Cara Mendidik Anak Agar Tidak Suka Membantah

SHARE:

Memasuki usia sekolah, anak-anak akan mengenal berbagai macam lingkungan dan mulai mengenal teman baru, guru baru, dan juga tempat baru. Dalam hal ini tentunya anak-anak butuh didikan orang tua agar anak mampu menyatu dalam lingkungan tersebut.

Di masa ini anak juga mulai banyak membantah, memberontak jika ada hal yang tidak sesuai dengan keinginannya. Terkadang jika kita berusaha memberitahu atau membenarkan, anak-anak justru enggan untuk mendengarkan dan bahkan sampai membantah. Tentunya sebagai orang tua menginginkan anak-anaknya mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang tua. Agar hal itu dapat terwujud, cobalah untuk menyimak tips mendidik anak agar anak tidak suka membantah di bawah ini:

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Suka Membantah:

Katakan Dengan Jelas

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Suka Membantah
Jika Anda ingin mengatakan atau mengutarakan sesuatu pada anak anda, langsunglah pada topik pembicaraan, jangan terlalu lama, dan terlalu bertele-tele. Karena jika terlalu lama, anak Anda malah enggan untuk mendengarkan perkataan Anda.

Contohnya seperti: "Zua, kita akan bertemu dengan Ocas di taman, dan kamu pasti mau bersenang-senang di taman bermain. Makanya kamu harus ganti sandalmu sebelum kita keluar rumah," kemungkinan anak tidak akan memakai sepatu yang tepat. Sebaiknya, katakan dengan jelas dan utarakan permintaan Anda secara langsung, seperti; "Zua, pakai sepatu merahmu sekarang, karena kita akan pergi ke taman bermain", dan banyak contoh lainnya, dan gunakan kalimat yang jelas tanpa bertele-tele.

Cari Cara Yang Pas Untuk Menyampaikan Sesuatu

Anak anda akan lebih memerhatikan, dan tidak sekadar mendengarkan jika Anda terlibat lebih dalam. Pendekatan secara visual, dengan menatap atau melihat langsung ke mata anak Anda, dan juga gunakan pendekatan dengan sentuhan, misal meletakkan tangan anda di atas bahunya, dapat membantunya lebih fokus terhadap apa yang sedang Anda katakan. Berikanlah pelukan dan ciuman kepada anak Anda sesering mungkin agar anak Anda merasa nyaman, tetapi jangan sampai berlebihan karena akan membuat anak Anda merasa risih.

Jangan Mengatakan Sesuatu Secara Berulang-ulang

Jika Anda merasa selalu mengatakan hal yang sama berulang-ulang, sebaiknya segera hentikan. Anda tidak perlu mengatakan sesuatu hal dengan berulang-ulang, karena mereka akan menganggap Anda seperti kaset rusak. Anak Anda akan lebih mau mengerjakan apa yang diperintahkan, jika dia mengerti bahwa semua tindakannya mempunyai konsekuensi yang jelas, dan dapat dilaksanakan.

Berikanlah dia instruksi secara spesifik tidak lebih dari dua kali, dan pastikan diikuti dengan tindakan disiplin yang pantas jika dia tidak mematuhinya. Anda harus tegas, di sisi lain jika dia mematuhinya beri pujian, dan katakan terima kasih sudah menjadi pendengar yang baik. Hal ini akan menguatkan keinginannya untuk memperhatikan setiap perkataan Anda.

Hindari informasi yang berlebihan

Selalu pantau anak Anda jika sedang menonton telivisi. Pilihkan channel yang baik, yang tidak merusak moral dan otak anak, karena otak anak mudah untuk menyerap informasi, maka dari itu berikanlah informasi yang terbaik untuk anak Anda. Dan jangan biarkan anak anda bergaul dengan anak yang memiliki moral dan perkataan yang buruk, karena hal ini akan ditiru oleh anak Anda. Informasi yang buruk akan mudah diserap dan dicerna, daripada informasi yang baik.

Berikan Perhatian Penuh

Berikan Perhatian Penuh
Anak sangat membutuhkan perhatian penuh dalam hal apapun. Sentuhan lembut, belaian kasih sayang sangat berharga bagi sang anak. Ada sebuah penelitian, anak kecil yang baru memasuki usia sekolah, sangat memerhatikan ketika orang dewasa tidak sepenuhnya memperhatikan perkataan mereka. Dengan begitu mereka menganggap, untuk apa memperhatikan orang dewasa berbicara, jika ketika anak berbicara juga tidak diperhatikan oleh orang dewasa.

Ketika anak Anda berbicara, berhentilah sejenak dari aktivitas Anda. Berikan dia perhatian penuh. Buat kontak mata dengan anak anda, hargai apa yang diceritakannya, dan coba ajukan beberapa pertanyaan. Anak akan merasa dihormati dan dihargai ketika Anda benar-benar mendengarkan, dan kritisnya anak akan mencoba untuk selalu menanggapinya.

Buat Proses Mendengar Menjadi Permainan

Anak Anda menghabiskan waktu cukup banyak dalam harinya untuk diajak berbicara, dan tentunya hal ini sangat melelahkan. Kadang kala telinga anak Anda membutuhkan hal-hal yang terdengar menyenangkan. Sempurnakan ketrampilan pendengaran anak Anda dengan mengeksposnya terhadap berbagai pengalaman yang berhubungan dengan pendengaran. Jalan bersama-sama dan dengarkan berbagai suara, seperti burung atau serangga serta binatang lainnya, angin meniup pepohonan, dan suara rumput juga akan menarik perhatian mereka. Ikut juga irama lagu anak-anak di handphone anda, dan kemudian tirukan bersama anak, pasti anak akan bergembira.

Itu tadi beberapa cara mendidik anak agar tidak suka membantah. Selalu jaga komunikasi Anda dengan baik, agar Anda dan anak-anak Anda bisa saling mendengarkan. Semoga bermanfaat.

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Bruno Mars Budidaya Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hotel Murah Hubungan Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pembuatan Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penuaan Perjalanan Pernikahan Pink Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Tanaman Hias Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris.com: Cara Mendidik Anak Agar Tidak Suka Membantah
Cara Mendidik Anak Agar Tidak Suka Membantah
Cara Mendidik Anak Agar Tidak Suka Membantah - Memasuki usia sekolah, anak-anak akan mengenal berbagai macam lingkungan dan mulai mengenal teman baru, guru baru, dan juga tempat baru. Dalam hal ini tentunya anak-anak butuh didikan orang tua agar anak mampu menyatu dalam lingkungan tersebut. Di masa ini anak juga mulai banyak membantah, memberontak jika ada hal yang tidak sesuai dengan keinginannya. Terkadang jika kita berusaha memberitahu atau membenarkan, anak-anak justru enggan untuk mendengarkan dan bahkan sampai membantah. Tentunya sebagai orang tua menginginkan anak-anaknya mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang tua. Agar hal itu dapat terwujud, cobalah untuk menyimak tips mendidik anak agar anak tidak suka membantah di bawah ini:
http://2.bp.blogspot.com/-qD-FtEQQ28g/VekSeCGszzI/AAAAAAAAV2Q/m-aenQRl8AE/s640/mendidik%2Banak.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-qD-FtEQQ28g/VekSeCGszzI/AAAAAAAAV2Q/m-aenQRl8AE/s72-c/mendidik%2Banak.jpg
Heqris.com
http://www.heqris.com/2015/09/cara-mendidik-anak-agar-tidak-suka.html
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/
http://www.heqris.com/2015/09/cara-mendidik-anak-agar-tidak-suka.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy