Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Gusi Bengkak

SHARE:

Menderita penyakit gusi bengkak memanglah sangat menyiksa. Tentunya, melaksanakan aktivitas menjadi terganggu karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dari membengkaknya bagian gusi. Gusi yang bengkak merupakan suatu kondisi dimana gusi mengalami peradangan atau inflamasi, sehingga berwarna lebih merah dari pada gusi lain di sekitarnya atau gusi yang sehat. Ciri-cirinya gusi menjadi menonjol. Gusi yang bengkak akan menjadi lebih sensitif dan akan menimbulkan rasa sakit yang sangat menyiksa. Jika tidak berhati-hati, gusi yang bengkak akan mudah berdarah ketika anda menggosok gigi.

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab gusi bengkak berikut ini.

Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab & Cara Mengatasi Gusi Bengkak
Kebersihan mulut tidak dijaga - Kebersihan mulut merupakan hal penting yang harus sangat diperhatikan. Ketika anda selesai makan, maka sisa-sisa makanan akan menempel di sela-sela gigi dan gusi. Sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi dan gusi dapat menimbulkan resiko tumbuhnya bakteri. Tumbuhnya bakteri tersebut dapat menjadi salah satu penyebab dari gusi bengkak. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa rajin menyikat gigi saja sudah cukup untuk menjamin kebersihan mulut. Padahal, anda harus memastikan tidak ada bakteri yang tersisa di bagian mulut yang lain karena bakteri tidak saja ditimbulkan dari gigi dan gusi.

Pemakaian kawat gigi - Memakai kawat gigi atau behel juga merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadinya gusi bengkak. Ketika anda memasang behel atau kawat gigi maka akan dibuat dengan sangat rapat agar gigi cepat rapi, tentunya tekanan yang ditimbulkan akan memberikan tekanan yang menimbulkan efek gusi menjadi bengkak dan lebih parahnya bisa menimbulkan iritasi.

Baca Juga : 7 Cara Merawat Gigi Berbehel

Mengkonsumsi makanan tidak sehat - Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga merupakan salah satu penyebab dari timbulnya penyakit gusi bengkak. Makanan yang tidak sehat dan dikonsumsi terlalu sering dalam jumlah banyak tentunya akan menyisakan bakteri-bakteri jahat yang kadang juga menimbulkan gigi menjadi sakit. Makanan tersebut misalnya coklat, permen, dan berbagai makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi.

Kekurangan vitamin - Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mulut menjadi mudah sariawan dan rawan mengalami pembengkakan gusi.
Masa Kehamilan

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Pada masa kehamilan ibu hamil akan sangat rawan mengalami pembengkakan gusi. Hal tersebut disebabkan karena ibu hamil kurang mendapat asupan gizi dan nutrisi yang seimbang, hal tersebut memungkinkan karena ibu hamil harus membagi asupan gizinya dengan janin yang dikandung.
Setelah mengenali apa saja yang menyebabkan gusi bengkak, maka selanjutnya anda harus mengetahui cara pengobatannya. Yuk simak informasi berikut ini yang akan mengulas cara mengobati penyakit gusi bengkak berikut ini.

Menggunakan Garam
Cara untuk mengobati penyakit gusi bengkak yang dapat anda coba adalah dengan menggunakan garam. Garam lazimnya digunaka sebagai bahan perasa untuk makananm, namun garam juga memiliki khasiat lain yaitu untuk mengobati gusi bengkak. Cara pemakaianny cukup menggunakan satu sendok teh garam lalu mencampurnya dengan air hangat. Aduklah hingga rata, kemudian setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam sehari. Maka, anda akan mendapatkan kembali gusi yang sehat.

Minyak Cengkeh
Selanjutnya, cara untuk mengobati sakit gusi bengkak adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh memang memiliki banyak khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Jika anda ingin menggunakan minyak cengkeh sebagai bahan untuk mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat, maka anda harus memastikan bahwa minyak yang anda gunakan merupakan minyak cengkeh yang asli. Cara penggunaannya, cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gusi yang sakit. Lakukan pengobatan ini secara rutin minimal 2 kali sehari. Pemakaian yang rutin akan berpengaruh pada tingkat kecepatan proses penyembuhan gusi yang bengkak.

Jeruk Nipis
Nah, berikutnya anda dapat mengobati sakit gusi bengkak dengan menggunakan khasiat dari jeruk nipis. Cara mengobatinya adalah dengan menggunakan jeruk nipis yang sudah matang, lalu setelah itu peraslah jeruk nipis dan masukkan pada sebuah wadah. Campurkan satu gelas air hangat lalu aduk hingga merata. Gunakanlah ramuan alami tersebut untuk berkumur. Sebaiknya, gunakan ramuan tersebut pada malam hari agar efek penyembuhannya bekerja dengan baik dan gusi anda cepat terobati.

Memakai Madu
Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Perlu anda ketahui, di dalam madu terdapat zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Sehingga, madu sangatlah cocok untuk dipakai dalam mengobati penyakit gusi bengkak. Jika anda berminat untuk menggunakan madu dalam mengatasi gusi bengkak, anda hanya perlu mengoleskan madu tersebut pada bagian gusi yang bengkak. Oleskan sebanyak 3 kali dalam sehari. Khasiat yang akan anda dapatkan adalah gusi yang semula bengkak akan sembuh. Pastikan anda memakai madu alami.
Bawang Merah

Bahan alami yang dapat anda gunakan untuk meredakan nyeri gusi adalah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dalam sebuah masakan, ternyata juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Caranya adalah haluskan bawang merah kemudian oleskan pada gusi yang sakit. Tahanlah bau yang ditimbulkan dari bawang merah agar anda cepat pulih.

Lemon
Buah yang sedikit berrasa masam ini selain dapat dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan minuman, memiliki khasiat lain yaitu mampu menyembuhkan gusi yang bengkak. Cara pembuatan ramuannya pun sangatlah mudah dan sederhana. Campurkan perasan lemon dan air hangat. Takarannya, setengah bua lemon diperas dan dimasukkan ke dalam sebuah gelas. Lalu, campurkan perasan lemon dengan setengah gelas air hangat, aduklah hingga tercampur. Gunakanlah ramuan ini untuk berkumur-kumur pada gusi yang bengkak. Gunakan selama 2 kali sehari dan lakukan secara rutin agar anda mendapatkan hasil yang cepat.
Obat Khusus Gusi Bengkak dan Sariawan

Baca Juga : Kenali Cara Menghilangkan Bau Mulut & Ketahui Penyebabnya

Nah, cara berikutnya yang dapat anda coba untuk menyembuhkan penyakit gusi bengkak adalah dengan memakai obat kumur khusus untuk gusi bengkak atau sariawan. Biasanya, obat-obatan tersebut berbentuk sirup dan mudah digunakan untuk berkumur. Obat-obatan tersebut banyak tersedia di apotek. Dengan pengobatan yang rutin tentunya gusi yang bengkak akan segera sembuh dan pulih.

Kunyit dan Gambir
Mengobati gusi bengkak juga dapat memanfaatkan khasiat dari kunyit dan gambir. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah tiga potong gambir yang potong kecil, air bersih 2 gelas, serta kunyit yang panjangnya sejari. Pertama-tama, cucilah bahan-bahan tadi dengan menggunakan air bersih. Setelah dibersihkan, tiriskan terlebih dahulu bahan tersebut dan potong-potong tipis kunyit dan gambbir tersebut. Setelah semua bahan dipotong, rebuslah semua bahan, baik itu kunyit, air bersih, gambir ke dalam sebuah panci. Rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih. Anda hanya perlu memakai satu gelas air rebusan tersebut, namun saring terlebih dahulu air rebusan tersebut. Selanjutnya anda tinggal menggunakan air rebusan tersebut untuk berkumur, lakukan cara ini sebanyak tiga kali sehari.

Baca Juga : 10 Makanan Yang Bisa Membuat Gigi Putih

Itulah berbagai bahan-bahan yang dapat anda pakai untuk mengobati gusi bengkak. Semoga dapat membantu anda untuk menyembuhkan penyakit gusi bengkak yang anda derita. Selamat mencoba!

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Gusi Bengkak
Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Gusi Bengkak
Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Gusi Bengkak - Menderita penyakit gusi bengkak memanglah sangat menyiksa. Tentunya, melaksanakan aktivitas menjadi terganggu karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dari membengkaknya bagian gusi. Gusi yang bengkak merupakan suatu kondisi dimana gusi mengalami peradangan atau inflamasi, sehingga berwarna lebih merah dari pada gusi lain di sekitarnya atau gusi yang sehat. Ciri-cirinya gusi menjadi menonjol. Gusi yang bengkak akan menjadi lebih sensitif dan akan menimbulkan rasa sakit yang sangat menyiksa. Jika tidak berhati-hati, gusi yang bengkak akan mudah berdarah ketika anda menggosok gigi.
http://3.bp.blogspot.com/-xsoLrPbCXOk/Vofwa7uOUYI/AAAAAAAAXcs/5-tBwyjPANc/s640/gigi.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-xsoLrPbCXOk/Vofwa7uOUYI/AAAAAAAAXcs/5-tBwyjPANc/s72-c/gigi.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2016/01/kenali-penyebab-cara-mengatasi-gusi.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2016/01/kenali-penyebab-cara-mengatasi-gusi.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy