Penyakit Tanaman Durian dan Penanggulangannya

SHARE:

Untuk menghasilkan durian dengan kwalitas prima tidak akan luput dari perawatan yang maksimal, selain itu pembibitan durian juga perlu diperhatikan sedetail mungkin, supaya kelak bisa menghasilkan buah durian yang bagus. Penyebab buah durian tidak berkwalitas buruk bisa disebabkan oleh tanaman maupun buah yang terserang oleh penyakit.

Penyakit Bibit Durian.
Semua bibit varian tanaman durian bisa terserang oleh penyakit, kebanyakan ifeksinya berawal dari batang kemudian menjalar ke batang dan daun. Bibit yang terinfeksi, pada daunnya akan terlihat kecil dan berubah warna, setelah itu akan muncul bercak-bercak kecil yang lama-kelamaan akan membesar hingga berubah menjadi gelap. Tak lama kemudian daun akan berguguran, jika terus dibiarkan semua daun akan berguguran, akar membusuk dan akan menimbulkan kematian. Selain itu penyakit akan menyebar ke bibit durian yang lain.
  • Penyebab - penyakit pada bibit durian ini disebabkan oleh cendawan phytophathora palmivora yang bisa muncul akibat kelebihan air dan penanaman terlalu rapat, selain itu tanah juga bisa menjadi faktor utamanya.
  • Cara Menanggulangi - penyakit pada bibit durian bisa diatur penyiramannya agar tidak berlebihan, selain itu dehidrasi dan penataan bibit tanaman agar tidak terlalu rapat perlu diperhatikan. Untuk meminimalisir penyebaran penyakit, seluruh area pembibitan disemprot menggunakan fungsida dengan bahan aktif oxadixyl, fosetylaluminium, cyprofuram, arufurace, metalaxyl dan milfuram. Daun, cabang atau ranting yang terinfeksi sebaiknya dipotong agar tidak menjalar ke tanaman yang lain.
Penyakit Daun Bercak 
Penyakit daun bercak ini bisa menyerah durian baik masih dalam pembibitan maupun sudah dewasa. Pada bibit durian, penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Untuk tanaman dewasa bisa menyebabkan kematian pada daun, cabang dan ranting. Dengan begitu produksi buah yang dihasilkan tidak akan menurun karena tidak bisa melakukan fotosintesis secara maksimal.

  • Penyebab - daun bercak pada tanaman durian disebabkan oleh penyakit cendawan rhizoctonia solina. Awal gejala penyakit terlihat pada daun yang muncul bintik-bintik dan basah. Lama-kelamaan bercak tersebut akan mengering berwarna coklat gelap dengan bentuk tak beraturan, setelah itu daun akan berubah bentuk dan mengecil.
  • Cara Menanggulangi - daun bercak pada bibit durian bisa dihindari dengan cara mengatur bibit agar tidak terlalu rapat dan penyiraman secara rutin dan tidak terlalu berlebihan. Untuk mengatasi infeksi bisa menyemprotkan ke seluruh tanaman atau di suntik pada cabang atau rantingnya menggunakan fungsida berbahan aktif thiophanate methyl, flotolantil, triadimefon, cardendazim, benomyl dan penchycuron. Daun, cabang atau ranting yang terinfeksi sebaiknya dipotong agar tidak menjalar ke tanaman yang lain.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avril Lavigne Batu Berita Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Charlie Puth Christina Perri Coldplay Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lana Del Rey Lirik Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Nate Ruess Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pink Queen Review Rexco Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Sepatu Ardiles Smartphone Sony Teknologi Terjemahan Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi
false
ltr
item
Heqris - Pusat Informasi: Penyakit Tanaman Durian dan Penanggulangannya
Penyakit Tanaman Durian dan Penanggulangannya
Untuk menghasilkan durian dengan kwalitas prima tidak akan luput dari perawatan yang maksimal, selain itu pembibitan durian juga perlu diperhatikan sedetail mungkin, supaya kelak bisa menghasilkan buah durian yang bagus. Penyebab buah durian tidak berkwalitas buruk bisa disebabkan oleh tanaman maupun buah yang terserang oleh penyakit.
Heqris - Pusat Informasi
http://www.heqris.com/2013/06/penyakit-tanaman-durian-dan.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2013/06/penyakit-tanaman-durian-dan.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy