Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan

SHARE:



Jika dilihat dari sejarah, awal mula kata kopi di dapat dari bahasa arab dengan sebutan "qahwah ", saat itu biji kopi hanya dikonsumsi dengan cara dimasak dan diambil sarinya. Seiring berjalannya waktu, nama kopi mengalami perubahan menjadi kahveh di Turki, koffie di Belanda dan setelah masuk di Indonesia menjadi kopi.

Penemuan pertama kali kopi dipergunakan sebagai minuman berenergi, ditemukan oleh bangsa Etiopia pada tahun sekitar 1000 SM. Setelah itu barulah minuman kopi menjadi popular diberbagai negara, termasuk di Indonesia. Dan di Arab sendiri pada abad ke 13, banyak masyarakat muslim yang memanfaatkan kopi untuk diminum sebagai penambah energi saat beribadah pada malam hari.

Untuk sejarah kopi di Indonesia, pertama kali diperkenalkan pada saat penjajahan Belanda sekitar tahun 1830-an. Saat itu bibit benih kopi yang dibawa adalah jenis Arabika (kualitas terbaik) dan Robusta.

Kadungan Kopi

Dari hasil penelitian para ahli, kandungan terbesar kopi adalah kafein. Dalam secangkir kopi, kandungan kafein yang dihasilkan bisa mencapai 85mg, berbeda jaun dengan secangkir teh yang hanya memiliki kandungan 35mg.

Perlu diketahui, kafein dalam kandungan kopi memiliki efek berbeda pada setiap orang. Perbedaan efek ini disebabkan karena kemampuan metabolisme tubuh dalam mencerna kafein berbeda-beda pada setiap individu. Pada seseorang yang mampu mencerna kafein dengan baik, efek manfaat kopi dapat dirasakan secara maksimal. Sedangkan seseorang yang memiliki metabolisme lambat pada kafein justru akan berakibat buruk.

Untuk seseorang yang memiliki matabolisme baik pada pencernaan kafein, manfaat yang dapat dirasakah adalah sebagai berikut:

Menambah Energi

Dengan mengkonsumsi kopi, seseorang akan merasa tidak mudah lelah. Bahkan ada beberapa orang yang takut meminum kopi ketika menjelang malam, karena mereka sering merasa sulit tidur setelah meminum kopi.

Manfaat penambah energi dari kafein kopi ini juga banyak dimanfaatkan oleh para atlit untuk menambah energi pada waktu pertandingan.

Meningkatkan Konsentrasi

Dari hasil penelitian, kafein pada kopi dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak. Hal itu akan menyebabkan tingkat kosentrasi seseorang saat beraktifitas menjadi lebih baik.

Dari hasil survey, para pekerja yang suka minum kopi sebelum bekerja, merasakan peningkatan kinerja yang lebih baik dari segi ide, karya dan ketelitian.

Mengurangi Rasa Sakit

Selain untuk meningkatkan energi, para atlet juga sering mengkonsumsi kopi untuk mengurangi peragangan otot. Disamping itu ada beberapa orang yang memanfaatkan kopi untuk mengurangi rasa sakit kepala.

Dapat Menghadang Radikal Bebas

Dari penelitian oleh beberapa ahli, meminum kopi dua kali sehari juga bermanfaat untuk menghadang pertumbuhan radikal bebas seperti penurunan respon imun, diabetes dan sel kanker. Hal itu disebabkan karena selain kafein, pada secangkir kopi juga banyak mengandung senyawa aktioksidan.

Melindungi Gigi

Kandungan senyawa dalam kopi juga memiliki sifat sebagai anti bakteri. Oleh karena itu akan sangat bermanfaat untuk memperkuat gigi dan menghambat pengeroposan.

Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, meminum kopi juga tidak boleh berlebihan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Cukup hanya dengan dua cangkir sehari.

Berikut beberapa manfaat kopi yang bermanfaat untuk kesehatan, semoga bermanfaat...

COMMENTS

BLOGGER: 18
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan
Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan
Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan - Jika dilihat dari sejarah, awal mula kata kopi di dapat dari bahasa arab dengan sebutan "qahwah ", saat itu biji kopi hanya dikonsumsi dengan cara dimasak dan diambil sarinya. Seiring berjalannya waktu, nama kopi mengalami perubahan menjadi kahveh di Turki, koffie di Belanda dan setelah masuk di Indonesia menjadi kopi. Penemuan pertama kali kopi dipergunakan sebagai minuman berenergi, ditemukan oleh bangsa Etiopia pada tahun sekitar 1000 SM. Setelah itu barulah minuman kopi menjadi popular diberbagai negara, termasuk di Indonesia. Dan di Arab sendiri pada abad ke 13, banyak masyarakat muslim yang memanfaatkan kopi untuk diminum sebagai penambah energi saat beribadah pada malam hari. Untuk sejarah kopi di Indonesia, pertama kali diperkenalkan pada saat penjajahan Belanda sekitar tahun 1830-an. Saat itu bibit benih kopi yang dibawa adalah jenis Arabika (kualitas terbaik) dan Robusta.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTQA4BP1P1tTKd6ec4yqPym-r415LHW1FAMMKKbexWY-b6_AdZRXfaMrHqCHzS0BM_IrbsCh__33c3s_h-3YAecqOvm_QQ1dnoiTE5Q7y-DhQvYprmnprnsoxA5y-tz-_1ZdhGWFIH8F-I/s1600/cofee.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTQA4BP1P1tTKd6ec4yqPym-r415LHW1FAMMKKbexWY-b6_AdZRXfaMrHqCHzS0BM_IrbsCh__33c3s_h-3YAecqOvm_QQ1dnoiTE5Q7y-DhQvYprmnprnsoxA5y-tz-_1ZdhGWFIH8F-I/s72-c/cofee.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2014/10/manfaat-kopi-hitam-untuk-kesehatan.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2014/10/manfaat-kopi-hitam-untuk-kesehatan.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy