Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit TBC

SHARE:

TBC atau Tuberkulosis adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan disebabkan oleh bakteri yang membahayakan bagi kesehatan. Bakteri tersebut dapat menyerang seluruh bagian tubuh manusia namun 90% bakteri tersebut menyerang paru-paru. TBC adalah penyakit yang sekarang banyak ditakuti dan diwaspadai oleh masyarakat dunia.

TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh strain mikobakteria atau umumnya disebut Mycobacteria Tubercolosis. Penyakit yang menyerang saluran nafas ini bisa dengan mudah menyebar lewat udara, untuk itulah penderita harus segera diisolasi. Nah, lalu apa sebenarnya penyakit ini dan bagaimana pencegahannya? Berikut uraian lengkapnya!

Penyebab dan Gejala Penyakit TBC

Ada dua faktor yang menjadi penyebaran TBC. Pertama adalah faktor kekebalan tubuh. Semakin turun kadar kekebalan tubuh seseorang, maka semakin mudah virus masuk ke dalam tubuh. Apalagi jika ketika itu Anda berada dalam lingkungan yang penuh dengan udara buruk yang terkontaminasi virus. Virus akan lebih mudah masuk jika kekebalan tubuh menurun.

Kedua adalah penularan lewat cairan di saluran pernapasan. Contohnya seperti batuk atau bersin dari seseorang yang terindikasi virus TBC. Bersin orang yang terkena penyakit membahayakan disebut dengan droplet inlection. Seseorang yang terkena cairan ini bisa dengan mudah tertular TBC, apalagi jika Anda dalam keadaan imun yang rendah.

Selain itu seorang yang mengalami kekurangan gizi, pecandu rokok, pecandu narkoba, dan petugas medis yang berhubungan dengan pasien TBC juga bisa dengan mudah tertular. Dan jika anda berada satu rumah dengan penderita TBC, sebaiknya peralatan makannya tidak boleh dicampur dengan yang lain agar tidak tertular. Lantas, bagaimana mengetahui gejala bahwa Anda terindikasi atau tertular penyakit membahayakan ini? Berikut beberapa gejalanya:

Menderita Batuk Yang Tidak Kunjung Sembuh
Apabila anda mengalami batuk terus-terusan hingga sebulan, dan anda sudah mengobatinya namun tak kunjung sembuh, anda perlu mencurigainya sebagai gejala TBC. Segera periksakan kedokter untuk lebih jelasnya.

Demam Yang Tak Kunjung Reda
Seseorang yang terindikasi penyakit ini akan mengalami peningkatan suhu yang tajam melebihi batas normal suhu badan manusia pada umumnya.

Penurunan Berat Badan
Penurunan berat badan secara drastis tanpa disertai sebab yang pasti juga perlu diwaspadai. Apalagi jika anda sudah teratur mengonsumsi makanan 3x sehari dengan menu yang bergizi.

Keringat Dingin
Tiba-tiba saja anda mengalami keringat dingin pada malam hari dan berlangsung terus-terusan. Waspadai hal ini karena bisa saja ini salah satu tanda anda terserang penyakit mematikan tersebut.

Batuk Darah
Batuk darah tidak selalu menjadi penyebab penyakit mematikan ini, namun ada baiknya untuk segera memeriksakannya.

Cara Mencegah Penyakit TBC

Penyakit yang menyerang pernafasan ini memang menakutkan, namun bukan berarti tidak bisa dicegah. Berikut beberapa cara untuk mencegah Anda terkena atau tertular.
  • Memberikan vaksin secara rutin yaitu vaksin BCG. Vaksin BCG berguna dalam mencegah penyakit ini berkembang.
  • Tidak sering berkomunikasi dengan orang-orang yang menderita TBC. Karena penyakit ini dapat mudah menyerang ketika anda berkomunikasia dengan orang yang menderita penyakit itu dengan system TBC aktif.
  • Menjaga pola makanan.
  • Menjaga lingkungan hidup dengan tetap membersihkan lingkungan sekitar anda yang kotor
  • Jangan biasakan dengan kebiasaan buruk yaitu meludah di sembarang tempat.
  • Berolahraga secara rutin. Olahraga dapat anda lakukan misalnya dengan renang, senam aerobic, jalan santai, lari keliling lapangan atau keliling komplek, shut up, push up, badminton, dan lain sebagainya.
  • Tetap menjaga kesehatan tubuh.
  • Mengkonsumsi vitamin secara rutin.
  • Periksa atau check up ke dokter pribadi setempat untuk check kondisi kesehatan anda karena hal tersebut berdampak pada terdekteksinya berbagai macam penyakit yang anda derita.

Cara Mengobati Penyakit TBC

Ada banyak cara mengobati penyakit yang menyerang sistem pernafasan ini. Lebih jelasnya, langsung simak dibawah ini:

1. Mengkonsumsi Kulit Manggis
Kulit manggis memiliki kandungan anti jamur yang merupakan hasil dari perpaduan zat yang terdapat pada kulitnya. Selain itu, perlu anda ketahui bahwa kulit manggis mengandung zat anti oksidan dan anti bakteri yang berguna dapat membantu dalam mencegah, menghambat, serta membunuh kembang biaknya mikroorganisme. Contohnya adalah bakteri Mycobacterium. Bakteri tersebut adalah bakteri penyebab penyakit mematikan tersebut.

Ekstra kulit manggis sudah lama dipercaya dapat membantu mengobati penyakit membahayakan yang menyerang tubuh anda tersebut.

2. Mengkonsumsi Daun Sirsak
Daun sirsak adalah salah satu tanaman apotik hidup yang sangat bermanfaat dalam mengobati penyakit ini. Yang anda harus ketahui bahwa system imun dari orang yang menderita tuberkolosis sangat rendah, badan nya akan kian lemah, dan memiliki rasa malas yang tinggi dalam melakukan aktifitas.

Nah, salah satu cara yang tepat untuk mengobati penyakit ini adalah dengan meningkatkan imunitas, salah satunya dengan daun sirsak. Daun sirsak juga memiliki kegunaan dalam meningkatkan system kekebalan tubuh atau system imunisasi yang menurun diakibatkan oleh sakit yang anda derita ini.

3. Mengkonsumsi Makanan Bergizi
Anda juga dapat mengobati TBC dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi yang baik. Seperti yang telah diulas di atas bahwa seseorang yang malnutrisi bisa dengan mudah tertular penyakit ini, maka mengonsumsi makanan bernutrisi adalah langkah yang baik.

Makanan dengan gizi dan nutrisi yang baik serta memiliki kandungan serat yang banyak dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satunya dapat menjaga imun tubuh yang lemah ketika anda terserang sakit membahayakan ini.

4. Terapi ke Dokter
Konsultasikan segera dengan dokter penyakit dalam. Ada baiknya anda melakukan penanganan terapi yang dapat membunuh bakteri-bakteri jahat yang membuat anda terserang sakit TBC. Segera bergegas jika gejala-gejala terkena penyakit ini telah muncul.

Penyakit yang menyerang sistem pernafasan ini terbilang cukup mematikan dan sulit disembuhkan. Untuk itu, ada baiknya segera ke dokter jika tanda-tanda penyakit ini telah muncul. Selain itu budayakan hidup sehat guna mencegah terkena TBC.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit TBC
Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit TBC
Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit TBC - TBC atau Tuberkulosis adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan disebabkan oleh bakteri yang membahayakan bagi kesehatan. Bakteri tersebut dapat menyerang seluruh bagian tubuh manusia namun 90% bakteri tersebut menyerang paru-paru. TBC adalah penyakit yang sekarang banyak ditakuti dan diwaspadai oleh masyarakat dunia.
https://1.bp.blogspot.com/-l6M5MRThYtw/V7G2rkBvNOI/AAAAAAAAZFA/aTdEl7zkiBsbpXmoWrVF3moIeGcpyv7EQCLcB/s640/diagnosis.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-l6M5MRThYtw/V7G2rkBvNOI/AAAAAAAAZFA/aTdEl7zkiBsbpXmoWrVF3moIeGcpyv7EQCLcB/s72-c/diagnosis.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2017/07/mengenal-penyebab-gejala-penyakit-tbc.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2017/07/mengenal-penyebab-gejala-penyakit-tbc.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy