12 Jun 2009

Pengertian Reklame

Kalau diartikan secara bahasa, reklame berasal dari bahasa Spanyol,yaitu Reclamos dan pada bahasa latinnya disebut Reclame, Re yang artinya berulang-ulang sedangkan Clame artinya berteriak, jadi secara bahasa bisa diartikan sebagai "suatu seruan atau teriakan yang berulang-ulang."

Dari segi pengertian, reklame adalah suatu perbuatan untuk mengajak seseorang mengikuti isi dari reklame tersebut, disisi lain reklame juga bisa diartikan sebagai suatu sarana untuk mengenalkan suatu produk supaya dikenal dan laku di pasaran, namun juga ada reklame yang tidak komersial.

Dahulu, sebelum era globalisasi reklame hanya bisa diketahui oleh orang-orang tertentu, tidak bisa meluas dan maksimal karena keterbatasan prasarana, berbeda dengan sekarang, reklame sudah bisa menyebar secara luas melalui media television, radio, surat kabar, internet, banner, pamflet dan masih banyak lagi, sehingga hampir seluruh lapisan masyarakat bisa mengetahuinya.

Reklame Komersial dan Contohnya
Secara garis besar, reklame komersial adalah suatu sarana untuk mengajak seseorang atau kelompok yang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam bentuk materi, namun juga harus memperhatikan hal, sebagai berikut:

Persuasif
Apapun sarananya, reklame harus bersifat mengajak.

Estatis
Supaya terlihat menarik, bentuk reklame harus memiliki unsur keindahan, keseimbangan supaya terlihat harmonis, irama, kontras, sopan atau sesuai dengan norma dan bersifat mendidik.

Contoh Reklame Komersial:
Reklame Penjualan Pakaian Online
Toko Fashion Online














Reklame Banner Cafe Hostpot




Reklame Banner Laundry




















Reklame Non Komersial dan Contohnya
Reklame komersial adalah suatu sarana untuk mengajak seseorang atau kelompok dengan bertujuan untuk mendapatkan profit. Hal-hal supaya terlihat bagus juga perlu diperhatikan layaknya reklame komersial.

Contoh reklame Non Komersial
Reklame Lindungilah Air Bersih














Berikut beberapa pengertian dan contoh tentang reklame.

Artikel Terkait Pendidikan

2 Komentar Blogger

Anda Bisa Berkomentar menggunakan Akun Facebook

Silahkan Berkomentar

  1. terimaksasih atas info'nya............
    tetapi akan lebih baek bial di berikan contoh reklame'nya..........
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, ya nanti kalau ada waktu saya kasih contohnya :)

      Hapus