Cara Menghasilkan Susu Sapi Perah Berkualitas

SHARE:



Cara Menghasilkan Susu Sapi Perah Berkualitas - Di Indonesia khususnya di pedesaan banyak masyarakat yang memanfaatkan susu sapi perah untuk dijadikan sebagai salah satu sumber mata pencaharian. Selain bisa dikonsumsi secara lansung, hasil susu sapi perah kebanyakan akan dijual ke pabrik untuk dijadikan sebagai makanan, bahan kosmetik, yogurt dan masih banyak lagi.

Setiap pabrik memang selalu memiliki standart kualitas susu sebelum melalui proses pengolahan dan pada intinya kualitas susu yang baik ditentukan oleh kandungan lemak dan bakteri. Untuk itu sudah seharusnya peternak sapi perah perlu memperhatikan faktor apa saja yang bisa menyebabkan hasil produksi susunya memiliki kualitas yang baik.

Mungkin bagi Anda yang baru memulai beternak sapi perah tidak begitu mengetahui secara pasti tentang faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas susu. Untuk itu heqris.com akan berbagi informasi tentang cara merawat sapi perah supaya mengasilkan susu yang berkualitas.

Faktor-faktor penyebab sapi perah memiliki kualitas susu yang baik.

Faktor Makanan

Cara Menghasilkan Susu Sapi Perah Berkualitas
Makanan merupakan faktor penting ketika berurusan dengan kualitas dan kuantitas susu sapi perah. Untuk idealnya pemberian makan sapi yang baik adalah dengan memberi makan dengan takaran 10% dari berat tubuh.

Untuk jenis makanan, rumput gajah merupakan pilihan yang cukup baik untuk bisa menjadikan susu berkualitas bagus. Namun jika ingin lebih bertambah bagus, Anda bisa memberi makan dengan rumput kaliandra.

Sebelum di makan oleh sapi, sebaiknya pemberian makan berupa rumput gajah dicacah terlebih dahulu, baik secara manual atau menggunakan mesin pemotong rumput gajah yang sering disebut dengan chopper. Pencacahan pakan ini berfungsi untuk mempermudah sapi dalam mencerna makanan.

Sebisa mungkin jangan terlalu sering memberi makan sapi berupa katul, karena bukan kualitas susu yang akan di dapat. Pemberian makan berupa katul hanya akan menambah kuantitas dan akan mengurangi kualitas susu yang dihasilkan.

Pemberian makan sapi juga sebaiknya tidak dilakukan pada saat sapi diperah, karena air susu sapi dapat menyerap aroma dari pakan ternak tersebut.

Faktor Proses Memerah Susu

Idealnya, dalam kurun waktu sehari, sapi bisa diperah dua sampai tiga kali dengan hasil kurang lebih 15 liter dalam setiap satu kali pemerahan. Dan jika sapi tidak diperah dalam kurun waktu lebih dari sehari, puting susu sapi bisa mengalami peradangan (mastitis).

Sebelum diperah, usahakan untuk selalu membersihkan paha dan puting sapi dengan kain yang dibasahi dengan air panas untuk menjaga susu tidak terkontaminasi.

Untuk tenaga kerja kerja manual (tangan manusia), seseorang bisa memerah sapi hingga 7 ekor sapi. Memang berbeda jauh jika menggunakan mesin pemerah, karena mesin tersebut mampu memerah hingga ratusan sapi bahkan lebih dalam sekali proses. Disamping itu kualitas susu sapi jauh lebih terjaga dari bakteri yang merugikan.

Sayangya mesin pemerah sapi masih jarang dipergunakan di Indonesia, karena selain membutuhkan tempat yang lebih luas juga memerlukan biaya yang cukup banyak.

Faktor Kondisi Sapi

Kualitas susu juga sanagt ditentukan oleh kondisi sapi. Yang sering terjadi ketika sapi akan melahirkan, berat jenis susu akan mengalami penurunan. Di samping itu sapi yang tidak sehat juga dapat memperngaruhi kualitas susu dan bahkan penyakit pada sapi berupa TBC bisa menular ke manusia melalui susu yang dihasilkan.

Selain TBC, sapi juga bisa terkena penyakit Anthrax dan Brucellosis. Ciri-ciri sapi yang terkena Anthrax ditandai dengan keluarnya darah melalui hidung. Sedangkan penyakit brucellosis bisa menyebabkan sapi mengalami keguguran.

Faktor Perawatan

Dari segi perawatan, yang perlu diperhatikan adalah sapi dan tempatnya (kandang). Untuk proses perawatan berupa pembersihan sapi dan kandang sebaiknya dilakukan sebelum sapi akan diperah. Tujuannya untuk meminimalisir bakteri yang dapat mempengaruhi kualitas susu.

Selain itu tempat pembuangan kotoran sapi, sebisa mungkin harus dijauhkan dari dari kandang sapi.

Faktor Jenis Sapi

Selain beberapa faktor di atas, jenis sapi juga mempengaruhi kualitas susu. Karena 60% kualitas susu ditentukan oleh pakan dan 40% ditentukan oleh perawatan. Sedangkan untuk kuantitas susu, 60% ditentukan oleh jenis sapi dan 40% ditentukan oleh perawatan.

Faktor Usia Sapi

Faktor usia juga sangat penting untuk diperhatikan. Idealnya, sapi bisa diperah ketika berumur 2,5 - 3 tahun. Jika sapi sudah beranak hingga 5 kali, sudah sebaiknya proses pemerahan harap diperhatikan karena puncak produksi susu ketika laktamasi ke 3 (setelah 3x melahirkan) akan menyebabkan kuantitas susu akan berangsur menurun namun kualitas susu semakin bagus.

Berikut beberapa informasi tentang cara menghasilkan susu sapi perah berkualitas yang saya dapatkan dari perbincangan malam dengan mas Mifta (Sang Pemerah)

COMMENTS

BLOGGER: 12
Loading...
Nama

A Great Big World Adele Advan Alergi Anak Android Anti Karat Aplikasi Android Ardiles Ardiles Metro Artis Asuransi Avenged Sevenfold Avril Lavigne Bali Band Terbaik Batu Berita Berita Tekno Bisnis BlackBerry Booking Hotel Bruno Mars Budidaya Calum Scott Careless Whisper Carly Rae Jepsen Cencer Charlie Puth Christina Perri Coldplay Daftar Harga Demi Lovato Desain Desain Interior Diabetes Diet Dream Theater Ed Sheeran Emily Browning Entertaiment Fashion Film Film Sniper Film Terbaik Film Terbaik 2017 Finansial Fun. Game Game Android Game Berhadiah Game Interaktif Gaya Hidup Gigi Green Day Guitar Akustik Guns N' Roses Hamil Hardwell Harga Healthy Hoobastank Hosting Hotel Bali Hubungan Ibu Hamil Imagine Dragons Inspirasi Isyana Sarasvati James Bay Jantung Jasa Pembuatan Website Jason Mraz Jazz Jerawat Jessie J John Legend Jual Rumah Juice Newton Justin Bieber Kanker Kansas Karir Kecantikan Keluarga Kesehatan Kesehatan Anak Keuangan Kunir Lady Gaga Lagu Lagu Romantis Lagu Terbaik Lagu Terbaru Lagu Terbaru 2017 Lagu Terpopuler Lana Del Rey Lirik Louncher Magelang Magic! Makanan Makanan Sehat Malang Manfaat Buah Maroon 5 Meghan Trainor Mesin Antrian Metallica Michael Bublé Michael Heart Minuman Mito Mitos Mobil Motivasi Mr Big Music Musik Nate Ruess Nike Obesitas Oh Honey Olahraga One Directione Paramore Passenger Pendidikan Pengembangan Diri Penginapan Penginapan 100rb-an Penginapan Murah Penuaan Perjalanan Pernikahan Pesan Hotel Pink Protein Queen Review Rexco Rod Stewart Rudimental Rumah Sam Smith Samsung Scorpions Selena Gomez Sepatu Sepatu Ardiles Sepatu Basket Smartphone Sony Suicide Squad OST Susu Kambing Tanaman Hias Taylor Swift TBC Teknologi Terjemahan The Overtunes Tips Tips Hubungan Tips Kesehatan Tips Teknologi Tips Wisata Toko Online Troubleshoting Tutorial Blog TV LED TV LED Murah Wanita WD-40 vs Rexco 50 Website Website Murah Wisata Wiz Khalifa Xiaomi Yoav
false
ltr
item
Heqris Workspace: Cara Menghasilkan Susu Sapi Perah Berkualitas
Cara Menghasilkan Susu Sapi Perah Berkualitas
Cara Menghasilkan Susu Sapi Perah Berkualitas - Di Indonesia khususnya di pedesaan banyak masyarakat yang memanfaatkan susu sapi perah untuk dijadikan sebagai salah satu sumber mata pencaharian. Selain bisa dikonsumsi secara lansung, hasil susu sapi perah kebanyakan akan dijual ke pabrik untuk dijadikan sebagai makanan, bahan kosmetik, yogurt dan masih banyak lagi. Setiap pabrik memang selalu memiliki standart kualitas susu sebelum melalui proses pengolahan dan pada intinya kualitas susu yang baik ditentukan oleh kandungan lemak dan bakteri. Untuk itu sudah seharusnya peternak sapi perah perlu memperhatikan faktor apa saja yang bisa menyebabkan hasil produksi susunya memiliki kualitas yang baik.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnDlegSVKBeKaVClDAYnuM7wuDVysnVbnEnbepZ8X7JIIaPzl4gZzsHYtbOwDHwg3lxlTZJuBKVTECl09zATH3Y4JiJrxV2y2jUhR9mhMSAGLyzU22t4fptdshAIj21YJsEkNXSraaNp-P/s1600/Sapi+Perah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnDlegSVKBeKaVClDAYnuM7wuDVysnVbnEnbepZ8X7JIIaPzl4gZzsHYtbOwDHwg3lxlTZJuBKVTECl09zATH3Y4JiJrxV2y2jUhR9mhMSAGLyzU22t4fptdshAIj21YJsEkNXSraaNp-P/s72-c/Sapi+Perah.jpg
Heqris Workspace
https://www.heqris.com/2014/10/cara-menghasilkan-susu-sapi-perah.html
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/
https://www.heqris.com/2014/10/cara-menghasilkan-susu-sapi-perah.html
true
8507191404690170390
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy