10 Cara Ampuh Atasi Nyeri Haid

SHARE:

Siklus bulanan yang harus dialami para kaum wanita adalah menstruasi atau haid. Haid biasanya diiringi dengan sakit melilit di perut atau biasa disebut dismenore. Efeknya luar biasa merusak mood sehingga para wanita menjadi lebih sensitif saat masa haid. Selain merusak keseimbangan mood, haid pun dapat menghambat aktivitas sehari-hari karena badan terasa lemas dan rasanya seperti ingin berbaring seharian di kasur.

Kadang di benak wanita sering muncul pertanyaan, apakah nyeri haid yang sesakit itu normal? Ataukah merupakan gejala sebuah penyakit? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda harus mengetahui cara terbaik untuk mengatasi nyeri haid dan yang utama adalah mengetahui secara pasti penyebab nyeri haid. Beberapa penjelasan dan penyebab nyeri haid;
  • Nyeri haid atau dalam bahasa ilmiah disebut dismenorrhoe adalah nyeri kejang otot (spasmodik) pada area perut bagian bawah lalu rasa sakit itu menyebar ke sisi dalam paha atau bagian bawah pinggang yang biasanya terjadi menjelang haid atau selama haid akibat kontraksi otot rahim.
  • Faktor hormonal yaitu hormon progesteron yang meningkat. Hormon itu membuat ketegangan di mulut rahim hingga lubang mulut rahim menjadi sempit, akibatnya otot-otot rahim lebih kuat berkontraksi untuk dapat mengeluarkan darah haid melalui mulut rahim yang sempit.
  • Kecemasan yang berlebihan atau stres.
Nyeri haid juga dapat mengakibatkan efek samping lain berupa:
  • Muntah dan mual
  • Rasa capek/letih
  • Sakit daerah bawah pinggang
  • Perasaan cemas dan tegang
  • Pusing kepala dan bingung
  • Diare
Lalu bagaimana sih cara mengatasi nyeri haid yang membandel pada siklus menstruasi? Yuk ikuti informasi berikut ini!

1. Kompres Dengan Air Hangat

Cara Ampuh Atasi Nyeri Haid
Cara pertama yang dapat anda pakai sebagai solusi mengobati nyeri haid adalah dengan mengompres bagian yang sakit dengan air hangat. Cara ini terbilang cukup tradisional, karena dilakukan dengan cara menempelkan kantong karet atau dapat anda ganti dengan botol air mineral yang sudah diisi air hangat sebelumnya. Anda juga dapat menempelkan handuk yang telah direndam di dalam air hangat ke bagian tubuh yang nyeri. Efek fisiologis yang ditimbulkan dari kompres hangat ialah membuat otot tubuh lebih rileks sehingga memperlancar peredaran darah, sehingga dapat menurunkan atau menghilangkan rasa nyeri.

2. Kompres Dengan Air Dingin

Cara berikutnya dalam mengatasi nyeri haid ialah dengan mengompres bagian yang nyeri dengan menggunakan air dingin. Cara penggunaannya pun sama dengan mengompres dengan air hangat, yang membedakannya hanyalah kondisi air yang dipakai. Anda juga dapat membeli cold pack atau kantong es batu yang biasa di jual di apotek. Efek fisiologis dari mengompres dengan air dingin ialah mengontrol perdarahan dan pembengkakan yang timbul karena trauma, mengurangi rasa nyeri, dan menurunkan aktivitas ujung saraf pada otot. Melakukan pengompresan baik dingin maupun hangat tidak boleh lebih dari 30 menit karena akan menimbulkan kematian sel.

3. Pijatan di Area Perut

Pijatan lembut di sekitar area perut dapat mereda rasa sakit akibat haid. Lakukanlah pemijatan ringan di daerah perut bawah dengan gerakan memutar dan ringan dengan menggunakan ujung jari. Pakailah minyak bayi atau krim untuk membantu mempermudah proses pemijatan. Minyak bayi atau krim dapat memberikan manfaat sebagai aroma-therapy membuat anda lebih rileks dan meringankan nyeri yang dirasakan.

4. Konsumsi Minuman Hangat

Minuman hangat juga dapat meredakan nyeri tak terkira yang diakibatkan oleh haid. Minuman hangat tersebut baiknya yang mengandung rempah-rempah alami seperti susu jahe, wedang, dan minuman tradisional lainnya.

5. Ramuan Tradisional

Meskipun obat ini tidak memiliki aneka rasa yang lezat melainkan hanya satu rasa yaitu pahit, namun khasiat yang ditimbulkan sangatlah besar. Ramuan tradisional dapat membantu anda menghilangkan nyeri haid. Anda bisa membuat ramuan dengan mencampurkan 15 hingga 30 gram daun dewa dengan 20 gram kunyit. Kemudian, rebus dengan 600 cc air. Saring terlebih dahulu sebelum diminum, lalu konsumsi selama 2 kali sehari.

6. Kunyit

Kunyit sudah sejak dari dahulu kala dijadikan bahan dari ramuan tradisional untuk berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah mengobati nyeri haid. Untuk membuat ramuan jamu berbahan kunyit siapkan beberapa ruas kunyit, jahe,dan kencur. Kemudian parut bahan-bahan tersebut, setelah itu peras dan ambil bagian sarinya. Campurkan asam jawa dan gula merah saat proses perebusan. Tunggulah hingga mendidih. Diamkan terlebih dahulu hingga jamu tersebut menjadi hangat kuku, lalu minum selagi hangat. Anda dapat mengkonsumsi minuman tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

7. Konsumsi Makanan Berzat Besi

Makanan juga mempengaruhi rasa nyeri yang timbul pada saat mengalami haid. Saat anda mengalami dismenore sebaiknya anda pun lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Makanan yang mengandung zat besi diantaranya bayam dan kacang-kacangan. Anda juga dapat memilih mengkonsumsi ubi rambat merah karena ubi rambat merah memilki kadar zat besi yang tinggi.

8. Lakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan ternyata mampu mengurangi rasa sakit pada saat haid. Jenis olahraga ringan yang bisa anda lakukan untuk meringankan nyeri haid adalah dengan berjalan kaki. Dengan melakukan olahraga ringan ini, ternyata dapat membuat otot bergerak sehingga dapat meningkatkan denyut jantung, anda bisa melakukan selama 30 menit di mana pun dan kapan pun. Jogging juga dapat menjadi pilihan alternatif untuk anda mengatasi dan meringankan nyeri haid. Dengan melakukan jogging, anda dapat memperlancar aliran darah sekaligus dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Olahraga ringan lainnya yang dapat dilakukan dikala menstruasi yaitu yoga. Dengan melakukan gerakan yoga anda dapat mengatur pernapasan. Selain itu, olahraga ringan seperti yoga dapat membantu anda untuk rileks serta meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh.

9. Membaringkan Badan

Cara yang cukup efektif untuk meredakan nyeri haid adalah berbaring. Anda bisa berbaring di tempat tidur, kursi, ataupun lantai untuk mengurangi rasa nyeri. Biasanya anda akan merasakan nyeri pada bagian punggung saat masa haid. Dengan membiarkan diri berbaring, anda dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh yang ditimbulkan oleh haid. Sanggalah lutut memakai bantal, lalu ambil nafas panjang, lalu buang perlahan, lakukan berulang hingga anda merasa lebih nyaman.

10. Konsultasi ke Dokter Spesialis Kandungan

Jika cara-cara di atas belum juga berhasil menghilangkan nyeri haid anda, sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk mengetahui secara pasti bagaimana kondisi anda. Dengan berkonsultasi pada dokter, anda akan mengetahui lebih jelas kondisi rahim dan apa yang sebenarnya menimbulkan rasa nyeri tak terhingga pada tubuh anda.

Itulah beberapa tips untuk mengobati nyeri haid yang biasanya dirasakan pada masa awal haid. Anda harus segera berkonsultasi pada dokter jika nyeri yang anda rasakan tidak hilang walaupun sudah melakukan berbagai tips di atas, apalagi jika nyeri lebih dari satu hari. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: 10 Cara Ampuh Atasi Nyeri Haid
10 Cara Ampuh Atasi Nyeri Haid
10 Cara Ampuh Atasi Nyeri Haid - Kadang di benak wanita sering muncul pertanyaan, apakah nyeri haid yang sesakit itu normal? Ataukah merupakan gejala sebuah penyakit? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda harus mengetahui cara terbaik untuk mengatasi nyeri haid dan yang utama adalah mengetahui secara pasti penyebab nyeri haid.
http://3.bp.blogspot.com/-Ke-Wy5-lXwI/VKo7ZowiUUI/AAAAAAAANhc/VPPgtUDIqjw/s640/girl-97433_640.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-Ke-Wy5-lXwI/VKo7ZowiUUI/AAAAAAAANhc/VPPgtUDIqjw/s72-c/girl-97433_640.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2015/12/10-cara-ampuh-atasi-nyeri-haid.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2015/12/10-cara-ampuh-atasi-nyeri-haid.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy