Kelapa, Tumbuhan Yang Kaya Akan Manfaat

SHARE:



Kelapa merupakan tumbuhan yang cukup familiar bagi orang Indonesia. Bahkan tunas kelapa juga dijadikan lambang gerakan pramuka karena memiliki makna filosofi yang cukup tinggi. Selain kuat dan tidak mudah tumbang, mulai dari akar, batang, daun, buah hingga keseluruhan memiliki banyak sekali manfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

Kelapa merupakan tumbuhan berakar serabut yang memiliki batang tunggal namun juga ada beberapa yang bercabang. Umumnya pohon kelapa memiliki tinggi hingga 30 m dengan diameter buah mencapai 20 cm dan bahkan bisa lebih.

Pohon kelapa umumnya banyak ditemui di pesisir pantai, pedesaan baik dataran tinggi maupun rendah. Banyaknya pohon kelapa yang masih hidup subur, menandakan bahwa kebutuhan akan manfaat tumbuhan kelapa ini masih sangat dibutuhkan hingga sekarang. Manfaat-manfaat tumbuhan kelapa tersebut diantaranya:

Manfaat Akar Kelapa

Pohon Kelapa dan Buahnya
Karena dirasa akar tumbuhan kelapa cukup kuat, struktur akar ini menjadi inspirasi penemuan penyangga bangunan (Cakar Ayam). Selain itu akar tumbuhan kelapa juga bermanfaat untuk penangkal banjir karena mampu menyerap air dalam jumlah yang banyak.

Baik pada jaman dulu maupun sekarang, akar tumbuhan kelapa juga kerap dijadikan kerajinan seperti gelang, kalung dan lain-lain. Tak hanya itu akar tumbuhan kelapa juga bermanfaat sebagai pengobatan herbal.

Dengan mengambil akar kelapa secukupnya lalu direbus, kemudian disaring dan diminum setiap pagi sangat bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal, demam dan mencret.

Manfaat Pohon Kelapa

Pohon Kelapa
Untuk pohon kelapa, masyarakat Indonesia sering menggunakan kayu dari pohon kelapa untuk dipakai sebagai lantai, pintu, jendela, papan rumah, kerajinan, kusen, meja, kursi dan masih banyak lagi.

Manfaat Daun Kelapa

Daun Kelapa
Dari segi daun tumbuhan kelapa juga memiliki manfaat yang beragam. Untuk daun muda yang sering disebut janur sering dimanfaatkan untuk membuat ketupat dan bahan anyaman untuk dijadikan sebagai hiasan upacara terentu seperti pernikahan dan upacara adat. Sedangkan untuk daun yang sudah tua bisa dijadikan sebagai atap rumah dan untuk bagian tengah daun kerap digunakan sebagai sapu lidi.

Selain itu pada pelepah kelapa juga kerap dijadikan untuk kerajinan seperti sandal, topi, aksesoris dan lain-lain.

Manfaat Buah Kelapa

Buah Kelapa
Jika dibandingkan dengan pembahasan di atas, manfaat buah kelapa merupakan bagian yang cukup panjang untuk dikupas. Jika keseluruhan buah kelapa dapat diolah dengan benar akan manjadi sangat bermanfaat.
Manfaat Kulit Kelapa
Kulit kelapa atau sabut kelapa memang tidak bisa dibuang begitu saja, dengan menaruhnya ke dalam drum kemudian di isi air, ditutup rapat dan dibiarkan sampai berubah menjadi warna hitam (dalam kurun waktu +/- 15 hari). Air rendaman sabut dapat dijadikan sebagai pupuk organik cairkarena mengandung KCL (Kalium Klorida). Jika air dalam drum sudah habis, bisa ditambah lagi hingga air tidak berubah warna.

Sabut kelapa juga kerap dimanfaatkan sebagai kerajinan, jok, bantal, kasur keset, tali dan bahan industri karpet. Selain itu, sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagaimedia tanam organik berupa serbuk sabut kelapa yang sudah digiling halus (cocopeat ).

Manfaat Tempurung atau Batok Kelapa
Pada bagian batok atau tempurung kelapa, sering dimanfaatkan pada saat kelapa sudah tua ditandai dengan warna coklat. Pada jaman dahulu batok kelapa sering dipergunakan untuk centong dan pada sekarang banyak digunakan sebagai bahan kerajinan tangan dan arang.

Untuk yang lebih serius, batok kelapa juga sering diproduksi untuk dijadikan filter rokok sebagai citra rasa dan diolah dalam bentuk arang siap guna yang bermanfaat untuk penghilang bau, penyerap gas berbahaya, penghilang logam berat dan memurnikan CO2 hasil dari fermentasi

Manfaat Daging Buah Kelapa
Tentunya untuk masalah daging, banyak orang memanfaatkanya daging kelapa muda untuk dimakan. Karena selain memiliki rasa yang cukup lezat, daging buah kelapa juga kaya akan serat dan mengandung zat anti oksidan. Selain itu juga mampu menurunkan kolesterol, memperbaiki metabolisme tubuh dan menambah energi.

Manfaat Air Buah Kelapa
Jika Anda sedang hamil, tentunya akan disarankan oleh bidan berpengalaman untuk sering-sering meminum air kelapa muda agar ibu dan bayi dalam kandungan menjadi tetap sehat. Selain itu saat melahirkan air ketuba juga tidak terlalu bau dan bersih.

Disamping itu air kelapa muda juga bermanfaat untuk obat bekas luka bakar, menghilangkan jerawat maupun bekasnya, membersihkan kulit bayi dalam kandungan, mencegah uban dan mencegah dehidrasi.
Berikut berbagai manfaat dari tumbuhan kelapa, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

COMMENTS

BLOGGER: 18
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Kelapa, Tumbuhan Yang Kaya Akan Manfaat
Kelapa, Tumbuhan Yang Kaya Akan Manfaat
Kelapa, Tumbuhan Yang Kaya Akan Manfaat - Kelapa merupakan tumbuhan yang cukup familiar bagi orang Indonesia. Bahkan tunas kelapa juga dijadikan lambang gerakan pramuka karena memiliki makna filosofi yang cukup tinggi. Selain kuat dan tidak mudah tumbang, mulai dari akar, batang, daun, buah hingga keseluruhan memiliki banyak sekali manfaat untuk kebutuhan sehari-hari.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDijB0PZe1VpJ2ChUJRiiDXmwACsE-e3t5lxMIWh_YP-cFbK3Gzur9kYGn6qABfY4O2e8Xrt_2PrdFcFtqUfLp5X8nrBwMGuwOHwKqXypNQBKUNJQIFIgFFDiDcboB6rF_VQ5nsdwHj8iz/s640/pohon+kelapa+dan+buahnya.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDijB0PZe1VpJ2ChUJRiiDXmwACsE-e3t5lxMIWh_YP-cFbK3Gzur9kYGn6qABfY4O2e8Xrt_2PrdFcFtqUfLp5X8nrBwMGuwOHwKqXypNQBKUNJQIFIgFFDiDcboB6rF_VQ5nsdwHj8iz/s72-c/pohon+kelapa+dan+buahnya.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2014/10/kelapa-tumbuhan-yang-kaya-akan-manfaat.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2014/10/kelapa-tumbuhan-yang-kaya-akan-manfaat.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy