Manfaat Bersepeda (Gowes)

SHARE:



Setiap orang memang memiliki hobi olahraga tersendiri untuk sekedar menghibur diri dari kepenatan sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa orang yang hobinya sepak bola, basket, senam maupun bersepeda atau yang sering disebut dengan istilah gowes.

Apapun bentuk kegiatan berolahraga, sudah pasti sedikit banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, begitu halnya dengan olah raga bersepeda. Namun selain menyehatkan badan, bersepeda juga memiliki banyak sekali manfaat, maka itu tak heran jika negara maju atau negara yang memproduksi sepeda motor dan mobil, justru masyarakatnya lebih suka menggunakan sepeda ontel sebagai alat transportasi sehari-hari ketimbang menggunakan kendaraan bermotor atau mobil.

Apa sajakah manfaat bersepeda? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut.

Menghemat BBM dan Tidak Mencemari Lingkungan
Alat transportasi berupa sepeda motor dan mobil merupakan alat untuk mempermudah manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun jika ketergantungan kepada alat transportasi dengan bahan bakar bensin dilakukan secara berlebihan juga bisa sangat membahayakan diri sendiri dan linkungan sekitar.

Perlu diketahui bahwa pembakaran bensin pada mesin kendaraan tidak hanya menghasilkan CO2 saja, proses pembakaran pada mesin kendaraan juga menghasilkan karbon monoksida (CO) yang merupakan gas beracun, selain itu juga menghasilkan nitrogen oksida (NOx) yang bisa dirasakan pada asap di perkotaan karena kendaraan dengan jumlah yang cukup banyak.

Memang rasanya cukup berat jika masyarakat di perkotaan langsung beralih ke sepeda, saat ini perbandingan antara sepeda motor dengan sepeda ontel kurang lebih 1:50. Dengan keadaan demikian tentunya saat bersepeda akan menghirup kejamnya racun hasil pembakaran bensin.

Untuk itu segera beralih ke alat transportasi berupa sepeda dengan serempak atau minimal perbandingan bisa mencapai 50:50 itu sudah sangat bagus sekali, karena selain bisa menjaga lingkungan dari pencemaran juga sangat menyehatkan tubuh.

Menyegarkan Pikiran
Melakukan kegiatan bersepeda selain menyehatkan tubuh juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran dari tekanan rutinitas sehari-hari. Namun, juga perlu diperhatikan waktu dan tempatnya. Jika bersepeda di kota, lakukan pada saat pagi atau sore hari (lebih terpatnya saat sepinya lalu lintas kendaraan) . Hal itu bertujuan supaya Anda tidak bertambah setres dan tentunya juga menghindari polusi udara yang cukup beracun tersebut.

Untuk lebih maksimal, kegiatan bersepeda memang harus dilakukan di hutan dengan medan yang cukup ringan, selain kesehatan tubuh yang didapat, pikiran juga akan menjadi segar apalagi jika ditambah dengan bercanda saat istirahat antara sesama teman gowes.

Namun jika jalur hutan masih dirasa berat, bisa mencobanya di area persawahan pada saat pagi atau sore hari untuk menghindari panas terik matahari.

Memperkuat Lutut
Saat usia masih muda permasalah pada lutut berupa pengeroposan atau bisa disebut dengan Osteoarthitis memang jarang terjadi. Penyakit ini mulai terasa pada saat usia diatas 40th dan lebih banyak dialami oleh kaum perempuan ketimbang laki-laki dengan perbandingan 1:4.

Bisa dipastikan, seseorang yang gemar besepeda sejak usia remaja pasti akan terhindar dari masalah persendian. Saat bersepeda tentunya lutut akan terus bergerak saat mengayuh pedal, dengan begitu persendian lutut akan bertambah kuat dan bermanfaat untuk memperlambat pengeroposan.

Karena seiring bertambahkan usia cairan persendian (synovial ) kekentalannya akan mengalami pengurangan, hal itu merupakan proses alamiah, kita sebagai manusia hanya bisa memperlambat dengan berolahraga, berpola makan sehat dan bergaya hidup yang sehat pula.

Menyehatkan Jantung
Dari berbagai sumber, penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Hal itu disebabkan karena kurangnya gerak tubuh pada kehidupan sehari-hari.

Dengan bersepeda setiap hari dengan jarak kurang lebih 10KM/ hari akan membuat jantung kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit serangan jantung yang cukup mematikan tersebut.

Membakar Kalori Dengan Efektif
Sesuai dengan hasil tes pribadi menggunakan software Sports Tracker pada smartphone Android. Ternyata olahraga bersepeda bisa membuat kalori dalam tubuh terbakar dengan cukup efektif. Untuk lebih detailnya sebagai berikut:
Sepeda MTB

Medan perkotaan
Medan lurus
Jarang 10KM
Rata-rata kecepatan 12,9 km/h
Mampu membakar 807 kcal

Medan pegunungan
Singel track, tanjakan dan turunan
Jarak 10KM
Rata-rata kecepatan 9.7 km/h
Mampu membakar 1730 kcal

Dengan data di atas tentunya Anda sudah dapat mengkalkulasinya, bayangkan jika Anda melakukan bersepeda setiap hari dengan jarak 10km baik di medan perkotaan maupun pegunungan, dalam waktu satu bulan sudah berapa kalori dalam tubuh Anda yang akan terbakar.

Memperkuat Otot, Stamina dan Kekebalan Tubuh
Saat kita melakukan olahraga bersepeda pada jarak tertentu akan membuat otot tubuh pada bagian, kaki, perut, punggung, lengan dan bahu bergerak secara aktif dan mampu memperkuat otot sehingga mampu untuk berfungsi secara efisien.

Selain memperkuat otot, bersepeda juga mampu menjaga stamina agar tetap fit dan membuat tubuh menjadi kebal dari serangan penyakit.

Mencegah dan Sebagai terapi Sakit Punggung
Dari pengalaman pribadi, karena pekerjaan saya sering duduk di depan monitor yang akhirnya membuat saya malas bergerak dan malas meminum air mineral. Lama-kelamaan membuat punggung saya sering sakit ketika bangun tidur dan berjalan.

Setelah saya cari tau penyebab dan bagaimana cara menyembuhkan sakit pinggang tersebut, akhirnya pilihan saya tertuju pada olahraga bersepeda. Waktu pertama kali bersepeda rasanya memang cukup berat, perut terasa mual, berkunang-kunang dan bahkan jalan saja rasanya sangat sulit karena kaki terasa loyo sekali.

Sepeda di Sawah
Namun lama-kelamaan olah raga bersepeda terasa mengasikkan karena bisa beraolah-raga sambil berpindah-pindah tempat. Dengan rutinitas bersepeda yang pada mulanya seminggu sekali, dua kali hingga empat kali dalam seminggu, akhirnya punggung saya terbebas dari rasa sakit, dilain sisi saya juga terbebas dari penyakit imsonia (pada malam hari tidur saya jauh lebih nyenyak karena kecapeaan habis bersepeda).


Saran saya bagi Anda yang merasa sering sakit punggung dan ingin terapi dengan cara bersepeda, sebisa mungkin cari medan yang ringan dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Menambah banyak teman dan pengalaman
Terlepas dari kesehatan, kelebihan olahraga gowes ini tidak memandang kaya, miskin, jelek, ganteng, cantik, suku, warna kulit, ras dan agama. Asalkan punya sepeda ontel baik itu mahal maupun murah kita sudah bisa ikut bergabung di club gowes, dengan begitu secara tidak langsung akan menambah teman baru untuk berbagi pengalaman dalam dunia bersepeda.

Jika Anda masih merasa sendiri karena di daerah Anda tidak ada club gowes, Anda tidak perlu khawatir, teman bersepeda bisa Anda cari pada saat acara fun bike dan di media jejaringan sosial Facebook dengan nama grup "Sepeda Indonesia", disitu anda bisa saling berkenalan dan mencari informasi club gowes terdekat di daerah Anda.

Berikut beberapa manfaat bersepeda yang saya ambil dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber, bersepeda memang cukup mengasikkan dan membuat saya jauh lebih perduli terhadap lingkungan. Saya hanya berharap semoga banyak masyarakat Indonesia yang terinspirasi dari tulisan ini dan untuk teman-teman sesama goweser teruslah bersepeda dan jangan lupa untuk selalu mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah pada sembarang tempat.

Salam Gowes.......

COMMENTS

BLOGGER: 10
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Manfaat Bersepeda (Gowes)
Manfaat Bersepeda (Gowes)
Apapun bentuk kegiatan berolahraga, sudah pasti sedikit banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, begitu halnya dengan olah raga bersepeda. Namun selain menyehatkan badan, bersepeda juga memiliki banyak sekali manfaat, maka itu tak heran jika negara maju atau negara yang memproduksi sepeda motor dan mobil, justru masyarakatnya lebih suka menggunakan sepeda ontel sebagai alat transportasi sehari-hari ketimbang menggunakan kendaraan bermotor atau mobil.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWp6nWzKljKJhhISwOR_NjTWuaU6GDTFqdBTkumhicRUa4_-zBCrH6o2SkzdizSWqfsTdSGgvhRiHvzS_YROEz2JsTkcbhYtbnFrzPnuvcN-9z4MTSvuIRtimVikfuwl0-XsR3Wkwn0FP_/s1600/Singel+Track.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWp6nWzKljKJhhISwOR_NjTWuaU6GDTFqdBTkumhicRUa4_-zBCrH6o2SkzdizSWqfsTdSGgvhRiHvzS_YROEz2JsTkcbhYtbnFrzPnuvcN-9z4MTSvuIRtimVikfuwl0-XsR3Wkwn0FP_/s72-c/Singel+Track.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2014/10/manfaat-bersepeda-gowes.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2014/10/manfaat-bersepeda-gowes.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy