Rabu, 12 Juni 2013

Penyakit Tanaman Durian dan Penanggulangannya

Untuk menghasilkan durian dengan kwalitas prima tidak akan luput dari perawatan yang maksimal, selain itu pembibitan durian juga perlu diperhatikan sedetail mungkin, supaya kelak bisa menghasilkan buah durian yang bagus. Penyebab buah durian tidak berkwalitas buruk bisa disebabkan oleh tanaman maupun buah yang terserang oleh penyakit.

Penyakit Bibit Durian.
Semua bibit varian tanaman durian bisa terserang oleh penyakit, kebanyakan ifeksinya berawal dari batang kemudian menjalar ke batang dan daun. Bibit yang terinfeksi, pada daunnya akan terlihat kecil dan berubah warna, setelah itu akan muncul bercak-bercak kecil yang lama-kelamaan akan membesar hingga berubah menjadi gelap. Tak lama kemudian daun akan berguguran, jika terus dibiarkan semua daun akan berguguran, akar membusuk dan akan menimbulkan kematian. Selain itu penyakit akan menyebar ke bibit durian yang lain.
  • Penyebab - penyakit pada bibit durian ini disebabkan oleh cendawan phytophathora palmivora yang bisa muncul akibat kelebihan air dan penanaman terlalu rapat, selain itu tanah juga bisa menjadi faktor utamanya.
  • Cara Menanggulangi - penyakit pada bibit durian bisa diatur penyiramannya agar tidak berlebihan, selain itu dehidrasi dan penataan bibit tanaman agar tidak terlalu rapat perlu diperhatikan. Untuk meminimalisir penyebaran penyakit, seluruh area pembibitan disemprot menggunakan fungsida dengan bahan aktif oxadixyl, fosetylaluminium, cyprofuram, arufurace, metalaxyl dan milfuram. Daun, cabang atau ranting yang terinfeksi sebaiknya dipotong agar tidak menjalar ke tanaman yang lain.
Penyakit Daun Bercak 
Penyakit daun bercak ini bisa menyerah durian baik masih dalam pembibitan maupun sudah dewasa. Pada bibit durian, penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Untuk tanaman dewasa bisa menyebabkan kematian pada daun, cabang dan ranting. Dengan begitu produksi buah yang dihasilkan tidak akan menurun karena tidak bisa melakukan fotosintesis secara maksimal.

  • Penyebab - daun bercak pada tanaman durian disebabkan oleh penyakit cendawan rhizoctonia solina. Awal gejala penyakit terlihat pada daun yang muncul bintik-bintik dan basah. Lama-kelamaan bercak tersebut akan mengering berwarna coklat gelap dengan bentuk tak beraturan, setelah itu daun akan berubah bentuk dan mengecil.
  • Cara Menanggulangi - daun bercak pada bibit durian bisa dihindari dengan cara mengatur bibit agar tidak terlalu rapat dan penyiraman secara rutin dan tidak terlalu berlebihan. Untuk mengatasi infeksi bisa menyemprotkan ke seluruh tanaman atau di suntik pada cabang atau rantingnya menggunakan fungsida berbahan aktif thiophanate methyl, flotolantil, triadimefon, cardendazim, benomyl dan penchycuron. Daun, cabang atau ranting yang terinfeksi sebaiknya dipotong agar tidak menjalar ke tanaman yang lain.
Buah Busuk
bersambung..
TAGS
#Budidaya
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. penyakit dan solusi yang jelas dan gamblang, monggo yang mau nanam duren

    BalasHapus