12 Apr 2013

Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan kotoran yang menyumbat pori-pori. Komedo berwarna hitam atau putih dan berbentuk kecil-kecil. Komedo berasal dari enumpukan minyak yang berlebihan dan adanya sel kukit mati.

Komedo jika tidak dibersihkan, akan semakin menumpuk dan kulit wajah akan menjadi semakin kusam. Jika komedo terlanjur menghinggapi kulit wajah kita maka akan tidak enak untuk dipandang, untuk itu silahkan simak penyebab dan tips untuk menghilangkan komedo di bahwah ini:


Penyebab dari timbulnya komedo antara lain:
  • Kulit wajah yang kurang bersih
  • Adanyapenumpukan sel kulit mati
  • Pori-pori yang tersumbat akibat adanya kotoran diwajah
  • Kelembaban kulit wajah, karena hawapanas
Tips Cara Mengatasi Komedo : 
1. Scrub
Scrub bekerja untuk menghilangkan sel kulit mati dan menumbuhkan sel kulit yang baru. Sel kulit mati dapat memperburuk keadaan komedo jika tidak segera diangkat. Anda bisa menscrub wajah di bagian dahi, hidung dan dagu. Ketiga daerah tersebut merupakan tempat tumbuhnya komedo. Pilihlah scrub yang memang khusus wajah, bukan untuk tubuh.

2. Baking Soda
Buatlah ramuan dari dua sendok makan baking soda yang dicampur dengan sedikit air, hingga membentuk seperti pasta. Oleskan ramuan ini ke atas permukaan wajah yang berkomedo, diamkan selama 20 menit, lalu bilas. Baking soda akan menyerap kelebihan minyak yang terkandung dalam kulit wajah, menghapus bakteri, serta menghilangkan komedo yang membandel.

3. Pasta Gigi
Pasta gigi merupakan salah satu cara unik untuk basmi komedo. Baurkan sedikit pasta gigi bagian wajah yang berkomedo. Biarkan hingga kering, lalu bersihkan dengan handuk halus yang telah dicelupkan pada air hangat. Pasta gigi akan memudahkan komedo untuk disingkirkan.

4. Lidah Buaya
Tidak hanya baik untuk perawatan rambut, lidah buaya ternyata juga dapat menyingkirkan komedo. Ambil gel dari lidah buaya dan terapkan di bagian wajah yang berkomedo, diamkan sekitar 10 sampai 15 menit. Kandungan lidah buaya dapat menghaluskan dan menyegarkan kulit.

5. Lemon
Cuci wajah Anda dengan air hangat. Ambil sepotong lemon dan gosokkan di sekitar hidung selama tiga sampai empat menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari apabila komedo tersebut parah.

6. Lemon dan Gula
Ini adalah salah satu jenis scrub alami yang dapat mengurangi komedo. Tambahkan gula ke jus lemon dan kemudian gosok pada hidung. Atau cara lainnya adalah taburkan gula pada beberapa irisan lemon dan gosokkan pada hidung. Scrub ini juga membantu menyembuhkan jerawat, sehingga Anda dapat mengoleskan pada wajah juga.

7. Jus Lemon dan Putih telur
Hanya menambahkan beberapa tetes jus lemon dengan putih telur dan aduk rata. Oleskan pada wajah dan biarkan kering. Kelupas secara perlahan dan cuci muka dengan air dingin.

Semoga tidak ada lagi bintik-bintik putih & hitam di hidung anda....

Penulis : Nia Erfania

Artikel Terkait Tips Kesehatan

0 Komentar Blogger

Anda Bisa Berkomentar menggunakan Akun Facebook

Silahkan Berkomentar

0 Komentar: