30 Nov 2011

Pengertian HP Android | Kelebihan & Kekuarangan

Android
Saat ini siapa yang tidak mengenal smartphone berbasis Android, smartphone yang memiliki system opersasi Android ini, sekarang lagi ngetren-ngetrennya di pasaran, menurut hasil survey handphone Android ini paling banyak penggunanya dibandingkan dengan iPhone maupun Blackberry, saya pribadipun sangat terkesan, karena hampir semua fasilitas seperti browsing, chating, ngeblog, menulis, GPS, dll, bisa saya lakukan di smartphone Android ini, postingan ini pun juga saya upload dari HP Android setelah saya mempelajari fitur-fitur yang diberikan.

Pada awalnya saya tidak ada keinginan untuk membeli HP Android, saya hanya berniat untuk memilih HP sliding samping yang ada quertinya, alasan saya supaya mudah untuk menulis ataupun posting di blog kesayangan saya ini. Pertamakali saya mencoba mencari smartphone Blackberry, setelah saya cari-cari ternyata cukup sulit untuk mencari hp Blackberry sliding samping, akhirnya saya coba untuk googling, setelah memilah, memilih dan membandingkan pilihan saya pun jatuh pada HP Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i dan kebetulan memiliki system operasi Android, jadi mau tidak mau saya harus mempelajari system Android baik dari segi hardware maupun software, dengan begitu saya bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan HP Android.

Sebenarnya versi sebelumnya juga ada X10, designnya pun hampir mirip baik Xperia type sliding, namun setelah saya melihat video reviewnya di youtube dan saya banding-bandingkan, saya lebih tertarik dengan type SK17i.

Alasan saya memilih Smartphone Adroid Sony Ericsson Xperia Mini Pro, karena memiliki system operasi yang bersifat open source dan memiliki processor 1 Ghz dengan kapasitas memori internal 521Mb dan tambahan memori external hingga 32 GB, jadi menurut saya ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan saya blogging, main game, online, facebookan, layaknya memiliki laptop, walaupun tidak selengkap system operasi windows.

Bayangan saya pada waktu itu, HP SK17i ini seperti mengoperasikan komputer dan setelah 3 hari memegangnya, hal itu memang sesuai dengan apa yang saya bayangkan.

Kita bisa menikmati ribuan software baik yang bersifat gratis maupun berbayar dengan cara mengunjungi alamat www.play.google.com. Hanya dengan memilih software sesuai kebutuhan, kita sudah bisa mendownload aplikasi melalui handphone dengan syarat sudah mempunyai akun google. Selain itu kita juga bisa memilih kemudian mendownload melalui komputer, dengan syarat kita sudah mensingkronisasi ponsel kita dan sudah terkoneksi dengan internet. Karena aplikasi pada market Android tidak bisa langung kita download ke komputer, kita hanya melakukan perintah instal, maka secara automatis ponsel kita akan automatis mendownload dan menginstalnya.

Pengertian Android
Android adalah system operasi berbasi Linux yang diperuntukkan khusus untuk smartphone. Seperti ciri khas Linux pada umumnya, penggunanya Android juga diberi hak penuh untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri.

Kalau dilihat dari sejarah, awal tercipatanya Android berasal dari Andorid Inc, setelah melalui berbagai pengembangan hingga terbentuk Open Handset Alliance, Android langsung di akusisi oleh Google.

Andoid pertama kali dirisil pada tahun 2007 tanggal 05 November, saat itu Google membuat kode-kode Android yang dilisensi oleh Apache. Dan pada waktu itu Open Handset Alliance menyatakan untuk mendukung pengembangan open source pada perangkat smartphone.

Untuk saat ini distributor Android terdapat dua jenis. Pertama dari Google Mail Service (GMS) dan Open Handset Distribution (OHD) distribusi yang benar-benar bebas karena tanpa dukungan langsung dari Google.

Kelebihan & Kekuarangan Handphone Android
Kelebihan Handphone Android
  • System Operasi bersifat open source, jadi sangat memungkinkan penggunanya untuk membuat software sendiri.
  • Banyak aplikasi baik software maupun game yang bisa kita nikmati mulai dari yang berbayar sampai gratis.
  • Dari segi tampilan, terlihat elegant, sehingga penggunanya tidak akan mudah bosan.
  • Bersifat Multitasking yang artinya bisa menjalankan berbagai aplikasi sekaligus, itu artinya Anda bisa menjalankan browsing, Facebook, YM, sambil mendengerkan lagu sekaligus, namun semua itu juga tergantung dari processor handphone tersebut. Jadi sebelum membeli handphone Android pastikan memiliki processor minimal 1Gz untuk kelancaran Multitasking.
  • Kemudahan dalam Notifikasi, Setiap mendapatkan Misscall, SMS, Chat baru baik dari ym maupun Facebook, Email atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi, Jika handphone tidak dalam genggaman Anda tidak perlu khawatir ketinggalanm, karena lampu LED Indikator akan selalu berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
  • Tampilan (themes), Jika Anda bosan dengan tampilan yang di sajikan oleh produsen, Anda bisa mengganti sesuka hati, hanya dengan mendownload di market android,
  • Widget, yang berfungsi untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan setting atau memilih aplikasi yang akan dijalankan
  • Syngkronisasi, jika anda pengguna Gmail ataupun Ymail, anda dapat menginterigrasikan dengan handphone Anda, sehingga akan memepermudah Anda mengecek atau mengirim email.
Kekurangan Handphone Android
  • Baterai yang cepat habis, tak dipungkiri lagi multitasking adalah alasannya kenapa handphone android ini sangat boros dalam penggunaan baterai, namun Anda tidak usah khawatir, ada banyak solusi untuk menghemat baterai, salah satunya dengan aplikasi Mobo Taks Killer, seperti yang sedang saya pakai sekarang ini. Aplikasi Mobo Taks Killer berfungsi untuk menghentikan proses aplikasi yang sudah tidak di gunakan lagi.
  • Pengoperasian, akan terlihat sulit jika Anda baru mempelajari Android dan pasti akan membingungkan karena sangat beda sekali dengan handphone-handphone lain.
  • Iklan, Jika Anda menggunakna aplikasi yang bersifat gratis, iklan akan selalu muncul pada aplikasi tersebut dan munculnya iklan hanya pada saat Anda terhubung ke Internet.
  • Koneksi Internet yang mahal, pada saat browsing memang cepat dan tidak ada hambatan, namun biaya untuk internetpun juga sesuai dengan kecepatan tersebut, jadi Anda harus membeli paket internet, tergantung kartu yang Anda gunakan.
Demikian alasan saya kenapa memilih smartphone Android, semoga bisa menambah wawasan.
Untuk memilih HP android murah bisa di lihat di Daftar Harga HP Android Murah di Bawah 1 Juta

Artikel Terkait Teknologi Review

30 Komentar Blogger

Anda Bisa Berkomentar menggunakan Akun Facebook

Silahkan Berkomentar

  1. Beli ponsel harus nya sesuai kebutuhan aja,jika mau gaya2n doank ga baik.
    Kalau ponsel android yg baterainya tahan lama merk apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener sob, akan lebih bermanfaat kalau sesuai kebutuhan, yang penting bisa mengerti kegunaannya secara detail, kalau untuk merk kayaknya semua hampir sama gan, tergantung aplikasi pada Android tersebut, apalagi kalau buat internet & game, hampir semua merk akan cepat kehabisan baterai.

      Hapus
  2. Saya baru saja beli HP android(tepatnya tgl 5 Feb 2010, Minggu) Sonyericsson Xperia Ray. yang saya perlu tanyakan adalah:
    1. apakah kita harus selalu online kalau ingin menjalankan aplikasi dan juga main game?
    2. Adakah game yang bisa dimainkan secara offline?

    Saya mohon jawaban dari teman teman, terutama dari yang mereka sudah punya pengalaman lama memakai HP android.

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dari jenis game dan aplikasinya, karena ada aplikasi maupun game yang mengharuskan untuk online dan ada yang bisa dioperasikan secara offline.

      Hapus
  3. Makasih anget infonya ya gan... pengen banget beli HP Android, tapi badget nya masih kurang : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama gan, ya dikumpulin dulu gan :)

      Hapus
  4. aku saat ini pakai nokia e63 dan lagi pingin beli samsung galaxy young, denger2 kan itu android juga ya bang? nah kalo dilihat2 dari kelebihannya kok hampir sama kayak nokia punyaku ya bang? multitasking, notification light (kalo di nokia bisa di setting sampai 1 jam bang). kira2 hal apa aja yang bisa meyakinkan saya untuk ganti hp ke android? hehe... rugi juga bang kalo beli tapi fiturnya hampir sama kayak nokia punyaku ini.

    BalasHapus
  5. punten gan mau tanya kalo hape android yang gak touchscreen apa yah, terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini masih, kayaknya masih belum ada gan, hampir semua Android dioperasikan dengan touchscreen, atau coba aja samsung i5510, xperia X10, xperia mini pro sk17i, selain touchscreen juga ada quertinya.

      Hapus
  6. mau tanya nih gan, saya bngung nih dgn pilihan saya, soalnya dlam dkat ini mau beli android dgn merk sony, plihannya ada 2, antara xperia mini pro sama live with walkman. Kira2 keseluruhannya bgusan yang mna ya antara 2 tsb? Mksih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari sisi hardware dan software hampir sama gan, cuman yang live with walkman fitur yang ditonjolkan lebih ke musiknya (headset suaranya mantep), kalau xperia mini pro yang sk17i ya, lebih ke QWERTYnya, namun harus hati-hati, kabel flaksi sering rusak kalau sering di buka tutup, itu yang saya rasakan, saat ini saya juga pakek SK17i.

      Semua kembali ke kebutuhan agan, kalau saya pribadi sk17i, karena bisa buat ngetik cepat :)

      Hapus
  7. Gan mau tanya kalau layar lcd nya berkedip saat di isi ulang, itu knpapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh,,baru dengar saya gan, pakek sliding gak gan, mungkin ada jalur yang putus, kalau gak gitu coba cek softwarenya.

      Hapus
  8. Balasan
    1. ada, untuk google play, bisa di donwload di market Android

      Hapus
  9. maap gan ane mau tanya nih, ane kan pnya Xperia mini pro sk17i.
    ters ane pnya masalah dengn headset nya g bisa nyambung gan, awal nya sih bagus nyambung terus ngemusik jg enak. tp skr g tau knp jdi g konek gtu, apa ada hardware yg conectoot headset nya yg rusak apa ada software nya yg rusak,,mhn solusi nya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pakek software untuk ngetest hardware aja,,ada kok di market,,

      Hapus
  10. Bang mau tanya..game yg bisa pke controler qwerty di hp sk17i apa ya?trus..game arcade yg offline apaan ya yg udah ente cobain?heehee soalna ane bru beli neh xperia mini pro 3 bulan..aslii ni hp mantep bngt dahh..gx slah beli,walaupun nyarinya susah bngt..o yaa baterena ko rakus bngt yaa..sama ane kok klw lgi ngecas trs pasa hpna panas buka code layar sering susah yaa.??btw biasanya kerusakannya apa aj bang hp ini?thanks ya..maap klw banyak tanya.hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga belum game menggunakan control qwerty, kebanyakan pakek layar sentunya gan :)

      Hapus
  11. Blh nanya ga gan..
    aq pakai sony xperia.. Kenapa.ya,tiap 10menit layar lcdnya nyala 1 detik mati,bgtu trz setiap 10 menit,dimana ya pengaturan buat non aktifinnya.. Makasih gan,soalnya pengaruh batrei cpt hbz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada pengaturannya gan, di setting trus masuk display, semoga bisa membantu :)

      Hapus
  12. ok bro makach atas infonya

    BalasHapus
  13. Misi numpang tanya
    Ane beli hp android sony Xperia miro kalok d cas sering mati sendiri kenapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin baterainya drop gan, coba bawa ke dealer resmi Sony Ericsson aja

      Hapus
  14. Mau nanya gan

    Hp android
    Bisa ga main game online atlantica ?

    Hp apa yg bisa main game atlantica ?

    BalasHapus
  15. apa hp android selalu terhubung internet gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak selalu gan, tergantung kebutuhan, kalau ingin update aplikasi atau menikmati semua fitur Android ya harus terhubung ke internet :)

      Hapus
  16. ijin copas untuk tugas sekolah

    BalasHapus