9 Manfaat Puasa Yang Perlu Anda Ketahui

SHARE:



Bagi yang beragama muslim, tentunya setiap bulan Ramadhan akan menjalani ibadah puasa secara wajib. Dan kabar baiknya, melakukan puasa dapat memberi manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga. Hal itu dibuktikan dalam penelitian-penelitian para ahli di bidang kesehatan. Lantas manfaat apakah yang bisa dirasakan oleh tubuh saat kita berpuasa? berikut penjelasannya;

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat baru menjalankan puasa, mungkin tubuh kita akan terasa lemas karena baru beradaptasi. Namun dari hasil penelitian, ternyata puasa dapat membuat kekebalan tubuh menjadi meningkat. Hal itu terjadi karena saat berpuasa, sejenis sel darah putih pada sistem kekebalan tubuh atau yang sering disebut Limfosit mengalami peningkatan 10 kali lipat. Dengan begitu, sudah tentu sistem imunisasi dalam tubuh juga mengalami meningkat.

2. Menyehatkan Jantung & Pembuluh darah

Berpuasa selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata juga memberi dampak positif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal itu terjadi karena berpuasa dapat peningkatan High Density Lipoprotein (HDL) atau kelesterol baik dan penurunan Low Density Lipoprotein (LDL) atau bisa disebut dengan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Baik Untuk Sistem Pencernaan

Manfaat Puasa
Jika kita bisa melakukan ibadah puasa dengan benar, tentu akan sangat baik baik sistem pencernaan. Hal itu karena pola makan kita selalu terjaga dan tidak berlebihan. Dengan berpuasa, sistem pencernaan kita akan lebih bersih dari lemak-lemak yang berdampak buruk bagi tubuh kita. Dengan begitu sirkulasi makanan dan minuman akan berjalan lebih lancar dan membuat tubuh kita terhindar dari obesitas atau kegemukan.

4. Mencegah Penyakit Kronis

Seperti yang kami sampaikan pada poin 1, berpuasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga virus akan sulit untuk berkembang. Selain menahan haus dan lapar, pada saat berpuasa kita juga dituntun untuk menahan amarah. Dengan begitu keadaan psikologis kita akan menjadi lebih stabil dan tenang. Terjaganya keadaan psikologis kita akan membuat kadar adrenalin dalam tubuh kita menjadi stabil dan itu akan memberi efek baik bagi tubuh kita. Orang-orang yang rutin berpuasa di setiap bulan ramadan akan terhindar dari pembentukan kolesterol, kontraksi empedu yang lebih baik, mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan berbagai penyakit kronis lainnya.

5. Meningkatkan Performa Seksual

Saat kita berpuasa, sebuah penelitian menyebutkan bahwa nafsu seksual dan hormon kejantanan atau testoreron kita menjadi menurun, namun hanya bersifat sementara. Karena setelah beberapa hari menjalani siklus puasa, justru nafsu seksual dan hormon testoreron bisa meningkat dengan pesat. Dengen begitu akan dapat membuat performa seksual menjadi meningkat.

6. Mencegah Penyakit Diabetes

Sudah bukan menjadi rahasia umum, bahwa diabetes adalah penyakit yang diakibatkan oleh kadar gula dalam tubuh yang berlebihan. Dengan melakukan puasa, tentunya akan terbiasa untuk mengontrol saat mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kadar gula. Hal itu dapat berdampak baik bagi keseimbangan kadar gula dalam tubuh. Selain untuk mencegah penyakit diabetes, berpuasa juga dijadikan obat terapi untuk penderita diabetes.

7. Pencegah & Mengobati Penyakit Gangguan Mental

Di dalam otak manusia terdapat sel yang bernama neuroglial. Sel ini berfungsi untuk menyehatkan otak. Seorang dokter di bidang kejiwaan bernama Dr. Ehret menyatakan bahwa seseorang yang menjalani puasa selama 21 hari memberi dampak pada kesehatan fisik dan mental. Hal itu terjadi karena sel-sel neuron yang telah mati atau sakit akan dimakan oleh sel neuroglial.

Disamping itu, berpuasa juga dapat mempertajam pikiran dan membuat seseorang menjadi lebih kreatif. Hal itu terjadi karena saat kita berpuasa, pikiran kita menjadi jauh lebih tenang dan melabat. Di saat itulah para peneliti menyimpulkan bahwa melambatnya pikiran akan membuat kinerja otak menjadi lebih tajam.

8. Menyehatkan Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring berbagai zat berbahaya saat kita makan maupun minum. Selain itu ginjal juga bermanfaat untuk mengatur volume cairan dalam darah, mengatur keseimbangan kandungan kimia dalam darah dan kekuatan ginjal akan maksimal jika osmosis urin hanya 1000 - 12.000 ml osmosis/kg air. Untuk itu, berpuasa merupakan langkah nyata untuk mengurangi asupan air dan berfungsi untuk menyehatkan ginjal.

9. Menyehatkan Persendian

Saat kita melakukan puasa dengan benar, secara alami sel penetral (pembasmi bakteri jahat) dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Hal itu akan berdampak baik pada persendian. Jika kita terkena sakit sendi atau encok, lambat laun akan mengalami kesembuhan dan tentu saja kita akan terhindar dari penyakit-penyakit persendian. Perlu juga Anda ketahui bahwa, sel penetral sangat baik untuk memperbaiki radang pada persendian akibat encok.

Nah, berikut 9 manfaat puasa yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat :)

COMMENTS

Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: 9 Manfaat Puasa Yang Perlu Anda Ketahui
9 Manfaat Puasa Yang Perlu Anda Ketahui
9 Manfaat Puasa Yang Perlu Anda Ketahui - Bagi yang beragama muslim, tentunya setiap bulan Ramadhan akan menjalani ibadah puasa secara wajib. Dan kabar baiknya, melakukan puasa dapat memberi manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga. Hal itu dibuktikan dalam penelitian-penelitian para ahli di bidang kesehatan. Lantas manfaat apakah yang bisa dirasakan oleh tubuh saat kita berpuasa? berikut penjelasannya;
http://2.bp.blogspot.com/-XrbPid3gEBg/VLluDlqlYTI/AAAAAAAANys/gxRNqarILAU/s640/liver.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-XrbPid3gEBg/VLluDlqlYTI/AAAAAAAANys/gxRNqarILAU/s72-c/liver.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2015/06/9-manfaat-puasa-yang-perlu-anda-ketahui.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2015/06/9-manfaat-puasa-yang-perlu-anda-ketahui.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy