Inilah Tips Memilih Gitar Akustik yang Tepat

SHARE:

Gitar akustik dalam Wikipedia adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan melalui tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara yang ada pada ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar.

Perlu di ketahui bahwa jenis kayu yang digunakan untuk membuat gitar akan berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan gitar. Karakteristik yang dimiliki gitar akustik ini berbeda dengan gitar elektrik. Gitar akustik memiliki suara senar yang diperkuat oleh bagian resonansi, selain itu pada gitar akustik memiliki enam buah senar, namun ada pula gitar akustik yang memiliki tujuh buah senar.

Pada gitar akustik biasanya senarnya terbuat dari bahan nilon. Namun ada pula gitar yang senarnya terbuat dari baji, nah gitar ini biasa disebut gitar klasik. Satu hal lagi yang menarik dari gitar akustik, semua bahan yang di gunakan untuk membuat gitar berasal dari kayu sehingga suara yang di hasilkan oleh gitar lebih kuat dan lebih baik.

Pada gitar akustik terdapat beberapa bagian gitar yang wajib ada pada gitar ini, diantaranya adalah headstok atau yang biasa disebut kepala, nut, frets, alat pemutar, neck (leher gitar), hel (penghubung gitar), badan gitar, bridge, bagian belakang, soundboard atau bagian penghasil suara atau biasa disebut kotak resonansi, bagian sisi samping, senar, lubang suara, fretboard, dan sadle.

Komponen gitar ini selalu ada pada gitar akustik. Jika salah satunya tidak ada maka akan terjadi kekurangan sehingga gitar tidak akan sempurna.
Gitar akustik ini banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Gitar ini mudah untuk digunakan selain itu nada yang dihasilkan begitu indah serta selalu pas untuk mengiringi sebuah instrumen lagu. Untuk belajar memainkan gitar akustik ini juga mudah, Anda hanya perlu berlatih secara telaten agar Anda dapat mempelajari gitar ini dengan cepat.

Gitar akustik juga cocok untuk mengiringi instrumen lagu-lagu yang romantis. Dan biasanya para muda-mudi menggunakan gitar ini untuk mengungkapkan rasa cinta kepada seseorang yang dicintai. Bagi Anda yang ingin memiliki gitar ini Anda bisa membelinya di tempat-tempat yang terpercaya.
Gitar akustik ini mempunyai berbagai jenis merek yang di tawarkan, namun yang biasanya paling terkenal adalah gitar Yamaha. Ya, perusahaan Yamaha tidak hanya memproduksi sepeda motor saja namun juga memproduksi gitar.

Gitar ini dimainkan dengan cara di petik, hal inilah yang menjadikan daya tarik untuk mempelajari alat musik ini. Gitar akustik juga mempunyai daya tarik karena gitar ini memiliki lubang pada bodynya.

Bagi Anda yang berminat untuk membeli gitar ini berikut ini adalah tips memilih gitar agar Anda mendapatkan gitar yang berkualitas.

1. Bodi dan bahan gitar

Hal yang harus diperhatikan pertama kali saat memilih gitar adalah dengan meilhat bodi dan bahan yang digunakan untuk membuat gitar. Pasalnya bahan yang digunakanakan berpengaruh terhadap bunyi yang dihasilkan dari gitar akustik.

Selain itu setiap gitar akustik memiliki proyeksi suara dan tonasi yang berbeda-beda tergantung dari berapa ukuran gitar tersebut. Saat Anda memilih gitar pilihlah bodi gitar sesuai dengan selera Anda. Pada bodi gitar biasanya terdapat cutaway atau cekungan pada bodi gitar.
Pada gitar akustik juga terdapat gitar yang memiliki cutaway dan ada pula gitar yang tidak memiliki cutaway. Cutaway ini berada di anta bodi gitar dan leher gitar, biasanya berbentuk cekungan.

Fungsi dari cutaway adalah untuk mempercantik tampilan yang diberikan gitar. Selain itu juga untuk mempermudah gitaris saat memainkan nada tinggi karena dapat dengan mudah menjangkau fret untuk nada tinggi.

Namun ada pula yang mengatakan bahwa gitar akustik yang tidak memiliki cutaway akan memiliki nada yang lebih bagus. Sebenarnya hal itu tergantung dari selera masing-masing orang.

2. Neck gitar

Neck gitar adalah leher gitar, neck gitar berbentuk memanjang dan memiliki fret-fret. Untuk memilih gitar akustik yang bagus Anda perlu memperhatikan bagian neck gitar. Jika neck gitar lurus sudah di pastikan bahwa gitar yang Anda pilih adalah gitar yang bagus.
Untuk mengecek neck gitar Anda bisa menekan senar gitar pada fret nomor 5 kemudian perhatikan fret nomor 6,7,8 apakah ada senar gitar yang menempel dengan fret atau tidak. Jika iya maka neck gitar yang Anda pilih tidak lurus.

Jika senar fret nomor 6,7,8 tidak menempel maka neck gitar Anda lurus. Selain itu neck yang bagus juga neck yang memiliki besi penyangga agar tidak mudah bengkok. Besi penyangga pada neck ini disevut dengan truusord.

Hal ini digunakan untuk memberikan kenyamanan kepada Anda saat memainkan gitar. Yang paling penting Andalah pilihlah neck gitar yang sesuai dengan genggaman tangan Anda.

3. Fret gitar

Fret gitar adalah strip yang ada pada neck gitar yang berupa kawat tipis yang memiliki jarak pada interval sepanjang seluruh panjang fingerboard. Saat Anda memilih gitar akustik sebaiknya Anda memilih bahan fretnya yang menggunakan bahan stainless stell.
Hal ini bertujuan agar fret gitar Anda tidak mudah berkarat. Selain itu bahan yang terbuat dari stainless steal juga menghasilkan suara yang lebih bagus. Jumlah fret pada gitar akustik berbeda-beda, namun idealnya gitar akustik memiliki fret dengan jumlah 12-14 buah.

4. Pemilihan tuning peg

Tuning peg adalah sebuah alat yang fungsinya untuk menyetel senar gitar. Dalam memilih tuning peg Anda harus cermat. Tuning peg yang bagus adalah tuning pag yang terbuat dari bahan stainless stell hal ini bertujuan agar tuning peg awet dan tidak mudah berkarat.

5. Cek suara

Pastikan Anda mengecek suara gitar yang akan Anda beli dengan cermat dan teliti. Saat Anda memainkan gitar akustik Anda akan mendapatkan fell yang pas dengan hati Anda. Untuk itu cermatlah dalam membeli gitar akustik.

Pastikan suara yang di hasilkan tidak fals. Biasanya suara gitar yang tidak bagus saat di coba pada fret ke 12 intonasinya akan terdengar fals. Jadi dalam hal ini Anda harus ekstra hati-hati dan teliti.

Memiliki dan memainkan gitar adalah dambaan setiap orang. Apalagi jika gitar yang dimiliki memiliki kualitas yang baik. Tentunya Anda akan merasa puas saat gitar yang Anda miliki dapat di gunakan dengan sempurna.

Gitar akustik adalah gitar yang paling banyak digunakan oleh orang-orang yang ada di seluruh dunia. Selain suara yang di hasilkan enak untuk dinikmati, gitar akustik juga mudah untuk di pelajari sat memainkannya.

Bagi Anda yang sedang mencari atau memilih-milih gitar akustik yang berkualitas, Anda bisa menggunakan tips memilih gitar akustik di atas. Pastikan dan telitilah saat mecari gitar akustik yang Anda inginkan. Jangan lupa sesuaikan pula dengan budget yang Anda miliki. Cermat dalam memilih akan menentukan kualitas gitar yang Anda miliki.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Bali Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Inilah Tips Memilih Gitar Akustik yang Tepat
Inilah Tips Memilih Gitar Akustik yang Tepat
Perlu di ketahui bahwa jenis kayu yang digunakan untuk membuat gitar akan berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan gitar. Karakteristik yang dimiliki gitar akustik ini berbeda dengan gitar elektrik. Gitar akustik memiliki suara senar yang diperkuat oleh bagian resonansi, selain itu pada gitar akustik memiliki enam buah senar, namun ada pula gitar akustik yang memiliki tujuh buah senar.
https://2.bp.blogspot.com/-dMGXibYl9T0/WgVddUjyeOI/AAAAAAAAbv4/-mmtfhriV9U_qGQ4IkNKV3bAKAk2raKTQCLcBGAs/s640/guitar%2Bakustik.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-dMGXibYl9T0/WgVddUjyeOI/AAAAAAAAbv4/-mmtfhriV9U_qGQ4IkNKV3bAKAk2raKTQCLcBGAs/s72-c/guitar%2Bakustik.jpg
Heqris Workspace
http://www.heqris.com/2017/11/inilah-tips-memilih-gitar-akustik-yang.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2017/11/inilah-tips-memilih-gitar-akustik-yang.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy