Pentingnya Mendidik Anak Ilmu Agama Sedini Mungkin

SHARE:

Bunda, anak merupakan titipan Yang Maha Kuasa yang sangat luar biasa. Anak merupakan amanah yang harus dididik dengan sebaik-baiknya. Pendidikan anak harus dimulai sedini mungkin, semasa dia berada di dalam kandungan. Orangtua harus berperan penting dalam proses pendidikan anak, karena keberhasilan dalam mendidik anak ditentukan dengan bagaimana orangtua memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada anak tersebut. Orangtua perlu mengajarkan pendidikan, memberikan bekal baik di dunia maupun di akhirat, agar kelak mereka menjadi orang yang sukses di kedua kehidupan tersebut.

Kita sebagai orangtua, harus membentuk serta membiasakan anak untuk selalu menjalankan perintah Allah SWT, serta menjauhi larangan Allah SWT, agar keluarga terhindar dari siksa api neraka. Sebagai orangtua kita harus selalu memelihara anak kita agar terhindar dari dosa serta kemaksiatan, orangtua harus selalu mengajarkan anak tentang kebaikan.

Baca Juga: Cara Agar Anak Betah Di Rumah

Bunda, perhatian orangtua terhadap pendidikan anak sedini mungkin atau sejak kecil, sangat berpengaruh pada kebiasaan ketika kelak dia dewasa. Jika fenomena yang terjadi sekarang adalah banyak sekali pergaulan bebas di kalangan anak muda, banyak tindak kejahatan, hal itu dapat terjadi karena pola didikan anak ketika dia masih kecil. Maka dari itu berikanlah bekal sebaik-baiknya pada anak, terutama ilmu agama. Dengan kita membekali anak kita ilmu agama sedini mungkin, dan dilandasi dengan takwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, anak akan dapat berpikir ketika dia dihadapkan pada pilihan mana yang halal dan haram, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Jika anak sudah mengetahui perintah dan larangan Allah SWT, maka kelak dia akan mampu membatasi dirinya.

Ajarkan Ilmu Tauhid Serta Aqidah Kepada Anak

Anak Muslim Makan Dengan Tangan Kanan
Tauhid merupakan merupakan landasan agama Islam, hal ini penting untuk diketahu oleh anak, ketika dia sudah mulai mempelajari tentang agama Islam. Mulai ajarkan dari hal terkecil yaitu, mengenalkan bahwa Allah SWT sebagai Tuhan yang memiliki semesta alam ini. Nabi Muhammad SAW merupaka Rosul utusan Allah SWT. Ajarkan jika manusia benar Tauhid-nya, maka dia akan mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat.

Mendidik Anak Dengan Adab & Akhlaq

Ajarkan anak mengenai adab-adab dalam Islam. Seperti makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan. Makan minum sambil duduk, tidak boleh berdiri, mengucapkan salam. Ajarkan pula mengenai akhlaq seperti berkata jujur, berbakti kepada orangtua, gemar berbagi atau tidak pelit, hormat pada orang yang lebih tua, sayang kepada semua orang. Kenalkan juga mengenai adab terhadap makhluk hidup lain, seperti tumbuhan dan hewan, seperti tidak boleh menyakiti, menyiksa, harus memberi makan dan minum, ikut merawat, dan tidak membunuhnya dengan cara-cara yang dilarang oleh agama.

Ajarkan Mengenai Rukun Islam

Rukun Islam adalah Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa, Haji. Ajarkan pada anak dengan bahasa yang ringan dan mudah untuk dimengerti. Misal Syahadat adalah kalimat yang menjadikan seseorang menjadi seorang muslim. Shalat adalah ibadah utama dalam agama Islam. Zakat yaitu menyisihkan sebagian harta atau uang untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Puasa yaitu menahan lapar, haus, serta perbuatan-perbuatan tidak terpuji selama bulan Ramadhan. Haji, yakni sebuah rangkaian ibadah akbar yang hanya perlu dilaksanakan apabila seorang muslim siap secara lahir dan batin. Ajarkan mengenai pengertian Rukun Islam pada anak secara perlahan-lahan agar mereka benar-benar mengerti dan paham.
Berikan pula anak contoh yang nyata dalam menjalankan shalat, berpuasa, berzakat, dan juga dalam membaca doa-doa sehari-hari. Selalu berikan contoh anak mengenai shalat 5 waktu, karena shalat 5 waktu merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh umat Islam. Jika anak tidak diberi contoh, pasti hal ini akan berlalu begitu saja dipikiran seorang anak. Berikanlah contoh teladan agar anak dapat meniru apa yang dilakukan orangtuanya.

Baca Juga : Cara Terbaik Untuk Mendidik Anak Agar Mandiri

Mengajarkan Anak Untuk Bisa Membaca Al-Qur'an

Ajarkan anak untuk dapat memahami bahwa Al Quran adalah pedoman hidup bagi umat Islam, yang telah di turunkan Allah SWT agar kita selalu berada di jalan yang lurus. Berikanlah cerita yang ringan dan santai mengenai pemahaman mengapa Al-Qur'an merupakan pedoman hidup. Ajarkan juga anak untuk dapat membaca huruf-huruf yang ada pada Al Quran. Gunakanlah aplikasi belajar dan bermain Al Quran agar menarik hati anak. Ketika mereka sudah mampu untuk membaca huruf-huruf dalam Al Quran, maka selanjutnya ajarkan anak untuk dapat memahami arti dari setiap ayat dalam Al-Qur'an. Hal ini dapat dilakukan dengan ikut mengkaji Al-Qur'an dalam sebuah majelis pengajian. Hal ini dapat dilakukan secara bertahap, hingga anak tumbuh dewasa.

Ajarkan Anak Untuk Menghafal Do'a Sehari-hari

Ajarkan anak berbagai macam doa sehari-hari, seperti doa ketika akan makan dan minum, setelah makan dan minum, doa akan tidur, doa bangun tidur, doa masuk dan keluar kamar mandi, doa keluar rumah, doa untuk kedua orangtua, dan do'a sehari-hari lainnya. Ajarkan juga surat-surat pendek dalam Al Quran, seperti Al Fatihah dan Al Falaq. Dalam mengajarkan anak untuk menghafal berbagai macam doa, gunakan juga media atau aplikasi dalam playpad, maka akan lebih menarik dan anak akan lebih termotivasi untuk terus menghafal doa-doa tersebut. Ajarkan juga mengenai arti dalam do'a tersebut, agar anak paham mengenai makna dalam doa sehari-hari tersebut.

Baca Juga : 10 Dampak Negatif Smartphone Bagi Anak-anak

Bunda, itu tadi beberapa cara dalam membekali anak ilmu agama. Hal yang paling penting adalah keteladanan dalam melakukan hal-hal di atas tadi. Inilah yang harus dilakukan orangtua. Bukan hanya memerintah dan menyalahkan, tapi yang lebih penting adalah memberikan contoh yang nyata. Orangtua mana yang tak ingin melihat anak-anaknya tumbuh cerdas, pintar, dan menjadi anak yang sholeh. Setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Maka dari itu jangan pernah melalaikan dan melupakan pentingnya pendidikan agama, akhlak pada anak-anak kita. Karena hal ini adalah kewajiban kita sebagai orang tua. Tanamkan hal itu kepada anak kita sedari kecil, sehingga pemahaman yang benar mengenai Islam akan terbentuk sejak dini. Selain anak menjadi investasi, anak juga merupakan tanggung jawab kita. Karena kelak di akhirat, kita sebagai orangtua akan ditanyai pertanggungjawaban dalam merawat dan mendidik anak.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Pentingnya Mendidik Anak Ilmu Agama Sedini Mungkin
Pentingnya Mendidik Anak Ilmu Agama Sedini Mungkin
Pentingnya Mendidik Anak Ilmu Agama Sedini Mungkin - Bunda, anak merupakan titipan Yang Maha Kuasa yang sangat luar biasa. Anak merupakan amanah yang harus dididik dengan sebaik-baiknya. Pendidikan anak harus dimulai sedini mungkin, semasa dia berada di dalam kandungan. Orangtua harus berperan penting dalam proses pendidikan anak, karena keberhasilan dalam mendidik anak ditentukan dengan bagaimana orangtua memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada anak tersebut. Orangtua perlu mengajarkan pendidikan, memberikan bekal baik di dunia maupun di akhirat, agar kelak mereka menjadi orang yang sukses di kedua kehidupan tersebut.
http://3.bp.blogspot.com/-0MMR2GsH2LY/VfegueSJU0I/AAAAAAAAWCw/HFMdi9rLq7Q/s640/anak%2Bmuslim.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-0MMR2GsH2LY/VfegueSJU0I/AAAAAAAAWCw/HFMdi9rLq7Q/s72-c/anak%2Bmuslim.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2015/09/pentingnya-mendidik-anak-ilmu-agama.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2015/09/pentingnya-mendidik-anak-ilmu-agama.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy