30 Agt 2009

Cara Mencegah Penularan HIV/AIDS

Cara pencegahan penularan HIV yang terbaik adalah dengan tidak melakukan perilaku-perilaku seksual berisiko tinggi. Juga menjaga agar jangan sampai cairan tubuh yang telah tercemar HIV masuk ke dalam tubuh kita.

AIDS adalah sekumpulan gejala penyakit yang menyerang tubuh manusia sesudah sistem kekebalannya dirusak oleh virus yang disebut HIV. Pengertian AIDS tercermin dari kepanjangan Acquired Immune Deficiency Syndrome, atau Sindrom Cacat Kekebalan Tubuh Dapatan.

Berikut ini tips agar terhindar dari penularan virus HIV/AIDS berbahaya itu:
Mencegah Penularan Melalui Hubungan Seks, Yakinkan pula pasangan Anda Jangan melakukan hubungna sex bebas berganti-ganti pasangan. Jangan berganti-ganti mitra seks guna meminimalkan kemungkinan terinfeksi HIV lewat pasangan. Jika Anda tidak mengetahui pasti bahwa pasangan Anda terinfeksi HIV atau tidak, sebaiknya memakai kondom yang baik dengan benar ketika berhubungan seks.

Mencegah Penularan Lewat. Alat-Alat Yang Tercemar Bila hendak menggunakan alat-alat yang menembus kulit dan darah (jarum suntik, jarum tato, pisau cukur dan lain-lainnya), pastikan bahwa alat-alat tersebut benar-benar steril.


Cara mensterilkan alat-alat tersebut dapat dengan mencucinya dengan benar. Anda dapat memakai ethanol 70% atau pun pemutih. Caranya, sedot ethanol dengan jarum suntik tersebut, lalu semprotkan keluar. Hal ini dilakukan dua kali. Kemudian, lakukan dengan cara yang sama dengan menggunakan air bersih. Jangan sekali-kali menggunakan jarum suntik atau alat yang menembus kulit bergantian dengan orang lain.

Mencegah Penularan Lewat Darah Bila Anda hendak menjalani transfusi darah, pastikan darah tersebut telah diskrining dan dinyatakan bebas HIV oleh Palang Merah Indonesia (PMI).

Anda pun harus betul-betul mengerti perbedaan antara Perbedaan Antara HIV dan AIDS, kenapa demikian, karena HIV dan AIDS sangatlah jauh perbeda, untuk mengetahuinya lihat di Perbedaan Antara HIV dan AIDS

Artikel Terkait Tips Kesehatan

6 Komentar Blogger

Anda Bisa Berkomentar menggunakan Akun Facebook

Silahkan Berkomentar

  1. makasihh atas info nya ,, saya harap bsa membantu tugas say ... :)
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terima kasih juga sudah mampir :)

      Hapus
  2. saya berterima kasih ats infonya ..
    saya jdii tau penyakiit AIDS dan HIV,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terima kasih juga sudah mampir :)

      Hapus
  3. Terimakasih atas informasinya mas hegris :D

    BalasHapus