akan mendapatkan makanan bergizi
Setelah mengetahui manfaat dan cara donor darah, ada baiknya membiasakan diri mendonorkan darah, demi kesehatan kita semua.
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

45 komentar:

  1. Jek akeh seng wedi ambek jarum'e samm

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Yan, banyak yang masih takut sama jarum :)

      Hapus
  2. gtu ya sob... tp ak ngeri juga soalnya tkut sma jarum,, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya seperti di gigit semut kok ... :P hahaha

      Hapus
    2. bener tu kata mas nazar, rasanya kayak di gigit semut :)

      Hapus
  3. Saya dua kali mau donor darah gak bisa, Hb-nya kerendahan, banyak begadang kali ya ..., maklum penggemar bang Haji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecapean juga x mas ... aku sering begadang juga bisa kok mas ....

      Hapus
    2. gak bisa karena darahnya biru..hehee

      Hapus
    3. kebanyakan blogger memang suka begadang :)
      ya mungkin darahnya bitu itu,,seperti kata Mbak iis :D

      Hapus
  4. Alhamdulillah, saya sudah 3x donor mas ... dan ternyata memang banyak manfaatnya ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya mas, semoga 2x lagi dapet piring cantik,,hhehe

      Hapus
  5. aku belum pernah donor, sdh takut duluan...hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. takutnya nanti aja mbak, kalau sudah donor darah,,hehe

      Hapus
  6. gue belum pernah donor darah karena gue tau manfaat yang ke 3 itu gak banget buat badan gue yang udah kerontang begini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalau gitu,,nunggu bergizi dulu aja mas,hehe

      Hapus
  7. aku udah sering bangeeeet nyobaa buat donor darah tp selalu gak bisaaa :((( kadang HB-ny yang kurang, seringnya tensi darahku yang kurang --"

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga merupakan salah satu manfaat mau donor darah, dengan begitu kan bisa mengetahui tensi darah, sekarang tinggal bagaimana caranya untuk menormalkan tensi darah, biar darah bisa di donorkan :)

      Hapus
  8. sebenernya banyak juga manfaat dari donor darah tapi banyak juga orang yang takut untuk mendonorkan darah ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, ya semoga aja dengan informasi di atas, jadi gak takut lagi,,hehe

      Hapus
  9. sebenarnya pengen,
    tapi pas lihat jarum suntik nya rasanya pengen ngibrit sekenceng kencengnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya harusnya ngibritnya belakangan mas, sehabis donor darah,,hehehe

      Hapus
  10. pengen banget saya ikutan donor darah,,tapi sayang saya juga kayanya belum memenuhi syarat itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah memenuhi syarat, boleh dicoba mas :)

      Hapus
  11. Awalnya ane dulu juga takut.
    Tapi ane beranikan diri. Eh ternyata donor darah itu kayak di gigit semut aja waktu jarum di suntik. Kalau rutin sih nggak. Tapi kalau ada acara donor darah di instansi tempatku bekerja. Ane biasanya ikut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep mas kalau gitu, semoga semakin sering donor darah dan bermanfaat buat banyak orang :)

      Hapus
  12. Suamiku rutin donor hampir 3 bulan sekali, ditambah lagi kalau ada kerabat yang membutuhkan mendadak. Alhamdulillah sampai saat ini, beliau sehat walafiat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah hirobbil alamiin..

      Hapus
    2. Semoga di donor darah berikutnya, beliau jadi tambah sehat :)

      Hapus
  13. artikel berbanfaat sob !! donor darah ada manfaatnya ya..?? baru tahu !!

    COme back

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob, makanya gak rugi kalau kita berdonor darah..:)

      Hapus
    2. iya sob, silahkan dicoba aja biar tau,,hehe

      Hapus
  14. Terima kasih Mas telah berbagi manfaat dari donor berdarah. Dulu waktu zaman sekolah, saya pernah donor Mas, tapi malah seharian ngantuk rasanya habis donor darah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas, mungkin merasa kaget aja mas, cz baru pertama kali :)

      Hapus
  15. belum pernah donor darah mas XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali waktu dicoba aja gan :)

      Hapus
  16. Saya belum pernah donor mas, ternyata banyak manfaatnya yah, makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar malam dijemput vampire Mas

      Hapus
    2. iya mungkin seringnya donor ke nyamuk,,hehe

      Hapus
  17. saya dong kalo diambil darahnya.. banyaak.
    tapi cuma dikasih supermi sama telor aja abis itu. huhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dari pada di donorin ke nyamuk mas,,hehe

      Hapus
  18. walaupun manfaatnya banyak, saya belum pernah donor darah karena tidak berani, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga nanti berani mas agus :)

      Hapus
  19. dengar-dengar manfaat donor darah sewaktu puasa juga sangat bermanfaat bagi tubuh ya mas? karena darah akan mengeluarkan darah lamanya dan akan membuat sel darah baru, seperti itu?

    BalasHapus
  20. alhamdulillah udah donor bulan kemaren, serem, tapi lega
    aku nulis tentang donor darah juga mas di blogku, tapi yg pasti dalam bentuk kartun, hhe ^^v

    BalasHapus
  21. haduuuh pernah tuh, rasanya clekit :D

    BalasHapus