Berbagai Terapi Untuk Penderita Diabetes Melitus

SHARE:

Diabetes melitus merupakan suatu penyakit dimana kondisi insulin dalam tubuh kurang dikarenakan rusaknya pankreas yang memproduksi insulin, sehingga kadar gula darah melampaui batas normal. Untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh agar tetap berada dalam batas normal, biasanya penderita akan diberikan serangkaian terapi. Semakin normal atau mendekati normalnya kadar gula darah, maka akan semakin memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit komplikasi. Sebelum melakukan terapi, anda haruslah mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis diabetes melitus.

Ada dua jenis diabetes melitus yaitu tipe 1 dan tipe 2. Pengidap diabetes melitus tipe 1 biasanya memerlukan suntikan insulin seumur hidup sebab terjadinya kerusakan pankreas dan kondisi ini bersifat autoimun. Sedangkan pada pengidap diabetes melitus tipe 2 atau yang biasa disebut diabetes basah jaringan tubuhnya tidak responsif. Jenis terapinya pun berbeda-beda untuk masing-masing tipe, ini dia jenis terapi bagi penderita diabtes melitus yang harus anda ketahui.

Terapi Untuk Penderita Diabetes Melitus Tipe 1

Untuk penderita diabetes melitus tipe 1 terapi dilakukan dengan memberikan suntikan insulin yang akan berfungsi sebagai pengganti insulin karena pankreas yang tidak lagi mampu memproduksi insulin tersebut.

Insulin diinjeksikan atau disuntikkan di bawah kulit agar dapat menembus lapisan lemak. Pada umumnya bagian tubuh yang diberikan injeksi adalah paha, dinding perut atau lengan. Ada tiga bentuk insulin yang perlu diketahui yaitu:
a. Insulin Kerja Cepat
Insulin ini dianggap mampu menurunkan glukosa hanya dalam 20 menit dan mampu bekerja selama 6-8 jam. Contoh insulin yang memiliki kerja cepat adalah insulin reguler. Disuntikkan 20 menit sebelum makan.

b. Insulin Kerja Sedang
Insulin jenis kerja sedang dianggap mampu bekerja kurang lebih selama18-26 jam, sebagai contoh dari insulin kerja sedang salah satunya adalah insulin suspensi seng.

c. Insulin Kerja Lambat
Insulin kerja lambat mampu bekerja selama 28-36 jam yang dianggap lambat memberikan efek penurunan glukosa pada tubuh. Contohnya adalah insulin suspensi seng bagi penderita diabetes melitus tipe 1.

Terapi Untuk Penderita Diabetes Melitus Tipe 2

Pengidap diabetes melitus tipe 2 cenderung akan mengeluhkan sulitnya mengeringkan luka. Maka, sangatlah dibutuhkan kewaspadaan akan terjadinya infeksi di kaki. Diabetes melitus tipe 2 dapat diberikan terapi pengobatan oral (mulut) berupa obat hipoglikemik oral (OHO). Obat hipoglikemik memberikan fungsi menurunkan kadar glukosa secara adekuat pada pasien diabetes melitus tipe 2. Terapi ini tentunya harus diimbangi dengan diet sehat dan olahraga yang teratur.

Namun, jika obat ini belum memberikan hasil yang berarti maka pasien dapat diberikan tambahan terapi berupa suntikan insulin. Obat lain yang bisa diberikan adalah Biguanid (metformin), Sulfonilurea , Thiazolidinediones (glitazones) , Alpha-glucosidase inhibitor.

Selain melalui penanganan medis dan pemberian obat-obatan, penderita diabetes melitus pun dapat melakukan terapi-terapi menggunakan bahan-bahan alami atau herbal. Apa sajakah bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai terapi penyakit diabetes melitus?

1. Kulit Manggis
Kulit manggis memiliki khasiat mampu menurunkan kadar gula dalam darah juga dapat mengurangi resistensi insulin. Selain itu di dalam kulit manggis pun terkandung senyawa Xanthone yang memiliki antioksidan tinggi atau berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Peran dari antioksidan sangatlah dibutuhkan untuk melindungi, memperbaiki dan mencegah rusaknya sel beta pankreas yang diakibatkan radikal bebas. Jika pankreas sehat maka akan membuat sel beta pankreas mengalami regenerasi yang dapat kembali untuk memproduksi insulin yang cukup untuk menurunkan gula dalam darah. Tentunya manfaat tersebut sangat dibutuhkan untuk mengobati penyakit diabetes melitus.

2. Daun Sirsak
Daun sirsak pun ternyata mempunyai ekstrak yang dapat menurunkan dan menjaga kadar gula dalam darah ada dalam angka normal. Batas normal gula dalam darah yang diberikan daun sirsak diduga berkisar antara 70 mg/dl dan masih terus diteliti. Namun demikian ada beberapa penelitian medis telah berhasil menunjukkan bahwa ekstrak dari daun sirsak dapat meningkatkan fungsi dari sel beta pankreas yang dapat meningkatkan fungsi insulin. Daun sirsak memiliki sifat hipoglikemik yakni menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Mengkudu
Buah mengkudu memiliki banyak kandungan proxeroni yaitu zat yang dapat membentuk alkaloid yang memberikan fungsi untuk membuka pori pori sel sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan tersebut yang menjadikan mengkudu sangat baik untuk dijadikan obat diabetes.

Diabetes memanglah penyakit yang sulit untuk disembuhkan, namun dengan memberikan terapi-terapi yang tepat dan sesuai anjuran dokter setidaknya anda akan mendapatkan kadar gula yang terus berada dalam batas normal. Resiko terkena komplikasi pun menjadi sedikit lebih berkurang daripada saat kadar gula darah anda tidak menentu. Semoga bermanfaat!

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Berbagai Terapi Untuk Penderita Diabetes Melitus
Berbagai Terapi Untuk Penderita Diabetes Melitus
Berbagai Terapi Untuk Penderita Diabetes Melitus - Diabetes melitus merupakan suatu penyakit dimana kondisi insulin dalam tubuh kurang dikarenakan rusaknya pankreas yang memproduksi insulin, sehingga kadar gula darah melampaui batas normal. Untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh agar tetap berada dalam batas normal, biasanya penderita akan diberikan serangkaian terapi. Semakin normal atau mendekati normalnya kadar gula darah, maka akan semakin memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit komplikasi. Sebelum melakukan terapi, anda haruslah mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis diabetes melitus.
http://4.bp.blogspot.com/-0TPcVI8Y5sQ/ViiFUaI4DiI/AAAAAAAAWQ0/0MFYJcVkYKA/s640/terapi%2Bdiabetes.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-0TPcVI8Y5sQ/ViiFUaI4DiI/AAAAAAAAWQ0/0MFYJcVkYKA/s72-c/terapi%2Bdiabetes.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2015/10/berbagai-terapi-untuk-penderita.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2015/10/berbagai-terapi-untuk-penderita.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy