13 Tips Sukses Menghadapi Tes Tulis

SHARE:



Untuk menjadi pelajar, mahasiswa, prajurit, pegawai bahkan presiden selalu diawali dengan proses seleksi agar didapatkan kualitas-kualitas unggul dan terbaik. Kebanyakan tahapan seleksi yang biasanya harus dilalui oleh peserta adalah tes fisik, wawancara, serta tidak ketinggalan tes tulis. Tes tulis merupakan tes khusus kemampuan pengetahuan umum, serta disisipkan tes-tes psikologi atau psikotes.

Tentunya menghadapi ujian tulis tidak sesederhana kedengarannya. Ada banyak hal yang amatlah perlu dipersiapkan terlebih dahulu agar hasil yang didapatkan pun sesuai yang diharapkan. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti tes tulis?

1. Kelengkapan Alat Tulis

Tips Sukses Menghadapi Tes Tulis
Sebelum mengikuti tes tulis, anda harus menyiapkan alat-alat tulis yang akan membantu anda selama ujian misalnya pensil, pulpen, penghapus dan lainnya. Rautlah pensil yang akan anda pakai, bila perlu bawalah beberapa cadangan agar tidak mengganggu konsentrasi saat ujian jika harus meraut pensil atau bahkan meminjam ke orang lain. Alat tulis yang sudah tersedia dengan rapi akan mendorong anda pada kondisi yang siap.

2. Kartu Ujian

Tak kalah pentingnya dengan alat tulis, kartu ujian harus sudah disiapkan semalam sebelum ujian. Biasanya sebelum masuk ke dalam ruangan, pengawas akan meminta kita untuk menunjukkan kartu ujian. Pastikan kartu ujian anda tidak ketinggalan, karena jika kartu tertinggal maka pengawas akan menugaskan anda untuk meminta kartu yang baru bahkan yang paling fatal anda akan dilarang masuk.

3. Persyaratan lain

Persyaratan lain yang dimaksudkan adalah sejumlah berkas yang diminta untuk dibawa. Misalkan pada saat mengikuti tes SBMPTN haruslah membawa fotocopy KTP, ijazah atau surat tanda lulus. Siapkan berkas-berkas jika memang diminta untuk dibawa pada sebuah map agar tidak tercecer.

4. Bawalah Jam Tangan

Jam tangan akan sangat bermanfaat bagi anda untuk mengatur waktu saat mengerjakan soal. Terkadang di ruang ujian tidak dilengkapi dengan jam dinding atau informasi waktu dari pengawas sehingga peserta ujian akan kebingungan mengetahui sisa waktu ujiannya. Dengan adanya jam tangan, anda dapat menghindari permasalahan tersebut.

5. Cari Tahu Sistem Penilaian

Untuk ujian-ujian tertentu, panitia akan mengumumkan sistem penilaian dari ujian tersebut. Kita mengambil contoh untuk ujian tertulis SBMPTN, sistem penilaiannya adalah nilai +4 untuk jawaban yang benar, -1 bagi jawaban yang salah, dan 0 untuk yang tidak terisi. Jika ujian yang anda ikuti tidak membeberkan sistem penilaiannya, ada baiknya anda bertanya pada orang yang telah sukses mengikuti ujian tersebut. Dengan mengetahui sistem penilaian, anda akan lebih berhati-hati dalam mengerjakan soal.

6. Pelajari Kisi-kisi Ujian

Biasanya pada musim-musim penerimaan mahasiswa baru, tes CPNS akan banyak sekali buku-buku yang memberikan kisi-kisi soal dari tahun ke tahun. Jika memungkinkan anda haruslah membeli buku-buku tersebut karena akan sangat bermanfaat untuk anda mengetahui materi apa saja yang biasanya diujikan. Namun, jika tidak memungkinkan untuk membeli buku kisi-kisi ujian, anda dapat berlatih soal melalui internet. Pastilah mudah menemukan apapun di internet di era kecanggihan teknologi seperti ini, termasuk contoh soal dari tahun ketahun.

7. Simulasi Ujian

Simulasi ujian ini dapat anda lakukan jauh-jauh hari sebelum mengikuti ujian sesungguhnya. Gunakan kisi-kisi soal yang anda punya dan aturlah waktu pengerjaannya. Simulasi ujian ini sangat bermanfaat bagi anda untuk mengetahui kecepatan anda dalam menjawab soal. Tentunya anda akan lebih siap dan terampil dalam memanfaatkan waktu jika banyak berlatih.

8. Siapkan Pakaian Yang Ditentukan

Hal yang menunjang kesiapan diri anda menghadapi ujian salah satunya adalah pakaian. Persiapkanlah pakaian apa yang diminta digunakan saat ujian. Jika pakaian yang diminta hanyalah rapi dan sopan, maka anda disarankan memakai kemeja serta celana bahan. Hal tersebut akan memberikan kesan yang baik pada pengawas dan tentunya memberikan dorongan kepercayaan diri bagi anda.

9. Tidur Lebih Awal

Agar berada dalam kondisi tubuh yang terbaik anda sangatlah perlu tidur lebih awal. Selain menjadikan tubuh bugar, anda akan terhindar dari kantuk saat ujian yang biasanya menyerang karena ruangan yang hening serta kelelahan menjawab soal-soal.

10. Sempatkan Sarapan

Sebelum berangkat ke tempat ujian anda tidak boleh meninggalkan sarapan agar tubuh menjadi bertenaga dan semangat. Hindarilah makanan yang akan meningkatkan rasa ngantuk seperti nasi, anda dapat mengganti sarapan anda untuk sementara dengan roti.

11. Bawa Air Minum

Untuk menghindari dehidrasi karena lamanya waktu ujian anda harus menyediakan air minum dalam botol untuk di bawa ke dalam ruangan. Mintalah izin pada pengawas ruangan agar diperbolehkan membawa botol minuman anda ke dalam.

12. Minta Doa Restu

Meminta doa restu pada orang tua dan orang-orang terkasih lainnya merupakan salah satu pendorong suksesnya ujian yang akan anda hadapi. Dengan banyaknya orang yang mendoakan anda jadi akan terpacu untuk melakukan yang terbaik karena tidak ingin mengecewakan mereka. Doa pun menjadi penolong yang paling hebat untuk meloloskan anda saat tes tulis.

13. Berangkat Lebih Awal

Demi menghindari berbagai kemungkinan buruk yang dapat terjadi misalkan macet, atau sulit mendapat kendaraan, ada baiknya anda berangkat lebih awal ke tempat ujian. Dengan berangkat lebih awal anda akan terhindar dari tergesa-gesa dan akan lebih rileks untuk menghadapi ujian. Selain itu tentu saja konsentrasi yang sudah anda bangun tidak akan buyar begitu saja.

Itulah tips sukses untuk menghadapi tes tulis. Selamat mencoba dan semoga sukses!

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: 13 Tips Sukses Menghadapi Tes Tulis
13 Tips Sukses Menghadapi Tes Tulis
13 Tips Sukses Menghadapi Tes Tulis - Untuk menjadi pelajar, mahasiswa, prajurit, pegawai bahkan presiden selalu diawali dengan proses seleksi agar didapatkan kualitas-kualitas unggul dan terbaik. Kebanyakan tahapan seleksi yang biasanya harus dilalui oleh peserta adalah tes fisik, wawancara, serta tidak ketinggalan tes tulis. Tes tulis merupakan tes khusus kemampuan pengetahuan umum, serta disisipkan tes-tes psikologi atau psikotes.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhx0kV1azSnmH6e53r4rnVNWpyfLuRQ8K_PW41ZTmgiNW8X2pKezZOIq4bp6NxPhrFSfstwPJGJHUD2Wn347MLREaESCUYNLWSwXEkL5jp-cLXx3fKiUfE0bxrVNw4FqfOqjwBBmoz7-hNq/s640/kreatif.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhx0kV1azSnmH6e53r4rnVNWpyfLuRQ8K_PW41ZTmgiNW8X2pKezZOIq4bp6NxPhrFSfstwPJGJHUD2Wn347MLREaESCUYNLWSwXEkL5jp-cLXx3fKiUfE0bxrVNw4FqfOqjwBBmoz7-hNq/s72-c/kreatif.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2015/10/13-tips-sukses-menghadapi-tes-tulis.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2015/10/13-tips-sukses-menghadapi-tes-tulis.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy