Kenali Penyebab & Cara Menghilangkan Cegukan

SHARE:

Cegukan merupakan hal yang umum dan lazim dialami oleh semua orang. Setidaknya cegukan terjadi disaat-saat tertentu misalkan setelah makan. Namun, bila cegukan terjadi sering dan terus menerus hal tersebut tentu membuat anda bertanya-tanya apa yang sedang terjadi pada diri anda. Perlu anda ketahui bahwa cegukan atau singultus merupakan sebuah kondisi dimana diafragma mengalami kejang yang tidak sesuai dengan kemauannya. Diafragma yang mengalami pengejangan ini kemudian akan menimbulkan cegukan.

Menurut ilmu medis, cegukan terjadi pada seseorang disaat kadar karbondioksida di dalam darah mengalami pemerosotan dan berada di tingkat yang paling rendah. Setelah mengetahui apa itu cegukan, anda pun perlu mengenali penyebab cegukan yang menimpa pada diri anda.

Penyebab Cegukan

Penyebab & Cara Menghilangkan Cegukan
Banyak orang yang tidak tahu apa saja yang menjadi penyebab seseorang mengalami cegukan. Dan untuk lebih jelasnya berikut hal-hal yang dapat menyebabkan cegukan yang sangat perlu anda ketahui.

Mengkonsumsi Makanan Pedas
Tahukah anda bahwa mengkonsumsi makanan pedas dapat membuat anda mengalami cegukan? Ya, konsumsi makanan pedas menjadi salah satu pemicu mengapa cegukan terjadi. Hati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan pedas seperti sambal, kari, lada, dan lainnya.

Alkohol
Alkohol juga merupakan salah satu penyebab cegukan. Alkohol yang diminum dalam jumlah yang terlalu banyak dapat membuat terjadinya iritasi yang ada pada syaraf. Syaraf itu berhubungan langsung dengan diafragma. Sehingga, syaraf yang terkena iritasi akan membuat timbulnya kejang di dalam otot diafragma hingga akhirnya dapat menyebabkan cegukan. Selain cegukan, tentunya bahaya alkohol juga sangat banyak bagi kesehatan.

Baca Juga : Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan Tubuh

Terlalu Banyak Makan
Jika anda terlalu banyak makan tanpa minum maka anda akan berpotensi mengalami cegukan. Saat terlalu banyak makan akan terjadi cegukan, mengapa? hal itu disebabkan karena makanan yang masuk ke dalam tubuh membuat ruang diafragma menjadi sempit dan tertekan, sehingga cegukan tidak dapat dihindari.

Makan dengan Tergesa-gesa
Jika anda makan dengan cara yang tergesa-gesa maka hal tersebut akan membuat pasokan CO2 di dalam tubuh akan mengalami penurunan secara drastis. Akibatnya, sedikitnya pasokan CO2 di dalam tubuh dapat membuat seseorang terkena cegukan. Hal itu pun akan diperparah jika makan dengan cepat sambil berbicara. Cegukan bisa saja menyerang mereka yang makan cepat dan sambil berbicara, penyebabnya adalah oksigen secara mendadak mendesak masuk ke dalam paru-paru hingga berpengaruh pada mengejangnya diafragma.

Terlalu Banyak Udara
Jika terlalu banyak udara atau oksigen yang masuk di dalam tubuh dapat membuat seseorang terkena cegukan. Hal tersebut dikarenakan pasokan udara yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat pasokan CO2 semakin sedikit di dalam tubuh. Akibatnya, cegukan akan terjadi pada orang yang menghirup banyak udara.

Konsumsi Air Dingin
Salah satu hal yang juga dapat menyebabkan seseorang terkena cegukan adalah ketika makan orang tersebut minum air dingin. Perlu diketahui bahwa air dingin bisa membuat pencernaan menjadi tidak lancar. Pencernaan yang tidak lancar dapat menghalangi kinerja diafragma akibatnya cegukan pun akan terjadi. Tidak hanya itu saja, perubahan suhu yang ada di dalam perut atau tubuh pun bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan.

Kekurangan Cairan
Orang yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa membuat orang tersebut mengalami cegukan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya asupan yang masuk ke dalam tubuh, yang bisa menyebabkan makanan yang sebelumnya telah masuk ke dalam perut tidak semuanya terdorong masuk ke dalam perut. Dehidrasi juga dapat membuat pencernaan menjadi terganggu dan tidak lancar.

Nah, setelah mengetahui berbagai penyebab cegukan maka sekarang saatnya anda mengetahui cara mengobati cegukan. Yuk disimak informasinya!

Cara Mengatasi Cegukan

Cara menghentikan cegukan yang terjadi terus menerus tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan. Cegukan tidak hanya mengganggu kenyamanan diri sendiri, namun cegukan juga bisa menimbulkan masalah bagi orang yang mengalaminya dan orang yang mendengarnya jadi terganggu. Berikut ini cara mengatasi cegukan dengan cepat :

Minum Segelas Air
Dengan meminum segelas air yang diminum secara perlahan bisa mengembalikan diafragma dan menormalkan diafragma agar diafragma berhenti mengalami kejang-kejang dan cegukan pun akan segera berhenti.

Air Lemon
Air lemon pun ternyata mampu menghentikan cegukan yang terjadi secara terus menerus. Cara pemakaiannya, peraslah air lemon ke dalam sebuah gelas, lalu campurkan dengan setengah gelas air. Minumlah perlahan hingga habis.

Tahan Nafas
Ketika terjadi cegukan, yang dapat anda lakukan untuk menghentikannya adalah dengan cara menahan nafas selama beberapa detik lalu hirup kembali udara. Lakukan secara berulang-ulang hingga cegukan benar-benar berhenti.

Bernafas di Dalam Plastik
Untuk menghentikan cegukan anda dapat melakukan pernafasan di dalam plastik. Bernafaslah di dalam plastik, setelah plastik tersebut menggembung cobalah untuk meletuskannya. Bernafas di dalam plastik kemudian meletuskannya dipercaya mampu untuk menghilangkan cegukan dengan cepat.

Dikagetkan
Cara yang satu ini sih terbilang cukup tradisional dan cenderung ke arah mitos. Konon, ketika anda diserang rasa kaget yang natural maka cegukan tersebut akan segera berhenti. Cobalah untuk mempraktikannya dengan meminta seseorang untuk mengagetkan anda hingga anda terkaget sekaget-kagetnya. Maka, cegukan anda akan segera berhenti.

Konsumsi Makanan Asam
Salah satu makanan yang dianggap bisa digunakan untuk menghentikan cegukan adalah dengan memakan makanan yang berasa asam. Makanan yang asam itu misalnya saja adalah buah asem. Rasa asam pada buah asem dan pada makanan asam lainnya bisa digunakan sebagai simultan yang baik bagi pernafasan seseorang. Ketika anda memakan makanan asam tersebut maka anda secara tidak sengaja mengernyitkan dahi, nah proses inilah yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan.

Membungkuk dan Sentuh Ibu Jari Kaki
Salah satu cara yang dianggap bisa digunakan untuk menghentikan cegukan adalah dengan membungkuk lalu tangan menyentuh jari kaki. Cara seperti ini akan membuat perut anda menjadi tertekan dan diafragma pun ikut menjadi tertekan. Tertekannya diafragma dapat membuat cegukan hilang seketika.

Konsumsi Madu
Nah, cara berikutnya yang dapat menghentikan cegukan adalah dengan meminum madu. Perlu anda ketahui bahwa dengan meminum madu dapat melemaskan syaraf yang berhubungan dengan diafragma. Jika anda tidak suka dengan efek pekat yang ditimbulkan dari madu anda dapat menambahkannya dengan segelas air hangat. Air hangat dan madu bisa membuat perut menjadi nyaman sehingga cegukan bisa cepat hilang.

Itulah berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menghentikan cegukan yang seringkali terjadi dan menimpa anda. Anda dapat mempraktikannya langsung dan menguji apakah cegukan hilang atau tidak. Jika cegukan masih terus terjadi maka sudah saatnya anda untuk berkonsultasi pada dokter dan memperiksakan diri barangkali ada suatu penyakit yang cukup serius yang menimpa anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Kenali Penyebab & Cara Menghilangkan Cegukan
Kenali Penyebab & Cara Menghilangkan Cegukan
https://1.bp.blogspot.com/-sHMeCk8vHU8/VkQy-b20jpI/AAAAAAAAWmM/LigX_yNpayM/s1600/emosional.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-sHMeCk8vHU8/VkQy-b20jpI/AAAAAAAAWmM/LigX_yNpayM/s72-c/emosional.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2016/02/kenali-penyebab-cara-menghilangkan.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2016/02/kenali-penyebab-cara-menghilangkan.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy